News Photo

Unipa Wisudakan 298 Sarjana dari 17 Program Studi

HUMAS UNIPA, MAUMERE - Universitas Nusa Nipa (Unipa) menggelar rapat senat terbuka di Aula Nawacita Kampus Unipa di Jalan Kesehatan, Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka, NTT, Sabtu 20 April 2024 pagi.

 

Wisuda ke-23 Universitas Nusa Nipa Tahun 2024 ini mempersembahkan 298 orang sarjana dari 17 program studi.

Rektor Universitas Nusa Nipa, Dr. Ir. Angelinus Vincentius, mengatakan Universitas Nusa Nipa hingga usianya yang ke-18 sekarang, telah menghasilkan 8.092 orang lulusan meliputi jenjang Sarjana, Profesi maupun Diploma. 

"Kami ucapkan selamat kepada para Wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan studinya. Kami juga menyampaikan Selamat kepada Para Orangtua/Wali dan Keluarga dari Para Wisudawan, yang telah sukses menghantarkan putra-putrinya meraih gelar Sarjana,"ujarnya 

 

Kata dia, Hal ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab UNIPA kepada bangsa dan negara Indonesia, khususnya dalam penyiapan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan berdaya saing.

Dikatakannya, Thema wisuda ke-23 UNIPA pada hari ini adalah: “Inovatif – Kreatif – Ekologis – Berkelanjutan”. Thema ini mencerminkan cara pandang baru yang amat menghargai lahirnya ide-ide cemerlang dari dalam kampus UNIPA untuk didarmabaktikan bagi masyarakat, dimana kampus UNIPA menjadi sumber ide-ide baru dan cara-cara baru untuk memandang masalah menjadi peluang, menerapkan solusi kreatif terhadap masalah dan peluang guna menumbuhkan usaha untuk kemajuan dan kejayaan bersama. "Hal yang terkait erat di sini, bahwa lingkungan alam sekitar sebagai sebuah sistem biologis yang dirawat sedemikian rupa agar tetap mampu menghidupi keanekaragaman hayati dan produktivitas tanpa batas secara lestari,"ujarnya  Ia menambahkan, Wisuda ke-23 UNIPA hari ini juga diwarnai momentum perayaan Hari Bumi Internasional tanggal 22 April, dengan refleksi mendalam bahwa planet bumi saat ini memiliki masalah global yang cukup kompleks. Penting bagi perguruan tinggi untuk turut berperan terhadap pembangunan berkelanjutan. "Poin yang penting di sini adalah dukungan kepada mahasiswa terhadap kebutuhan pengetahuan, ketrampilan, serta sikap untuk mengatasi tantangan global, termasuk perubahan iklim, degradasi lingkungan, hilangnya keanekaragaman hayati, kemiskinan dan ketidaksetaraan,"jelasnya 

 

Kampus UNIPA juga merupakan kampus berkelanjutan, yaitu kampus yang menerapkan kawasan ekologis dengan teknologi, karakter, komunitas, program, yang menciptakan dan membentuk gaya hidup ramah lingkungan pada orang-orang yang menjadi bagian dari kampus UNIPA. Pada moment wisuda ke-23 ini, ia berpesan kepada sarjana unipa yang baru diwisudakan untuk mulailah mengembangkan semua jenis kecerdasan yang penting untuk Hidup dan Kehidupan Anda.  Tidak ada orang yang tidak cerdas, dan tidak ada jenis kecerdasan yang lebih unggul dari kecerdasan lainnya. Kecerdasan intelektual (intelligence quotient) sering dijadikan indikator kecerdasan, baik dalam hal verbal-linguistik, logika-matematika, spasial, gerak-kinestetik, musikal, naturalis, namun penting sekali bagi Anda untuk mengembangkan kecerdasan emosional (emotional quotient), kecerdasan spiritual (spiritual quotient), kecerdasan menghadapi kesulitan dalam hidup (adversity quotient), kecerdasan kreativitas (creativity quotient), kecerdasan memaknai hidup dan kehidupannya dalam perspektif agama (trancendental quotient), serta kecerdasan interpersonal. "Banyak hal yang perlu Anda latih ke depannya, yaitu mengembangkan personal branding, memantapkan communication skills, dan mengasah creative thinking. Namun di atas semuanya itu, Anda sebagai Wisudawan perlu untuk mengingatnya: Mulailah Kehidupan dengan Jujur, paling tidak jujur pada diri sendiri. Jujur akan mengajarkan banyak hal, dilakukan dengan konsisten ini akan membentuk integritas, dan membawa kita kemana saja untuk kemajuan dan keselamatan diri,"jelasnya  Kata dia, Sebagai Alumnus UNIPA, merupakan representasi UNIPA di masyarakat. Perilaku di masyarakat akan menjadi cerminan kampus ini. Hendaknya Anda selalu menjunjung tinggi nama baik almamater UNIPA dengan penuh integritas, berkomitmen, serta dapat memberikan feedback yang positif kepada almamater. Ia menambahkan, Universitas Nusa Nipa kini mengelola 22 program studi, yang terdiri dari 21 program sarjana dan 1 program pendidikan profesi. Untuk dapat meraih visinya, yakni “menjadi universitas yang berkualitas, berkarakter, unggul dan berkiprah nasional” UNIPA sangat membutuhkan dukungan pihak-pihak pentahelix, yaitu unsur pemerintah, dunia usaha dunia industri (DUDI), masyarakat atau komunitas, dan media massa yang berkolaborasi bersama UNIPA serta berkomitmen untuk mencapai tujuan yang sama.

