News Photo

Unipa Indonesia Vaksinasi Massal, Bupati Robby Beri Apresiasi

POS-KUPANG.COM, MAUMERE-Universitas Nusa Nipa (Unipa) Indonesia menggelar vaksinasi massal bagi masyarakat Kabupaten Sikka pada delapan puskesmas yang ada di daerah ini, Kamis, 9 September 2021 pagi. Pelaksanaan vaksin Covid-19 ini diberikan kepada warga dalam rangka percepatan vaksinasi guna pertumbuhan ekonomi warga ditingkatkan di masa pandemi ini.


Bupati Sikka,Fransiskus Roberto Diogo, S.Sos,M.Si saat memantau vaksin massal di Puskesmas Kopeta Maumere memberikan apresiasi khusus kepada Unipa Indonesia yang membantu mendukung pemerintah dalam percepatan vaksin di NTT dan Sikka. "Kegiatan hari ini berlangsung di delapan puskesmas, ini sungguh mempercepat. Rencananya, dalam 3 hari untuk menyelesaikan kurang lebih 5.000 vaksin kepada masyarakat Kabupaten Sikka.Saya sangat mendukung dan berterima kasih kepada Rektor Unipa Indonesia yang ikut membantu percepatan vaksinasi di Kabupaten Sikka," kata Bupati Sikka.

 

Ia mengatakan, pihaknya akan terus mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Sikka untuk mari bersama-sama mengikuti vaksinasi karena dengan pencapaian 70 persen maka Sikka sudah bisa mencapai herd Community sehingga masyarakat Kabupaten Sikka pada umumnya sudah bisa terlindungi. "Saya sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Unipa Indonesia yang bekerjasama dengan OJK, BI, REI, Dinas Kesehatan NTT, Pemkab Sikka, masyarakat Thionghoa di Maumere, staf khusus Presiden RI dan Kapolri melaksanakan vaksin bagi warga Sikka,' ujar Bupati Sikka.

 

Mengenai persentase pencapaian vaksinasi, Bupati Sikka mengatakan sudah mencapai 19, 9 persen. Bahkan dirinya juga sudah mengecek ketersediaan vaksin yang tersedia mencapai 6.000 lebih dosis vaksin yang merupakan kiriman dari OJK sehingga dalam 3 hari ke depan vaksin ini akan habis dipergunakan. "Saya sudah cek di Gudang Farmasi stoknya ada 6 ribu dan akan habis terpakai sehingga hari ini juga saya akan bersurat ke Dinas Kesehatan NTT mengirim lagi vaksin kepada Sikka," ujarnya.

 

Sementara itu, Rektor Unipa Indonesia, Dr.Ir.Angelinus Vincentius, M.Si kepada wartawan di Puskesmas Kopeta mengatakan, vaksinasi massal yang dilakukan Unipa Indonesia ini dalam rangka Dies Natalis Unipa Indonesia Ke-16 dan Wisuda Angkatan Ke-16 sehingga pihaknya ingin membantu warga dan pemerintah mempercepat proses vaksinasi.


"Vaksinasi massal ini berkat bantuan OJK, BI dan REI .Tujuan kami menggelar vaksinasi massal memulihkan kondisi kesehatan masyarakat dan ekonomi. Unipa Indonesia turut serta mendampingi masyarakat hidup sehat. Ada 6 ribu vaksin bagi warga. Selain itu, dari enam ribu itu ada seribu dari vaksin merdeka bagi kalangan kampus mulai dari dosen dan pegawai. Kami sampaikan terima kasih dan kami ingin pelaksanaan vaksin hari berlangsung dengan baik," paparnya.

 

Dokter Deby Abineno, Tim Pemantau Vaksin Provinsi NTT kepada wartawan mengaku senang karena tim dari Unipa Indonesia sangat siap dalam rangka pelaksanaan vaksin. Di mana data penerima vaksin diinput secara baik dan tidak membuat nakes mengurusi soal data. Pihaknya juga sudah memastikan kalau vaksinasi massal di delapan puskesmas ini tidak ada menimbulkan kerumunan dan klaster baru.

 

Pantauan POS-KUPANG.COM di Puskesmas Kopeta, jalannya vaksin dilakukan dengan penerapan prokes ketat dan dijaga aparat Polres Sikka. Semua proses mengikuti tahapan mulai dari registrasi hingga pemberian vaksin. Rektor Unipa Indonesia juga bersama Bupati Sikka dan Tim Pemantau Provinsi NTT hadir dan melihat langsung jalannya proses vaksinasi di Puskesmas Kopeta. Semua warga yang mengikuti vaksin tampak menjaga jarak dan memakai masker. Petugas nakes pun mengenakan APD saat bertugas.

 

Untuk diketahui, jelang pelaksanaan Dies Natalis Ke-16 dan wisuda angkatan Ke-15 Universitas Nusa Nipa (Unipa) Indonesia bekerjasama dengan Staf Khusus Presiden, Bank Indonesia, Polri, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Real Estate Indonesia, Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka  dan komunitas Tionghoa Maumere menyelenggarakan vaksinasi massal dengan quota terbatas.

 

Pelaksanaan vaksinasi ini dilakukan dalam mendukung upaya pemerintah Indonesia menangani pandemi Covid-19 melalui penguatan sistem imunitas komunitas masyarakat Indonesia (Herd Community). Pelaksanaan pemberian vaksin akan berlangsung tanggal 9-16 September 2021. Dengan lokasi vaksinasi dilaksankan di beberapa tempat yakni di Unipa Indonesia diperuntukan bagi mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan. Sedangkan untuk masyarakat Sikka lokasinya di Puskesmas Beru, Puskesmas Kopeta, Puskesmas Waipare, Puskesmas Wolomarang, Puskesmas Nelle, Puskesmas Koting dan Puskesmas Nita. 


Sumber:(https://kupang.tribunnews.com/2021/09/09/unipa-indonesia-vaksinasi-massal-bupati-robby-beri-apresiasi?page=1)

Bagikan Berita

Bakti Nyata untuk Nian Tana