• info@nusanipa.ac.id
  • +62 382 22388

Visi

Terwujudnya LP2M Universitas Nusa Nipa yang unggul dan terkemuka dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berbasis ilmu pengetahuan, teknologi dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka peningkatan kehidupan dan kemanusiaan untuk mendukung Universitas Nusa Nipa menjadi Pusat Keunggulan (Center of Excellent) dalam pengembangan kawasan dan pembangunan nasional yang berwawasan Global.

Misi

1. Melakukan penelitian ilmiah dengan orientasi keilmuan multidisipliner dan antardisiplin dalam bidang-bidang ilmu pengetahuan dan teknologi menuju Universitas Nusa Nipa sebagai Pusat Keunggulan (Center of Excellent) dalam pengembangan kawasan dan pembangunan nasional yang berwawasan Global.

2. Melakukan penjaminan mutu dan perlindungan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dalam bidang penelitian.

3. Mendiseminasikan hasil-hasil penelitian dan pengembangan dalam bentuk publikasi, produk atau program yang bermanfaat bagi kehidupan lokal, nasional, Internasional, dan kemanusiaan;

4. Mengkoordinasikan kegiatan penelitian yang dilakukan oleh Pusat Studi/Kajian/Pelayanan dalam lingkungan Univesitas Nusa Nipa maupun dalam kerjasama lainnya.

5. Melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sesuai kebutuhan masyarakat, pengembangan kawasan dan pembangunan nasional.

6. Menyelenggarakan tata kelola bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang handal dan terpercaya.

Tujuan LP2M

1. Mengembangkan manajemen Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang sehat;

2. Mengembangkan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang diarahkan kepada pengembangan, pemanfaatan, penuntasan permasalahan, dalam mendukung pencapaian Visi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M);

3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas jaringan kerjasama nasional dan internasional bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;

4. Mengembangkan dan meningkatkan kualitas jurnal hasil-hasil penelitian, artikel ilmiah dosen Universitas Nusa Nipa seiring dengan perkembangan metode riset terbaru;

5. Menciptakan budaya meneliti dengan berbagai pelatihan metodologi baik pada tingkat pemula maupun lanjutan bagi dosen Universitas Nusa Nipa;

6. Meningkatkan fungsi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat sebagai media dan sarana komunikasi ilmiah dalam bidang riset yang interaktif dengan komunitas masyarakat sesuai dengan perkembangan isu-isu terkini;

7. Memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk meningkatkan relevansi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;

8. Meningkatkan jumlah Hak Kekayaan Intelektual (HAKI);

9. Memfasilitasi proses perolehan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).

Tugas Pokok LP2M

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) merupakan unsur akademik di Universitas Nusa Nipa yang menyelenggarakan kegiatan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Bertugas mengkoordinir, dan memfasilitasi kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat serta kegiatan ilmiah lainnya, seperti penulisan artikel ilmiah pada jurnal, dan penulisan buku ajar yang dilakukan oleh dosen Universitas Nusa Nipa, baik yang dibiayai secara internal maupun biaya eksternal. 

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Nusa Nipa bertanggung jawab kepada Rektor Universitas Nusa Nipa, dengan Tugas pokok adalah :

1. Menfasilitasi kegiatan penelitian, Pengabdian Masyarakat dan kegiatan ilmiah lainnya bagi dosen Universitas Nusa Nipa.

2. Menetapkan arah dan kebijakan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat dosen Universitas Nusa Nipa.

3. Melakukan peningkatan kapasitas dosen (capacity builtding) bidang penelitian, pengabdian masyarakat dan penulisan karya ilmiah.

4. Menauangi atau menfasilitasi seminar, workshop dan seminar yang diselenggarakan oleh semua Fakultas/Program Studi serta unit lain dilingkungan Universitas Nusa Nipa Maumere.

Peranan Dan Fungsi LP2M

Sebagai salah satu Lembaga yang membidangi Penelitian, pengabdian Kepada Masyarakat dan Pengelolaan Jurnal, LP2M berperan sebagai berikut:

1. Mengkoordinasikan pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta pengelolaan Jurnal pada civitas akademika Universitas Nusa Nipa yang melibatkan lintas program studi dan pihak luar perguruan tinggi. Tujuannya adalah menjaga kualitas dan melindungi integritas aktivitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta pengelolaan jurnal yang dilakukan oleh para dosen di lingkungan Universitas Nusa Nipa.

2. Mengelola serta memonitor Jalannya Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta pengelolaan jurnal pada sivitas akademika Universitas Nusa Nipa dengan pihak luar agar sumber daya dan hasil kegiatan dapat dimanfaatkan secara bijaksana.

3. Melakukan pembina sumber daya manusia di semua program studi serta unit lain lingkungan Universitas Nusa Nipa dalam bentuk pelatihan workshop dan seminar bagi dosen muda/pemula dalam meningkatkan kemampuan bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat



Bakti Nyata untuk Nian Tana