News Photo

Fakultas Teknologi Pangan Pertanian dan Perikanan Unipa di Sikka Gelar Kemah Bahari 2023

HUMAS UNIPA, MAUMERE - Fakultas teknologi pangan pertanian dan perikanan, program studi manajemen sumberdaya perairan Universitas Nusa Nipa atau Unipa menggelar Kemah Bahari yang berlangsung di pesisir Pantai Pedang, Desa Nangahale, Kecamatan Talibura, Kabupaten Sikka, NTT.

Kegiatan Kemah Bahari 2023 dengan mengusung tema mengukir harmoni laut akselerasi akrab Mahasiswa perikanan untuk membangun peradaban masyarakat pesisir berlangsung selama tiga hari yakni Jumat, 27-29 Oktober 2023.

Kegiatan tersebut diikuti 31 peserta yang merupakan mahasiswa semester satu fakultas teknologi pangan pertanian dan perikanan, program studi manajemen sumberdaya perairan Universitas Nusa Nipa.

Yohanes Don Bosco Ricardson Minggo, S.P.i M.Si, ketua program studi manajemen sumberdaya perairan Unipa dalam sambutannya mengatakan, Kemah Bahari merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan sebagai pintu masuk bagi mahasiswa baru dalam mengenal dunia perikanan dan kelautan.

Dikatakannya, konsep kegiatan ini adalah menumbuh kembangkan jiwa persaudaraan, rasa solidaritas kemanusiaan, kewirausahaan, peduli lingkungan pesisir yang berbasis pengabdian kepada masyarakat.

Menurutnya, kegiatan tersebut tidak semata-mata mata pertemuan pada hubungan antara mahasiswa dengan mahasiswa, mahasiswa dengan dosen, mahasiswa dengan tenaga kependidikan, serta mahasiswa dengan alumni, melainkan juga pertemuan pada masyarakat di sekitar kegiatan Kemah Bahari.

Sekertaris Camat Talibura, Gregorius Gate dalam sambutannya mengharapkan kegiatan Kemah Bahari 2023 ini mampu meningkatkan motivasi bagi pelajar maupun masyarakat dalam memanfaatkan dan mengelola sumber daya pesisir dan laut untuk kesejahteraan bersama.

Sementara itu, ketua panitia Kemah Bahari 2023, Maria Theresia Dua Tei ,S.Pi, M.Si mengatakan kegiatan tersebut akan diisi dengan aksi pembersihan lingkungan pesisir, penamaan pohon pelindung pantai di pesisir pantai Pedang desa Nangahale dan penyuluhan perikanan dari kementerian kelautan perikanan dan pendataan kartu nelayan.

Selanjutnya, pada Minggu 30 Oktober 2023 bertempat di kantor desa Nangahale akan dilakukan kegiatan donor darah oleh PMI Kabupaten Sikka, pemeriksaan kesehatan gratis, pemberian obat gratis kerjasama Unipa dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka untuk masyarakat di Desa Nangahale.

Sumber :https://kupang.tribunnews.com/2023/10/27/fakultas-teknologi-pangan-pertanian-dan-perikanan-unipa-di-sikka-gelar-kemah-bahari-2023


Bagikan Berita

Bakti Nyata untuk Nian Tana