• info@nusanipa.ac.id
  • +62 382 22388
News Photo

Wisuda Angkatan Ke-15, Unipa Indonesia Persembahkan 573 Sarjana, Ini Datanya

POS-KUPANG.COM / MAUMERE-Universitas Nusa Nipa (Unipa) Indonesia kembali mempersembahkan 573 sarjana bagi masyarakat Flores, NTT dan Indonesia saat wisuda angkatan Ke-15 yang dilaksanakan secara virtual, Sabtu, 2 Oktober 2021 pagi.Pelaksanaan wisuda  secara online ini dalam rangka menekan

terjadinya penularan Covid-19.

 

“Kita tidak ingin situasi Level II Pandemi Covid-19 saat ini bergeser kembali ke level di atasnya. Dengan pertimbangan tersebut maka acara wisuda dilaksanakan secara Daring (Online). Namun tidak  mengurangi makna dari acara wisuda itu sendiri sebagai proses akhir dalam  rangkaian kegiatan akademik pada perguruan tinggi. Sehubungan dengan acara wisuda ini, perkenankan kami atas nama keluarga, maupun institusi dan seluruh civitas akademika Unipa Indonesia dengan penuh rasa syukur dan bangga, mempersembahkan 573 orang Sarjana dari 17 program studi,” ujar Rektor Unipa Indonesia, Dr.Ir.Angelinus Vincentius, M.Si dalam sambutan ketika wisuda online Unipa Indonesia, Sabtu, 2 Oktober 2021 pagi.

 

Ia merincikan, 573 sarjana yang lahir dari Kampus Unipa Indonesia terdiri dari S1 Keperawatan 56 orang, Teknik Informatika 31 orang, Teknik Sipil 19 orang, Arsitektur 4 orang, Pendidikan Guru Sekolah Dasar 71 orang, Pendidikan Fisika 3 orang, Pendidikan Bahasa Inggris 25 orang, Pendidikan Biologi 40 orang, Pendidikan Kimia 17 orang, Agroteknologi 23 orang, Agribisnis 27 orang, Hukum 4 orang, Manajemen Sumberdaya Perairan 26 orang, Ilmu Komunikasi 48 orang, Psikologi 15 orang, Akuntansi 57 orang dan Manajemen 107 orang.

“Kami ucapkan selamat kepada para wisudawan yang hari ini telah menuntaskan tugas sebagai mahasiswa. Semoga apa yang telah ditempuh mendapatkan  berkat dari Tuhan sehingga dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat dan bangsa.Thema acara wisuda ke-15 adalah

 

“Universitas Nusa Nipa Indonesia yang Tangguh, Kreatif dan Inovatif”.

Kampus Unipa yang kini telah bertransformasi menjadi Universitas Nusa Nipa Indonesia berjalan dalam pusaran waktu ingin memastikan bahwa perguruan tinggi ini harus tangguh secara manajerial. Dengan semangat ketangguhan, diharapkan perguruan tinggi terus beranjak dari level bertahan, dan kini Unipa berada pada level berkembang, sedang tinggal landas menuju level bersaing.

 

Kampus yang tangguh juga melahirkan Lulusan yang tangguh, kuat, tahan dan optimis bisa beradaptasi dalam berbagai situasi, tantangan dan kondisi yang buruk sekalipun,” ujar Rektor Unipa.

 

Ia menjelaskan, pencapaian Unipa saat ini menurut Webometrics Ranking on World Universities posisi bulan Juli 2021, UNIPA Indonesia berada pada ranking nomor 5 Terbaik dari antara 56 PT di Provinsi NTT.

 

Kampus UNIPA Indonesia juga menjunjung nilai-nilai kreatif dan inovatif. Kreatif adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata.

 

Sementara inovatif adalah kemampuan seseorang dalam menghasilkan karya baru. “Sebagai sebuah organisasi pembelajar, Kampus Unipa Indonesia telah meng-update kurikulum, menerapkan program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka dan menambahkan  mata kuliah baru yaitu Startup Digital dan Kewirausahaan, bekerja sama dengan Gerakan Nasional Startup Digital. Kampus Unipa telah mengambil bagian dalam pencapaian Visi “Indonesia Digital Nation 2025” yang dideklarasikan Presiden RI Bapak Ir. Joko Widodo. Kampus Unipa Indonesia juga berupaya mendorong investasi mahasiswa di pasar modal, dengan menggandeng Kantor Bursa Efek Indonesia dan PT. Phillip Sekuritas,” ujarnya.

 

Saat ini, lanjutnya, Unipa Indonesia mempunyai tenaga doktor 5  orang, kandidat doktor 12 orang. Dosen yang bergelar magister 205 orang dan calon magister 52 orang.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Nusa Nipa, Drs.Sabinus Nabu dalam sambutannya mengatakan, Universitas Nusa Nipa telah mencapai usia Dwi Windhu atau 16 tahun berdirinya Universitas Nusa Nipa.

 

“Kita telah memiliki progres yang sangat pesat dalam mengembangkan Universitas ini agar memiliki daya saing dan berkompetisi dengan perguruan tinggi yang ada di Propinsi dan di Negara kita.

Universitas Nusa Nipa terus dikembangkan agar dapat beradaptasi dengan perkembangn teknologi kekinian. Pencapaian kita terus meningkat dari waktu kewaktu semuanya ini berkat dukungan dari para mahasiswa dan orang tua. Sebagai Badan Penyelenggara kami akan terus meningkatkan kualitas Pengelolaan Penyelenggaraan Pendidikan pada Lembaga ini dengan terus memperhatikan kualitas dosen untuk studi lanjut dari jenjang S2 ke jenjang S3 dan para pengajar ke jenjang S2.

 

Saat ini Unipa telah memiliki 5 orang doktor dan 12 orang sedang dalam pendidikan doktor dan 48 orang sedang menyelesaikan pendidikan magister yang dibiayai semuanya oleh Yayasan Pendidikan Tinggi Nusa Nipa.

 

Disamping itu juga memberikan Beasiswa Pendidikan dari Yayasan bagi para mahasiswa miskin yang berprestasi, bisa bekerjasama dengan Pemerintah dan Lembaga Mitra BUMN untuk menyalurkan Beasiswa KIP (Reguler dan aspirasi beasiswa UKT) dari Kemendikbud Ristek Dikti, Beasiswa Bank Indonesia, Beasiswa Gubernur NTT, dan Beasiswa Pemkab Sikka. 


Selain peningkatan kualitas dosen dan pemberian beasiswa Yayasan Pendidikan Tinggi Nusa Nipa mengadakan perangkat multimedia yang dimanfaatkan untuk Seminar online (Webiner), Asesment Akreditasi Online, dan Rapat Bersama Perguruan Tinggi Dan Kemendikbud Riset Dikti juga termasuk wisuda hari ini serta Pengadaan Laboratorium Teknik Sipil dan Teknik Informatika serta pembangunan satu unit Puskesmas di Kota Maumere sebagai Darma Bakti Untuk Nian Tanah Sikka dalam rangka relokasi Puskesmas Beru,” paparnya.


Sumber : (https://kupang.tribunnews.com/2021/10/02/wisuda-angkatan-ke-15-unipa-indonesia-persembahkan-573-sarjana-ini-datanya)



Bagikan Berita

Bakti Nyata untuk Nian Tana