• info@nusanipa.ac.id
  • +62 382 22388
News Photo

Wisuda Periode II Tahun Akademik 2018/2019

Universitas Nusa Nipa Maumere kembali menggelar acara wisuda Sarjana pada Sabtu, 18 Januari 2020.Sebanyak 223 mahasiswa dari berbagai program studi diwisuda pada acara wisuda Sarjana angkatan 11 Periode 2 tersebut. Sejak berdiri pada 2005 lalu, Unipa telah menamatkan 4.258 alumni.

Berdasarkan hasil penilaian Senat Universitas Nusa Nipa terdapat tiga lulusan dengan prestasi akademik dan non akademik terbaik. Mereka adalah Claudia Jaynet Tamara Parera dari Program Studi Manajemen dengan IPK 3,90, Elok Fatikha Riyanto dari Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan dengan IPK 3,90 dan Paulina K. Ekarista dari Program Studi Teknik Informatika dengan IPK 3,88.

Jaynet, panggilan akrab Claudia Jaynet Tamara Parera , selama menjadi mahasiswi dia juga merupakan seorang wirausahawan muda yang bergerak di bidang bisnis online. Menurutnya, banyak hal yang dia dapatkan selama kuliah di Unipa.  

“Saya sangat gembira sekaligus gugup saat mengetahui bahwa saya menjadi salah satu wisudawan terbaik Unipa periode ini. Selama kuliah di Unipa banyak hal yang saya dapatkan, terlebih saya mengambil jurusan ekonomi dan berkaitan dengan bisnis dan usaha yang selama ini saya geluti. Selain suasana akademis yang mendukung, relasi mahasiswa dan dosen juga sangat baik, baik di dalam maupun di luar   kampus” kata Jaynet bersemangat.

                Perasaan bahagia dan ucapan terima kasih tidak hanya dirasakan dan disampaikan oleh para peserta wisuda, melainkan juga oleh para pihak keluarga wisudawan. Margaretha Endang, salah satu orang tua wisudawan menyampaikan kebanggaannya dan dukungannya baik untuk Unipa maupun untuk seluruh wisudawan Unipa.

“Kami merasa bangga dan sangat mendukung kemajuan Unipa dan juga wisudawan ke depan, agar mereka semakin berani untuk berwirausaha, karena tantangan dan peluang kerja  ke depan di Maumere masih kecil. Jadi harapannya teori-teori tentang kewirausahaan yang mereka dapatkan saat kuliah menjadi senjata untuk memacu keberhasilan mereka  di masyarakat”.

Rektor Universitas Nusa Nipa, Dr. Ir. Angelinus Vincentius, M.Si juga berharap agar para wisudawan mampu menyempurnakan ilmu yang telah mereka dapatkan selama menempuh pendidikan di Universitas Nusa Nipa. Pak Anje, sapaan akrab rector yang murah senyum ini berpesan pada seluruh wisudawan agar mereka  lebih dewasa menghadapi tantangan ke depan.

“Saya berpesan kepada seluruh wisudawan agar ke depan menjadi lebih matang setelah mendapatkan ilmu di kampus Unipa.  Wisudawan harus menyempurnakan apa yang telah didapatkan di Unipa dengan softskill dan mengembangkannya dengan sikap, keterampilan dan ilmu pengetahuan setiap hari, dan lebih dewasa lagi dalam menghadapi tantangan ke depan” pesannya di hadapan seluruh wisudawan.

            Acara wisuda kali terbilang cukup berbeda dibandingtahun-tahun sebelumnya. Berbagai kegiatan diselenggarakan menjelang wisuda, seperti Car Free Day yang diisi dengan olahraga senam serta pemeriksaan kesehatan dan psikotest gratis untuk masyarakat, Launching produk olahan ikan dengan merk Nipa Fish yaitu bakso ikan tuna, abon ikan, dan jus rumput laut, bakti sosial penanaman 1000 anakan sengon dan kegiatan kerja bakti bersih lingkungan kampus. Untuk membekali calon lulusan dengan wawasan terkait kewiirausahaan dan era disrupsi teknologi, Unipa juga menyelenggarakanseminar ilmiah dengan mendatangkan para alumni yang dinilai berhasil dalam berwirausaha dan mampu menyesuaikan diri seturut kemajuan jaman. Misa perutusan menjadi rangakain terakhir acara menjelang hari H.

Universitas Nusa Nipa sendiri merupakan salah satu perguruan tinggi swasta sedaratan Flores yang telah terakreditasi  B. Mengikuti perkebangan zaman, Unipa terus berbenah diri dengan berbagai inovasi yang terus dilakukan. Diantaranya dengan menerapkan paradigma baru pembelajaran dan menekankan penguatan kompetensi pedagogik dosen, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Selain itu  pembentukan dan penguatan karakter mahasiswa juga dilakukan melalui penghayatan nilai-nilai wajib di lingkungan kampus Unipa, kreatif, inovatif, unggul, peduli lingkungan, peduli sosial, berwawasan nasional dan global (rkartini)

Bagikan Berita

Bakti Nyata untuk Nian Tana