• info@nusanipa.ac.id
  • +62 382 22388
News Photo

910 Mahasiswa Universitas Nusa Nipa Ikuti Pembekalan KKN-MM T.A 2021/2022

Humas UNIPA - Maumere, kamis 16 Juni 2022  Universitas Nusa Nipa Indonesia melaksanakan Pembekalan Bagi Mahasiswa/wi Peserta  Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa Mandiri (KKN-MM) T.A 2021/2022.  Kegiatan Pembekalan ini diasupi dengan materi-materi yang  berhubungan dengan  Tema  "Bersinergi dalam Optimalisasi Pengelolaan Sumber Daya Alam Untuk Ketahanan Sosial Ekologi"

 Adapun Waktu Pelaksanaan  mulai 20 Juli 2022 hingga 20 Juni 2022 dengan jumlah 4 Dosen Koordinator Kecamatan dan 60 Dosen Pembimbing Lapangan,  Lokasi  di 30 Desa yang tersebar pada  4 Kecamatan yaitu Kecamatan Talibura, Kecamatan Waiblama, Kecamatan Tana Wawo, Kecamatan Mego.

Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa Mandiri (KKN-MM) T.A 2021/2022  ini dapat membuka wawasan Mahasiswa/wi mengenai kebutuhan masyarakat sehingga mahasiswa dapat pembelajaran berharga selama KKN-MM secara langsung dari kelas kehidupan yaitu lingkungan  masyarakat selain itu proses KKN-MM  memberikan ciri khusus yaitu memadukan teori dan praktek.


Adapun Kegiatan Pembekalan KKN-MM T.A 2021/2022 dibuka oleh Rektor Universitas Nusa Nipa,  dalam Sambutannya, Rektor Universitas Nusa Nipa Dr. Ir. Angelinus Vincentius, M.Si menyampaikan pelaksanaan KKN-MM T.A 2021/2022 merupakan salah satu implementasi dari Tri dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat  Untuk itu  Mahasiswa Peserta KKN-MM Tahun Akademik 2021/2022  harus mampu mengembangkan potensi  sesuai bidang keilmuannya dan membantu program pemerintah dalam upaya penanganan stunting  dalam bentuk pemberdayaan masyarakat  dengan memberikan PMT Balita stunting, Pelestarian sumber daya alam, edukasi kesehatan maupun aktivitas Sosial berbasis keluarga dan Masyarakat.

Sementara Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Nusa Nipa  Drs. Sabinus Nabu dalam sambutannya menegaskan Mahasiswa yang mengikuti KKN-MM harus mampu menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat selain itu bisa bersinergi atau bekerjasama dalam mengoptimalisasikan pengolahan sumber daya alam untuk ketahanan sosial maupun ekologi. Disisi lain bicara soal ekologi secara langsung diantara lokasi 30 desa dari 4 Kecamatan di kabupaten sikka  ini merupakan  daerah penyangga sumber daya air  oleh sebab itu dibutuhkan peran mahasiswa/wi untuk melibatkan diri dalam upaya menjaga kondisi alam kita tetap lestari bersama habitat-habitan lainnya.  lebih lanjut Ia menjelaskan  ada  kesenjangan sosial terutama meningkatnya kasus stunting yang diderita masyarakat dan juga persoalan sosial lainya, untuk itu  terus melibatkan diri temukan solusi-solusi cerdas dengan masyarakat bersinergi juga dengan pemerintah setempat untuk bersama-sama dalam  upaya penanganan stunting maupun ketimpangan sosial lainya.

Lebih lanjut  Sekertaris Daerah Sikka Adrianus Firminus Parera, S.E, M.Si mengungkapkan mewakili Pemerintah Kabupaten Sikka,  Beliau Mengapresiasi Pihak Universitas Nusa Nipa yang menyelenggarakan  kegiatan   KKN-MM T.A 2021/2022 yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan mendasar dibeberapa desa yang masih tertinggal  tepatnya di wilayah kecamatan Talibura, kecamatan Waiblama, Kecamatan Tana Wawo, Kecamatan Mego.  Ia berharap pelaksanaan KKN-MM UNIPA T.A 2021/2022 dapat memberikan kontribusi nyata dan manfaat yang berkesinambungan  bagi masyarakat,  Mahasiswa KKN-MM juga senantiasa bisa bersinergi bersama pemerintah desa setempat guna  mengetahui problem-problem yang dialami masyarakat desa dan memberikan solusi konstruktif.

Turut Hadir  Wakil Rektor I Dr. Jonas K.G.D. Gobang, S.Fil, MA, Wakil Rektor II  Ranhard Soni Tomi Antou, ST., M.Art  Wakil Rektor III Dr. Yosefina Andia Dekrita, SE.,MM,  Kepala LP2M UNIPA  Teresia Elfi, S.Kep,Ns.,M.Kep  , Para Dekan, Para Kaprodi dan Segenap Civitas Akademika Universitas Nusa Nipa Indonesia.

Sumber : Humas UNIPA

Bagikan Berita

Bakti Nyata untuk Nian Tana