News Photo

Jelang Wisuda Angkatan XVI, UNIPA Indonesia Gelar Seminar Pembekalan Calon Wisudawan Artikel ini telah tayang di Pos-Kupang.com dengan judul Jelang Wisuda Angkatan XVI, UNIPA Indonesia Gelar Seminar Pembekalan Calon Wisudawan

POS-KUPANG.COM, MAUMERE - Universitas Nusa Nipa Indonesia menggelar seminar pembekalan bagi calon Wisudawan Program Sarjana dan Diploma Angkatan XVI tahun akademik 2021/2022.

 

Acara tersebut diselenggarakani di Auditorium Nawacita, Kampus Unipa, Kabupaten Sikka, Senin 21 Maret 2022


Seminar dihadiri oleh 429 calon wisudawan yang akan diwisuda pada 25 Maret 2022 mendatang.  Menyatu tema Wisuda Angkatan XVI; ‘Merdeka Belajar Bagi Generasi Abad 21 : Berpikir Kritis, Berkarakter, Berkolaborasi, Komunikatif, dan Kreatif.

 

Seminar ini menghadirkan pembicara yakni; Wakil Rektor III Unipa, Dr.Yosefina Andia Dekrita, SE., MM dan Dekan Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial Unipa, Dr.Hendrikus Pedro, S.Fil.M.A. Seminar dimoderatori oleh Dr. Cornelia Hildegradis, ST., MT.

 

Dalam sesinya, Dr.Andia memaparkan tentang peran-peran alumni dan bursa kerja.  Dia menjelaskan, peran alumni terdiri atas tiga yaitu alumni sebagai katalisator, kontributor, dan iron stock.“Sebagai katalisator, alumni memiliki peran membangun hubungan erat dengan masyarakat. Sebagai kontributor, alumni diharapkan mampu mengabdikan diri baik secara moril maupun materi terhadap lembaga atau almamater. Alumni juga dapat berperan menjadi regenerasi bagi almamaternya,” jelas Dr. Andia. 


Dr Andia menambahkan, Unipa secara periodik melakukan tracer study kepada alumni. "Studi ini dilakukan untuk mengetahui apakah alumni sudah bekerja, dan berapa lama mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Hal ini penting dan bermanfaat bagi kampus untuk kepentingan evaluasi internal kampus dan peningkatan kualitas lembaga pendidikan tinggi," ujarnya. Selain itu, Dosen Manajemen ini juga memaparkan tentang bursa kerja di kampus, tujuan serta manfaatnya bagi para calon wisudawan. 

 

Sementara itu, pakar Psikologi Industri dan Organisasi, Dr.Pedro, dalam sesinya menjelaskan tentang tips dan trik menghadapi persaingan dunia kerja agar mudah dan cepat mendapatkan  pekerjaan. Terutama bagi lulusan baru (fresh graduate) yang belum memiliki pengalaman. 


Dosen Psikologi ini juga mengungkap rahasia bagaimana cara meraih beasiswa studi lanjut ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.  Kepada para calon wisudawan, ia menjelaskan  jenis dan tahapan seleksi masuk kerja yang biasa diterapkan manajemen perusahaan, baik BUMN maupun swasta dalam proses penerimaan karyawan. “Seleksi yang biasa diadakan perusahaan diantaranya adalah tes psikologi atau psikotes."Tes ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan potensi pelamar kerja untuk bidang pekerjaan tertentu. Ada juga tes wawancara, maka pencari kerja harus bersikap komunikatif dan memberi kesan baik,”ungkap Dr.Pedro.

Sumber:(https://kupang.tribunnews.com/2022/03/23/jelang-wisuda-angkatan-xvi-unipa-indonesia-gelar-seminar-pembekalan-calon-wisudawan?page=2)

Bagikan Berita

Bakti Nyata untuk Nian Tana