• info@nusanipa.ac.id
  • +62 382 22388
News Photo

UNIPA GELAR PKKMB TAHUN 2020 SESUAI PROTOKOL KESEHATAN

Fase New Normal sebagai akibat adanya Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dialami dan diterima oleh Universitas Nusa Nipa (UNIPA) Maumere sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari atau bisa disebut sebagai budaya baru di lingkungan UNIPA. Adanya budaya baru ini terserap dalam setiap kegiatan di UNIPA, salah satunya dalam menggelar acara Orientasi Pengenalan Kampus (OSPEK) atau yang sekarang ini lebih dikenal dengan istilah Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB).

PKKMB tahun akademik 2020/2021 ini diselenggarakan berdasarkan panduan DIKTI dan disesuaikan dengan anjuran dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yaitu Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A. yang menyampaikan bahwa beberapa daerah yang dikatakan zona hijau berdasarkan Gugus Tugas COVID-19 Nasional dapat melaksanakan pembelajaran tatap muka dengan persyaratan protokol kesehatan. Oleh karena itu seluruh aktivitas yang terjadi di lingkungan sekolah dan kampus “wajib” mematuhi protokol kesehatan COVID-19 yang sesuai.

UNIPA Maumere menggelar PKKMB tahun akademik 2020/2021 di lingkungan kampus dengan mematuhi peraturan protokol kesehatan COVID-19 secara ketat mulai dari jaga jarak (social distancing), mengenakan masker, pengukuran suhu tubuh, cuci tangan dan membawa hand sanitizer. Kegiatan PKKMB ini berlangsung selama tiga hari yaitu  sejak Senin (24/08/2020) - Rabu (26/08/2020) dan terbagi menjadi dua sesi per harinya. Sesi I dimulai dari pukul 05:30 - 12.00 WITA dan sesi II dimulai dari pukul 12:30 - 17.00 WITA.

PKKMB tahun akademik 2020/2021 dibuka pada Senin, 24 Agustus 2020 oleh Rektor Universitas Nusa Nipa, Dr. Ir. Angelinus Vincentius, M.Si yang dalam sambutan pembukaannya menegaskan dua hal yaitu makna moto UNIPA, “Non Scholae Sed Vitae Discimus yang artinya: "kita belajar bukan untuk sekolah, melainkan untuk hidup" dan mematangkan visi, misi pribadi atau personal mastery setiap mahasiswa baru.   Selanjutnya Ketua Yayasan Universitas Nusa Nipa, Drs. Sabinus Nabu memberikan nasihat agar setiap mahasiswa baru tetap fokus mengejar cita-cita dan membanggakan UNIPA dengan segala bakat yang dimiliki namun tidak melupakan doa. Kemudian kegiatan PKKMB tahun akademik 2020/2021 ditutup pada Rabu, 26 Agustus 2020 oleh Rektor Universitas Nusa Nipa.

Kegiatan PKKMB ini diisi dengan penyampaian materi menggunakan metode ceramah dan durasi setiap materinya ± 20 menit.  Materi-materi PKKMB sama untuk sesi I dan II karena peserta PKKMB untuk kedua sesi tersebut berbeda. Setiap narasumber menyelipkan konten-konten lucu dalam materi yang disampaikan agar mahasiswa baru peserta PKKMB tahun akademik 2020/2021 tidak merasa jenuh dan bosan sehingga suasana menjadi menyenangkan namun tetap aman dan kondusif. Selain itu yang unik dari PKKMB tahun akademik 2020/2021 adalah adanya penanaman kelor di lingkungan UNIPA sebagai wujud dukungan terhadap program Pemerintah Propinsi Nusa Tenggara Timur.  Hal ini menjadikan PKKMB tahun 2020 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.  Perbedaan metode pelaksanaan PKKMB ini tidak menyulutkan semangat dari mahasiswa baru untuk belajar dan mengenal UNIPA. Oleh karena itu dapat dikatakan New Normal bukanlah penghalang dalam berproses melainkan budaya baru yang dijalankan di UNIPA Maumere. (Claudia/Diny)

Bagikan Berita

Bakti Nyata untuk Nian Tana