• info@nusanipa.ac.id
  • +62 382 22388
News Photo

Bakti Nyata Universitas Nusa Nipa Bangunkan Gedung Baru Puskesmas Beru

Humas UNIPA, Maumere - Selasa 5 April 2022 diadakan upacara pemberkatan,  peresmian serta relokasi gedung Puskesmas Beru  dari Jalan Kesehatan ke Jalan Panjaitan Kelurahan Beru, Kecamatan Alok Timur. Gedung baru Puskesmas Beru yang dibangun Oleh Universitas Nusa Nipa Melalui Badan Penyelenggara Yayasan Pendidikan Tinggi Nusa Nipa yang diserahterimakan secara langsung Oleh Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Nusa Nipa Drs. Sabinus Nabu kepada Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo, M.Si disaksikan oleh Pembina Yayasan Pendidikan Tinggi Nusa Nipa Drs. Alexander Longginus, Rektor Universitas Nusa Nipa Dr. Ir. Angelinus Vincentius, M.Si, Ketua DPRD Sikka Donatus David, S.H, Anggota DPRD Sikka Segenap Civitas Akademika Universitas Nusa Nipa serta Tamu Undangan,  selanjutnya gedung Puskesmas Beru yang lama akan dipergunakan untuk kelancaran proses pelayanan Akademik Universitas Nusa Nipa.

Turut hadir yang Terkasih Uskup Maumere Mgr Ewaldus Martinus Sedu sekaligus memimpin ibadat pemberkatan, dalam homilinya Uskup berharap gedung ini dapat digunakan dengan baik untuk melayani  dengan ketulusan hati  serta keikhlasan bagi umat serta masyarakat pada umumnya.

Sedangkan Bupati Sikka dalam sambutannya menyampaikan  apresiasi kepada Pihak Yayasan pendidikan tinggi Nusa Nipa  yang telah berupaya memberi kontribusi nyata  selain membangun sumber daya manusia disisi lain ikut mendukung pemerintah Kabupaten Sikka dalam upaya  membangun gedung Puskesmas Beru yang baru yang dapat digunakan untuk pendekatan pelayanan medis kepada masyarakat luas. Bupati juga berharap gedung Puskesmas Beru yang baru ini secepatnya langsung digunakan oleh pihak Puskesmas Beru dalam hal ini Kepala Puskesmas Beru  bersama staf lainya. Dari tata letak bangunan, hingga megahnya bangunan ini dapat memacu pelayanan yang prima serta membawa keberuntungan/kesejahteraan hingga dapat terpenuhi hak-hak dasar dibidang kesehatan. Beberapa waktu lalu  ada pertemuan bersama kepala daerah dan Wakil Presiden RI di Labuan Bajo,  saat diberikan kesempatan untuk bicara,  Ia Juga langsung menyuarakan hal yang  sama agar UNIPA secepatnya dinegrikan tandasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Sikka  Donatus David, S.H. menyampaikan untuk kepentingan umum dan pelayanan yang lebih baik  kepada masyarakat maka sebagai ketua DPRD Sikka, saya senantiasa mendukung upaya pembangunan Gedung Puskesmas Beru yang baru ini, semoga dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya oleh Pihak Puskesmas Beru, kami juga terus menyuarakan aspirasi untuk proses penegrian UNIPA oleh kerena itu kita perlu mempersiapkan diri dari berbagai aspek.

Selanjutnya, Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Nusa Nipa  Drs. Sabinus Nabu dalam sambutannya menyampaikan  Pembangunan gedung puskesmas baru ini menelan waktu setahun dimulai sejak April 2021, bentuk bangunan ini berlantai 2 mengikuti bentuk arsitektur modern  dimana pengunaan materil kaca dan pelapis dinding  ACP (Aluminium Composite Panel) ditambah dengan ornamen ragam Kabupaten Sikka  yaitu Motif Tenun Ikat Dala Mawarani dan dikerjakan oleh tenaga-tenaga lokal Kab. Sikka,   relokasi  puskesmas ini  merupakan bakti nyata untuk Nian Tana Sikka dari Universitas Nusa Nipa melalui badan penyelenggara Pendidikan Tinggi Nusa Nipa selain itu relokasi ini bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kecamatan Alok Timur dipusat pemukiman serta memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan di Puskesmas Beru. Pembangunan Puskesmas Beru ini juga berkat dukungan Bupati Sikka, Wakil Bupati Sikka dan Juga Pimpinan,  anggota DPRD Sikka, Uskup Maumere, Kepala Dinas Kesehatan serta semua pihak. Bangunan  Puskesmas Beru terdiri dari dua lantai, dimana antai satu terdiri dari ruang lobby, ruang pendaftaran, ruang rekam medik, ruang gawat darurat, ruang operasi, ruang pasca bersalin, ruang anak, ruang dokter, ruang obat, ruang laboratorium, ruang farmasi, klinik gigi, dapur dan toilet sedangkan  lantai dua terdiri dari ruang kepala puskesmas, ruang administrasi, ruang promosi kesehatan, ruang rapat, gudang dan toilet. Pembangunan puskesmas beru ini menelan biaya 3, 5 Miliar rupiah termasuk pajak (PPH) dengan sistem pengolahannya bangun sendiri. Untuk itu, atas nama Badan penyelenggara Pendidikan Tinggi Nusa Nipa saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses pembangunan Puskesmas Beru yang baru mulai dari awal hingga akhir.

Sumber: HUMAS UNIPA 

Bagikan Berita

Bakti Nyata untuk Nian Tana