News Photo

FIKES UNIPA INDONESIA GELAR ANGKAT SUMPAH PERAWAT

Humas UNIPA- Maumere, Sabtu 12 Maret  2022 di Aula Nawacita telah berlangsung Sumpah Perawat bagi 32 Profesi ners dan 16 orang D-III keperawatan Universitas Nusa Nipa Indonesia.

Rektor Universitas Nusa Nipa Dr. Ir. Angelinus Vincentius, M.Si menyampaikan “Kita telah memasuki era digitalisasi, bahkan masyarakat Jepang sudah lebih dahulu masuk diera masyarakat 5.0 (society 5.0) yang dapat menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan sosial dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang lahir diera revolusi industri 4.0 seperti internet of thing, artificial intelligence, big data dan sebagainya namun apakah hal ini menihilkan peran seorang perawat? Sekali lagi itu tidak mungkin. Selama manusia masih ada dimuka bumi, perawat akan tetap menjadi profesi yang tidak dapat digantikan, sejauh mana perawat mampu berinovasi untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia yang tidak dapat dipenuhi oleh kemajuan teknologi, terlebih pada sisi humanis seorang perawat misalnya perhatian, keramahan, kehanyatan, cinta kasih kepedulian dan rela berkorban selain itu perawat juga mesti melengkapi kapasitas diri dengan berbagai bidang lain dan dapat mengembangkan ilmu maupun pengetahuan  berkaitan dengan profesionalisme seorang  perawat. Semoga dengan pengangkatan sumpah ini, anda semua menjadi perawat profesional dan paripurna bekerja dengan hati nurani.”

Sebelumnya Ketua  DPW Persatuan Perawat Nasional Indonesia ( PPNI) Provinsi NTT Aemilianus Mau,S.Kep.,Ns.,M.Kep menyampaikan apresiasinya kepada Pihak universitas Nusa Nipa atas terselenggaranya Sumpah Perawat, saya juga mengucapkan profisiat kepada yang telah disumpah, sehingga nama-nama yang telah disumpah bisa terdaftar dalam sistim  data PPNI menurut data  di NTT ada kurang lebih 3000 belum teregistrasi dengan berbagai alasan belum bekerja dll. Sumpah perawat ini menjadi bekal dalam  bekerja sekaligus menunjukan profesionalisme  sebagai seorang perawat yang bisa mendedikasikan diri baik dalam negeri dan luar negeri.

Selain itu sekertaris Dinas Kesehatan kabupaten Sikka dr. Mercy Parera juga menyampaikan selamat kepada yang telah disumpah, semoga dapat menjunjung tinggi nilai-nilai keperawatan dan mengimplementasikan sumpah yang telah ditunaikan bagi masyarakat.

Turut hadir Wakil Rektor I Jonas K.G.D. Gobang, S.Fil, M.A., Wakil Rektor III Hermus Hero, S.Ag. MPd, Dekan Fakultas Ilmu -Ilmu Kesehatan Ns. Agustina Sisiliawati Dua Wida, M.Kep , para Tokoh Agama,  ketua PPNI kab Sikka,  Para Wakil Dekan, para Kaprodi, Para Dosen dan Tenaga Kependidikan.

Sumber: Humas UNIPA

Bagikan Berita

Bakti Nyata untuk Nian Tana