• info@nusanipa.ac.id
  • +62 382 22388
News Photo

Universitas Nusa Nipa Indonesia di Maumere, Adakan Kuliah Umum Virtual Bahas Kewirausahaan

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE - Universitas Nusa Nipa Indonesia di Maumere Kabupaten Sikka mengadakan kuliah umum secara virtual mata kuliah kewirausahaan. Kegiatan yang diikuti oleh semua mahasiswa dari tiap Program Studi ini dilaksanakan Lembaga Pengembangan, Pembelajaran dan Penjamin Mutu (LP3M), Sabtu 19 Februari 2022 pagi.

 

LP3M Universitas Nusa Nipa Indonesia, mengandeng mitra para praktisi muda yang sukses dalam dunia bisnis masa kini. Turut serta hadir secara online, Rektor Universitas Nusa Nipa Indonesia, para wakil rektor, para dosen pengampuh mata kuliah.

 

Universitas Nusa Nipa saat juga tengah fokus bergerak mendorong minat para generasi muda di kabupaten Sikka agar mampu menjadi Entrepreneur atau Berwirausaha.

Kuliah umum mata kuliah kewirausahan ini diikuti oleh 1800 mahasiswa dari 19 program studi semester 2 yang ada di Universitas Nusa Nipa Indonesia.

 

Kuliah umum ini menghadirkan narasumber yakni, yakni Ketua Umum KADIN NTT, Bobby Lianto,MM.,MBA dan Ketua Kadin kabupaten Sikka juga Dekan Fakultas Tenik Universitas Nusa Nipa indonesia, Harry Janto Japira, ST.,M.E.M.

 

Sekretaris LP3M Universitas Nusa Nipa Indonesia, Desi Maria El Puang, S.Pd., M.Pd dalam sambutannya menyampaikan, kuliah umum Kewirausahaan secara virtual melalui zoomeeting ini dengan menghadirkan praktisi untuk tujuan memotivasi mahasiswa terkait dampak positif kewirausahaan.


Maria
 menyebutkan praktisi ini juga memiliki pengalaman yang luar biasa di bidang wirausaha. Menurutnya, mata kuliah kewirausahaan merupakan mata kuliah wajib universitas yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan, keterampilan dan cara berpikir tentang kewirausahaan .

"Yang kami kaitkan dengan semangat Nusa Nipa yakni kreatif, inovatif, mandiri, dan tangguh, unggul, professional, peduli lingkungan, peduli social dan berwawasan global, serta local wisdom dan omniconectivity agar mahasiswa dapat mengintegrasikan aspek komersial dengan penyelesaian masalah sosial dan juga lingkungan hidup,"ujar Maria.

"Dengan kuliah umum yang menghadirkan praktisi ini, kami berharap mampu mendapatkan informasi mengenai kewirausahaan di NTT, potensi daerah, dan memberikan motivasi untuk para mahasiswa dalam berproses sehinggga dapat menghasilkan produk barang dan jasa yang layak serta mahasiswa dapat menjadikan kewirausahaan sebagai opsi untuk karir di masa yang akan datang. Selamat berproses para mahasiswaku sekalian," ungkapnya.

 

Kuliah Umum mata kuliah Kewirausahaan ini dimoderatori oleh Dimas Realino,SE.,MM yang dikemas dengan pola Daring ini menjadi 2 sesi dan bisa langsung berinteraksi (diskusi dan tanyajawab), oleh para mahasiswa.

 

Pemateri 1 Bobby Lianto,MM.,MBA dalam pemaparan materinya menuturkan, generasi muda harus disiapkan secara skill sehingga melahirkan entrepreneur untuk menjadi kebangkitan ekonomi Indonesia.

 

Menjadi entrepreneur seperti belajar membawa mobil harus terjun langsung ke dunia bisnis dan modalnya tidak harus uang yang menjadi utama tetapi kemauan keras yang dimulai dari ide, konsep, action, dan outcome. Lanjutnya, dampak positif menjadi wirausaha yakni kita dapat mempekerjakan orang lain dan mengubah nasib orang. "Bukan hal sulit yang membuat kita tidak berani, tapi ketidakberanian kitalah yang membuat hal menjadi sulit,"tegas Bobby. Sesi 1 pun berjalan dengan diskusi yang berlangsung alot bersama para mahasiswa.


Pada sesi ke 2 , Harry Janto Japira menyinggung pengalaman bisnisnya dan melihat kurangnya spirit entrepreneurship pada generasi muda Indonesia karena hambatan besar yakni pola pikir atau mindset.


Menurut Harry , entrepreneurship bukanlah profesi tapi mindset. Beragam masalah ini bisa diatasi dengan pola pikir yang produktif yang akan mampu memberi multi efect yang baik.

Harry juga berbagi solusi dalam menyikap persoalan ini, yaitu dengan fokus pada sistem pendidikan dan mindset Kewirausahaan. "Mimpilah yang besar dengan wujudkan melalui hal-hal kecil dan lakukanlah, jangan ditunda," Harry.

 

Sesi ke 2 pun mampu memberi stimulus kepada para peserta untuk merespon dengan berdikusi hingga akhir kegiatan ini.

Kegiatan kuliah umum mata kuliah kewirausahaan Universitas Nusa Nipa Indonesia berjalan lancar hingga usai. (Cr1).


Sumber: (https://flores.tribunnews.com/2022/02/19/universitas-nusa-nipa-indonesia-di-maumere-adakan-kuliah-umum-virtual-bahas-kewirausahaan)

Bagikan Berita

Bakti Nyata untuk Nian Tana