News Photo

Mahasiswa Universitas Nusa Nipa Raih Juara Tiga Lomba Debat pada LLDIKTI XV Fair 2023

Nusanipa.ac.id - Mahasiswa Universitas Nusa Nipa (UNIPA), Maria Geraldine Venansi Dou berhasil meraih juara III Lomba Debat Bahasa Indonesia antar Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se-Nusa Tenggara Timur. Lomba yang berlangsung pada tanggal 17 Oktober 2023 ini merupakan rangkaian kegiatan LLDIKTI XV Fair 2023 yang bertempat di Kampus Universitas Muhammadiyah, Kota Kupang, NTT.

Tahun ini, LLDIKTI XV Fair  mengangkat tema “Get Ready for better Future.” Kegiatan tersebut merupakan event  perdana yang diselenggarakan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XV. Tidak hanya lomba debat, event yang melibatkan PTS se-NTT dan BUMN, juga mengadakan kegiatan lainnya, yaitu Job Fair dan Ekspo Kampus.

Geraldine mengungkapkan, ia telah mempersiapkan diri dengan cara membaca referensi terkait dengan tema yang diusung oleh LLDIKTI XV yakni Bonus Demografi 2045 dan Mahasiswa Entrepreneur. "Saya membaca jurnal-jurnal terkait mahasiswa entrepreneur, juga tentang bonus demografi 2045 yang menjelaskan bahwa jumlah penduduk usia produktif akan lebih tinggi dari usia non-produktif. Jadi bagaimana kami mahasiswa memandang itu sebagai peluang atau ancaman,"jelasnya. 

 

Mahasiswa Program Studi Hukum semester VII ini membagikan pula kiat sukses bersaing dalam kompetisi debat kepada mahasiswa. Ia mengatakan, kompetisi debat fokus pada literasi, argumentasi, dan cara berpikir kritis. Menurutnya, penting bagi mahasiswa untuk membiasakan diri menggali dan meng-update informasi terbaru, serta meluangkan waktu setiap hari untuk membaca dan diskusi.

 

Pemilik suara merdu ini telah berpengalaman mengikuti berbagai perlombaan sejak SMA. Ia mengaku senang ketika diberi kesempatan mewakili UNIPA untuk berpartisipasi dalam lomba debat. Baginya, kesempatan ini merupakan wadah yang tepat untuk menyalurkan bakatnya. "Semoga kegiatan ini diadakan lagi pada tahun depan dan kami yakin bahwa UNIPA akan mampu berkompetisi dan meraih juara karena pihak kampus memberikan dukungan terbaik," harapnya.

 

Kegiatan LLDIKTI XV Fair ditutup pada tanggal 19 Oktober 2023. Dalam kesempatan itu Kepala LLDIKTI XV, Prof. Dr. Adrianus Amheka, S.T., M.Eng hadir menyapa para juara lomba sekaligus memberikan piala dan piagam penghargaan serta uang pembinaan.


Sumber: Nusanipa.ac.id

Bagikan Berita

Bakti Nyata untuk Nian Tana