• info@nusanipa.ac.id
  • +62 382 22388
News Photo

Simak Pesan Ketua Yayasan dan Rektor Unipa untuk Penerima ATM KIP

TRIBUN FLORES.COM,MAUMERE-Mahasiswa Universitas Nusa Nipa (Unipa) Indonesia harus berbangga dan berterima kasih kepada Yayasan Pendidikan Tinggi dan Kampus Unipa. Pasalnya, di tengah pandemi Covid-19 ini perhatian yayasan dan kampus bagi kelangsungan pendidikan mahasiswa terus diberikan.


Pada, Jumat, 7 Januari 2022 bertempat di Aula Nawacita Unipa Indonesia dilaksanakan Pembagian Buku Tabungan dan ATM Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah untuk mahasiswa penerima beasiswa KIP Kuliah angkatan 2021.


KIP Kuliah ini sebelumnya bernama Beasiswa 
Bidikmisi yang diberikan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI untuk mahasiswa berprestasi hingga dapat menyelesaikan jenjang pendidikan S1, S2 dan S3. Acara di Kampus Orange hari ini bertajuk "Membangun semangat kreatifitas mahasiswa dalam berkarya di tengah Pandemi Covid-19".

Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Nusa Nipa, Drs. Sabinus Nabu dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada mahasiswa penerima KIP Kuliah Tahun Ajaran 2021/2022.


“Untuk itu mahasiswa mesti berterimakasih kepada orang tua, dosen dan semua pihak yang telah membantu mendapatkan akses beasiswa ini. Kalian adalah putra putri bangsa yang beruntung mendapatkan beasiswa KIP Kuliah TA. 2021/2022 yang manfaatnya berkesinambungan. Beasiswa ini akan bisa menjadi bermakna/bermanfaat kalau anak-anak kelak menjadi putra putri yang bisa berkompetisi, berkolaborasi dan bermanfaat bagi bangsa. Saya juga berharap orang tua bisa memperhatikan dan menanyakan proses perkembangan kuliah anak-anaknya di rumah. Kepada dosen wali, saya berharap tidak ada kebahagiaan yang paling berkesan dari kita kecuali membuat anak dampingan menjadi berhasil dalam proses perkuliahan hingga sukses di masa depan,” kata Sabinus.

 

Ia mengatakan, mahasiswa mesti melakukan komunikasi yang intensif agar mampu menyelesaikan persoalan yang dihadapi setiap dalam menyelesaikan studi. Kampus ini adalah rumah kedua mahasiswa kalau tidak ada di rumah/kos maka dia ada di kampus sehingga diharapkan datang belajar dengan tekun. Selain itu, mahasiswa harus dapat memanfaatkan akses sarana prasarana yang ada di kampus seperti perpustakaan, wifi dalam mengakses jaringan internet, untuk pengembangan kepribadian yang lebih gemilang.

 

“Selain belajar, kampus ini juga menjunjung nilai-nilai, salah satunya nilai Religius yang artinya setiap insan akademik dalam kampus ini dapat menjalankan setiap ajaran agamanya masing-masing secara baik dan mendalam. Di tahun 2022 ini kita harus membuat resolusi yang baru dimana hal-hal yang kurang berkenan di tahun 2021 kita tinggalkan dengan menghadirkan perubahan dalam diri yang lebih baik,” kata Sabinus.

 

Rektor Unipa Indonesia, Dr. Ir. Angelinus Vincentius, M.Si dalam sambutannya menyampaikan kalau mahasiswa penerima KIP Kuliah Ta. 2021/2021 sebanyak 150 orang dan dijumlahkan dengan tahun-tahun sebelumnya maka sudah 353 mahasiswa menjadi penerima beasiswa KIP Kuliah.



“Dalam situasi Pandemi covid 19 ini menimbulkan beberapa kesulitan yang kita rasakan bersama dari kesulitan ini kita terus berusaha mencari dan mendapatkan akses-akses beasiswa yang bisa membantu mahasiswa/i menyelesaikan studi, maka diharapkan mahasiswa/i yang mendapatkan beasiswa bisa memanfaatkan dana bantuan KIP Kuliah ini terutama untuk kepentingan proses perkuliahan,” ujarnya.

 

Universitas Nusa Nipa Indonesia merupakan kampus terbesar ke-7 dari antara 57 PT se- Provinsi NTT dan menjadi kampus terbesar di pulau Flores yang mengedepankan kualitas SDM lulusan yang unggul dan berdaya saing dengan moto Non Scholae Sed Vitae Discimus yang artinya kita belajar bukan untuk sekolah, melainkan untuk hidup.


"Sampai saat ini pendidikan tetaplah merupakan jembatan emas untuk memerdekakan keluarga, diri sendiri dari lingkaran persoalan kehidupan, karena dengan pendidikan yang baik seseorang dapat menemukan solusi atas berbagai permasalahan kehidupan, sehingga bisa berguna bagi kemajuan bangsa. Mahasiswa/i penerima beasiswa ini merupakan anak-anak pilihan negara bukan hanya mendapatkan akses beasiswa maupun biaya hidup namun mendapatkan SIM untuk mencapai jenjang pendidikan yang lebih tinggi yaitu megister hingga doktor, untuk itu mahasiswa harus menunjukan prestasi baik secara akademik maupun non akademik dengan menunjukan pribadi yang berintegritas, berkarakter, mempunyai soft skill dan adaptif. Sebagaimana Charles Darwin penemu teori evolusi manusia pernah mengingatkan kita bahwa orang yang paling bisa bertahan tidaklah yang terkuat dan terpintar melainkan yang responsif terhadap perubahan. Karena itu, para pembelajar sekalian perlu untuk mengembangkan kemampuan belajar cepat, memiliki kelincahan, fleksibilitas dan mempunyai future mindset. Jadilah SDM unggul yang adaptif terhadap perubahan,” paparnya

 

Pada penyerahan beasiswa itu, Rektor Angelinus juga mengucapkan terimakasih kepada Presiden RI Bapak Ir. Joko widodo, Mendikbud-Ristek Mas Nadiem, Anggota DPR RI Komisi X Dr. Andreas Hugo Pareira, Kepala LLDikti Wilayah XV Kupang, Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Nusa Nipa, teman-teman jajaran Rektorat, segenap dosen dan tenaga kependidikan, serta semua pihak yang telah membantu mahasiswa untuk mendapatkan akses KIP Kuliah di Universitas Nusa Nipa Indonesia.Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Rektor 1, Dr. Jonas K.G.D Gobang, S.Fil, M.A, Wakil Rektor III, Hermus Hero, S.Ag, M.Pd, para Kaprodi, dosen, orang tua/wali, mahasiswa/wi Penerima beasiswa Beasiswa KIP kuliah Tahun 2021/2022.

Sumber: (https://flores.tribunnews.com/2022/01/07/simak-pesan-ketua-yayasan-dan-rektor-unipa-untuk-penerima-atm-kip)

Bagikan Berita

Bakti Nyata untuk Nian Tana