• info@nusanipa.ac.id
  • +62 382 22388
News Photo

Rektor Angelinus Vincentius: Unipa Indonesia Masuk 10 Kampus Terbaik dari 60 PTN dan PTS di NTT

Florespedia.id, Maumere- Universitas Nusa Nipa Indonesia mewisuda 428 sarjana dan diploma Angkatan ke-XVI Tahun Akademik 2021/2022 yang berlangsung di Auditorium Nawacita, Jumat (25/3/2022) siang. Seremonial wisuda dipimpin oleh Rektor Universitas Nusa Nipa, Dr.Ir.Angelinus Vincentius M.Si.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Nusa Nipa, Dr.Ir. Angelinus Vincentius, M.Si mengatakan, perkenankan kami atas nama civitas akademika UNIPA, dengan penuh syukur mempersembahkan 428 orang Sarjana dan Diploma, dari 18 program studi.

Rektor Angelinus menyampaikan, Universitas Nusa Nipa dalam usia 16 tahun telah menghasilkan 5.625 orang lulusan sarjana dan diploma, dan kini telah menekuni berbagai profesi termasuk berwirausaha.

“Kami ucapkan selamat kepada para Wisudawan, semoga ilmu yang telah diperoleh dapat dikembangkan di tengah masyarakat untuk kebaikan bersama (bonum commune), semoga mendapatkan berkat dari Tuhan Yang Maha Kuasa,” ungkap Rektor Angelinus.

Dikatakan Rektor Angelinus, Universitas Nusa Nipa (UNIPA) yang disebut dengan nama brand Universitas Nusa Nipa Indonesia di Maumere, kini termasuk dalam 10 Kampus Terbaik dari antara 60 PTN dan PTS di Provinsi Nusa Tenggara Timur, menurut versi Webometrics Januari 2022.

Webometrics merupakan sistem pemeringkatan berbagai website terhadap Perguruan Tinggi se-dunia. Untuk Universitas Nusa Nipa Indonesia dapat diakses melalui www.nusanipa.ac.id.

Meskipun saat ini UNIPA telah meraih peringkat Akreditasi Baik Sekali (nilai B) untuk Institusi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), dan untuk akreditasi program studi terdapat 13 program studi berpredikat Baik Sekali dan 5 program studi berpredikat Baik, namun kami menyadari bahwa upaya peningkatan mutu harus terus menerus diperjuangkan bersama Badan Penyelenggara (Yayasan Pendidikan Tinggi Nusa Nipa) serta Pihak Mitra eksternal. Hal tersebut untuk memastikan tingkat kepercayaan publik mengalami kenaikan signifikan.

“Peningkatan mutu pendidikan memang menjadi fokus perhatian Unipa. Namun masih menjadi PR kami tentang peningkatan jumlah dosen berpendidikan doktor (S3), yang saat ini baru 5 orang diharapkan meningkat menjadi 15 orang dalam waktu 2 tahun ke depan,” ungkapnya.

Lanjut Rektor Angelinus, kemudian, pada Darma pendidikan /pengajaran, semua dosen UNIPA wajib untuk lulus Pelatihan Ketrampilan Teknis Instruksional (Pekerti) maupun Applied Approach, yaitu kompetensi pedagogik yang ditambahkan terhadap kompetensi professional para dosen UNIPA sebelum diberi kesempatan mengajar, serta pengembangan kompetensi kepribadian. Namun pada Darma penelitian, kemampuan dosen-dosen untuk mengakses dana-dana hibah riset dari DIKTI masih perlu ditingkatkan, meskipun saat ini UNIPA termasuk PT di NTT yang paling besar dalam memenangkan kompetisi hibah riset maupun hibah pengabdian kepada masyarakat.

Mulai awal tahun 2022, UNIPA juga melakukan konsolidasi untuk meningkatkan perolehan Hak Paten dan Hak atas Kekayaan Intelektual (HKI) dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI.

Salah satu langkah yang ditempuh adalah melalui pengembangan mata kuliah Kewirausahaan, Inovasi dan Inkubator Bisnis Startup Digital, guna mengembangkan artificial intelligence yang dapat menjawabi kebutuhan masyarakat.

Menurutnya, sesuai dengan jiwa dan semangat para pendiri UNIPA tentang option for the poor, maka UNIPA juga memperjuangkan akses beasiswa bagi para mahasiswa UNIPA; tercatat dalam tahun akademik berjalan, jumlah penerima beasiswa mencapai 3225 orang, yang meliputi Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) dari Kemendikbud-ristek, Bank Indonesia, dan Pemerintah Kabupaten Sikka.

“Untuk semua kemajuan yang telah dicapai bersama UNIPA, kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada orang tua / wali yang telah mempercayakan putra–putri terbaiknya untuk mengenyam pendidikan di Universitas Nusa Nipa Indonesia,” ujar Rektor Angelinus.

Pantauan media ini, hadir dalam pelaksanaan wisuda Angkatan ke-16, Rektor Unipa dan jajaran senat universitas, Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Nusa Nipa, Drs.Sabinus Nabu, Direktur Kelembagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Dr. Lukman, ST,M.Hum, Wakil Bupati Sikka, Romanus Woga, Badan Pembina Yayasan Pendidikan Tinggi Nusa Nipa, Forkopimda dan tamu undangan lainnya.

Sumber : (https://florespedia.id/2022/03/25/rektor-angelinus-vincentius-unipa-indonesia-masuk-10-kampus-terbaik-dari-60-ptn-dan-pts-di-ntt/)

Bagikan Berita

Bakti Nyata untuk Nian Tana