News Photo

45 Tim SMA Bersaing di Unipa Science Competition 2019

POS-KUPANG.COM | MAUMERE - Utusan siswa/i dari 20 sekolah di Pulau Flores dan Lembata terlibat dalam Unipa Science Competition (USC) 2019 yang dimulai Jumat-Sabtu (25-26/10/2019) di Kampus Unipa, Kota Maumere, Pulau Flores.

Babak penyisihan pertama dan kedua, para peserta mengerjakan soal- soal menggunakan smartphone. Peserta yang lolos babak penyisihan kedua mengikuti kompetisi semifinal dan lima tim memperoleh nilai tertinggi berhak masuk ke final cerdas cemat dilaksanakan Sabtu (26/10/2019).

Ketua penyelenggara USC, Yohanes Sudarmo Dua, S.Pd,Mphys, menjelaskan peserta dari 20 sekolah tersebar pada 45 tim atau 110 peserta.Tuan rumah Sikka mengutus 14 sekolah, sisanya dari Ende, Nagekeo, Lembata dan Flores Timur.

Kompetisi ini, demikian Yohanes menyiapkan dan membekali peserta didik mengarungi revolusi industri 4.0. Salah satu cirinya adalah digitaliasi yang masif.

"Kami mencoba mengenalkan kepada peserta didik mengerjakan soal berbasis smartphone pada babak penyisihan satu dan dua. Sebelumnya, kami menerima pendafataran dari empat sekolah secara online," ujar Yohanes.

Yohanes mengharapkan kompetisi ini menciptakan atmosfer akademik dan semangat kompetisi yang sehat antarpeserta didik dan sekolah-sekolah di daratan Flores dan Lembata. Harapan lainnya, lebih mengenalkan kepada peserta didik dan masyarakat di Flores dan Lembata keberadaan program pendidikan di FKIP Unipa Maumere.

Rektor Unipa, Dr. Ir.Angelinus Vincentius, M.Si, mengatakan Unipa menyadari pentingnya literasi sains menyelenggarakan Science Competition 2019.

"Namanya kompetisi ada yang menang dan kalah. Pesan saya seluruh proses dilaksanakan secara jujur, transparan, profesional dan bermartabat," ujar Angelinus .

Pembukaan kompetisi dihadiri Wakil Rektor I, Dr.Gery Gobang,S,.Fil, MA, dan civitas akademika Unipa. (laporan reporter pos-kupang.com, eginius mo'a).


Sumber: (https://kupang.tribunnews.com/2019/10/25/45-tim-sma-bersaing-di-unipa-science-competition-2019)

Bagikan Berita

Bakti Nyata untuk Nian Tana