 

Menghadapi persaingan yang sangat kompetitif dewasa ini, maka Universitas Nusa Nipa terus berkomitmen untuk mendukung kebijakan pemerintah, melalui Kemendikbud-ristek RI dan LLDIKTI Wilayah XV yaitu tentang peningkatan daya saing bangsa dan peningkatan mutu lulusan. Dengan memberikan bekal penguatan kompetensi, karakter dan program unggulan bagi mahasiswa melalui kegiatan penelitian, pengabdian masyarakat, ketrampilan dan praktek di dunia industri maka mahasiswa akan mempunyai kemampuan yang lebih sehingga dapat menjawab tantangan kebutuhan pasar / masyarakat. 

 

"UNIPA pada akhir tahun 2023 telah meraih penghargaan Pos Kupang Award sebagai Universitas dengan Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang Paling Berprestasi di Provinsi Nusa Tenggara Timur,"katanya 

 

Pada kesempatan itu, ia juga  menyampaikan Selamat kepada salah seorang Dosen UNIPA yang dalam bulan ini meraih gelar Doktor bidang Teknik Sipil, atas nama Dr. Sandy Immanuel Yansiku, ST., MT., M.Eng. dari Institut Teknologi 10 November Surabaya.


Untuk semua kemajuan yang telah dicapai UNIPA, kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada orang tua / wali yang telah mempercayakan putra–putri terbaiknya untuk mengenyam pendidikan di kampus UNIPA.Terima kasih dan penghargaan kepada Para Wakil Rektor, Para Dekan, Para Ketua Program Studi, Kepala Biro, Kepala Lembaga/Badan, Para Dosen dan Tenaga Kependidikan yang telah berperan sebagai pendidik dan fasilitator, yang melayani mahasiswa dengan penuh dedikasi. Terima kasih kami sampaikan kepada Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XV Kupang Prof. Dr. Adrianus Amheka, ST., M.Eng. beserta jajarannya yang telah membimbing UNIPA. Terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Sikka yang telah mendukung UNIPA. Terima kasih dan penghargaan yang tinggi untuk semua Penjasa lahirnya UNIPA,  Yayasan Pendidikan Tinggi Nusa Nipa, Dewan Pembina Yayasan, Bapak Drs. Alexander Longginus dan Bapak Drs. Yoseph Ansar Rera, serta Ketua Pengurus Yayasan, Bapak Drs. Sabinus Nabu, yang profesional dan visioner demi kemajuan UNIPA. Terima kasih kepada semua Mitra UNIPA yang telah mendukung UNIPA dalam bidangnya masing-masing. Terima kasih kepada Para Alumni UNIPA, Badan Eksekutif Mahasiswa, Badan Legislatif Mahasiswa, dan UKM – UKM Universitas Nusa Nipa. Terima kasih kepada Organisasi kemasyarakatan yang aktif dalam pembinaan pemuda ; segenap Stakeholders, dan lembaga-lembaga pengguna lulusan UNIPA.  Akhirnya, kami menyampaikan terima kasih yang besar kepada Panitia Wisuda ke-23 UNIPA, yang telah bekerja keras mendukung acara ini.

Bagikan Berita

Bakti Nyata untuk Nian Tana