News Photo

Dorong Kreativitas dan Sportivitas Pelajar, Unipa Indonesia Gelar Turnamen Futsal

WahanaNews-NTT, Dalam rangka mendorong peningkatan kreativitas dan sportivitas pelajar dalam berprestasi, Universitas Nusa Nipa (UNIPA) Indonesia menggelar turnamen Futsal tingkat SMA/SMK/MA se Kabupaten Sikka.

Hal ini disampaikan Rektor Unipa Indonesia, Dr. Ir. Angelinus Vincentius. M.Si ketika memberikan sambutan dalam acara pembukaan turnamen Nusa Nipa Cup tahun 2022, Selasa (01/03/2022) petang, bertempat di lapangan Futsal Universitas Nusa Nipa Indonesia.

Angelinus mengatakan, kampus Universitas Nusa Nipa menyadari bahwa generasi muda perlu didorong semangatnya untuk meraih dan meningkatkan prestasi. Futsal merupakan cabang olahraga yang paling diminati terutama anak-anak, remaja dan orang dewasa.

Lanjutnya menjelaskan, berdasarkan hasil riset bahwa olahraga sebagai aktivitas yang direncanakan, terstruktur dan dilakukan secara berulang dengan tujuan untuk menjaga kesegaran, kebugaran dan meningkatkan kesehatan.

Ia menambahkan, kurangnya aktifitas fisik telah diidentifikasi menempati peringkat keempat faktor resiko penyebab kematian global. Olahraga yang dilakukan secara rutin dapat meningkatkan memori jangka pendek dan kecerdasan, ujar Rektor.

Lebih jauh Angelinus mengatakan, melalui turnamen Futsal ini, pihaknya juga ingin meningkatkan kemampuan dan skill, serta untuk menemukan bakat-bakat muda yang potensial guna mengharumkan nama sekolah, kampus dan juga daerah.

Dengan dimulainya turnamen Futzal pada hari ini lanjut Dr.Angelinus menghimbau, agar para anak muda selalu bersemangat dalam berolahraga, dan menjaga kekompakkan tim. Dia pun berharap agar pertandingan Futsal ini dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar, tandasnya.

Kepada para pemain, wasit, panitia penyelenggara dan juga para suporter, Rektor Unipa ini berpesan, agar dapat menjaga situasi yang kondusif dan memelihara hubungan persaudaraan, sehingga turnamen Nusa Nipa Cup I tahun 2022 ini dapat berjalan dengan tertib dan lancar serta tetap memperhatikan protokol pencegahan penularan kesehatan Covid-19, tutur Angelinus.

Dokter Clara Francis, salah satu wakil ketua Asosiasi Futsal Kabupaten (AFKAB) Sikka dalam sambutannya mewakili Ketua AFKAB Sikka, Femmy Bapa meminta kepada seluruh tim untuk selalu menjaga sportifitas dan semangat fair play dalam setiap pertandingan.

 

Menurutnya, bahwa turnamen ini akan menjadi perhatian bagi pihaknya untuk bisa melakukan seleksi pemain yang akan bertanding di ajang Porprov (Pekan Olahraga Provinsi NTT) yang sekiranya akan dilaksanakan pada bulan Agustus hingga September mendatang.

Selain meminta kepada seluruh tim untuk menjaga sportivitas dan fairplay, dokter Clara juga memberikan apresiasi kepada pihak Unipa selaku Panitia penyelenggara Turnamen Futzal Nusa Nipa Cup tahun 2022 ini.

Sementara itu ketua panitia, Christofel Oktavianus Nobel Pale, S.Pi.,M.Si kepada WahanaNews mengatakan, pertandingan Futzal  Nusa Nipa Cup yang sudah dimulai ini diikuti oleh 33 tim dari 28 SMK/SMA/MA  yang ada di Kabupaten Sikka.

Dalam turnamen ini, lanjut Riki Nobel sebutan akrabnya menjelaskan, panitia Futzal Nusa Nipa Cup berusaha untuk selalu mengikuti protokol kesehatan. Hal ini termuat dalam persyaratan pendaftaran, yang salah satunya adalah tim yang mendaftar harus melampirkan kartu vaksin tahap 2 baik pemain, official dan juga manager. Sedangkan penonton tidak dibuka untuk umum, serta beberapa aturan lainnya, tandasnya.

Lebih jauh ia juga menyampaikan, Turnamen Nusa Nipa Cup 2022 ini merupakan kompetisi Futzal tingkat SMA, SMK dan MA se Kabupaten Sikka yang diselenggarakan oleh Universitas Nusa Nipa berkoordinasi dengan Asosiasi Futsal Kabupaten (AFKAB) Sikka.

Adapun tujuan dari turnamen ini yakni, menjalin persaudaraan antar SMA/SMK/MA di Kabupaten Sikka; untuk mendukung program pemerintah, yakni meningkatkan potensi masyarakat dalam bidang olahraga; sebagai salah satu bentuk promosi Universitas Nusa Nipa; dan mewujudkan program kerja BEM pada Divisi Minat dan Bakat, ujar Dosen pada Fakultas Perikanan Unipa ini.

Ia berharap selain tujuan yang disebutkan, turnamen ini dapat menciptakan bibit-bibit yang profesional dalam mewujudkan output olahraga yang berkualitas. Hal ini tentunya dapat dicapai dengan maksimal bila terorganisir dengan baik melalui kompetisi yang sportif, ramah dan damai, tutupnya. 


Sumber: (https://ntt.wahananews.co/utama/dorong-kreatifitas-dan-sportifitas-pelajar-unipa-indonesia-gelar-turnamen-futsal-61fg6h9zo3/2#post_wahana)

Bagikan Berita

Bakti Nyata untuk Nian Tana