News Photo

Berfilsafat Bersama Anak, FKIP Unipa Maumere Siapkan Calon Guru Handal

POS-KUPANG.COM,  MAUMERE---Workshop “Berfilsafat Bersama Anak-Anak," menjadi salah  satu  terobosan menyiapkan  calon  guru  handal   dilaksanakan Fakultas Keguruan  dan  Ilmu Pendidikan (FKIP)  bersama Program Studi  Ilmu Komunikasi,   Universitas  Nusa  Nipa  (Unipa)  Maumere  di  Pulau   Flores,  Selasa (3/9/2019).

Narasumber Yeremias Lena S.S.,M.Hum.,M.Sc.,PhD cand,  dan  Febiana Rima Kainama.S.S.,M.Hum, mampu membangkitkan semangat  peserta mengikuti  workshop dibuka Dekan FKIP, Marianus Yufrinalis.S.Fil.,M.A, dihadiri  20  dosen dan tenaga pendidikan dari  FKIP  serta   para  mahasiswa dari program studi lain.

Workshop  ini  bertujuan memperkenalkan cara berfikir filosofi kepada para calon guru. Melatih calon guru melakukan penyelidikan filosofis sederhana. Melatih dan membiasakan para guru dengan kebiasaan skeptis, kritis, mengajukan pendapat  dan menghargai perbedaan pendapat. Selain juga  melengkapi  calon guru dengan keterampilan dasar filosofis yang dapat digunakan untuk pengembangan berfilsafat bersama anak-anak di SD kelak.

Model workshop  meliputi pelatihan   mengikuti ciklus modular, dengan modul pertama level dasar dilatih terlebih dahulu sampai modul terakhir level maju.

Setiap modul dapat terlaksana selama sekitar dua  jam. Sebaiknya setiap modul dilatihkan pada hari yang berbeda mengingat pentingnya jedah untuk internalisasi, pengerjaan tugas dan praktik.

Diharapkan   mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), mahasiswa dari fakultas lain dan para pendidik (dosen)  menaruh minat pada program berfilsafat bersama anak-anak atau program pengembangan demokrasi. (laporan  wartawan  pos-kupang.com,  eginius mo’a)

Sumber: (https://kupang-tribunnews-com.cdn.ampproject.org/v/s/kupang.tribunnews.com/amp/2019/09/03/berfilsafat-bersama-anak-fkipunipamaumere-siapkancalonguru-handal?amp_js_v=a6&_gsa=1&usqp=mq331AQHKAFQArABIA%3D%3D#aoh=16124086102802&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&_tf=Dari%20%251%24s&share=https%3A%2F%2Fkupang.tribunnews.com%2F2019%2F09%2F03%2Fberfilsafat-bersama-anak-fkipunipamaumere-siapkancalonguru-handal)

Bagikan Berita

Bakti Nyata untuk Nian Tana