News Photo

Universitas Nusa Nipa Gelar Pembekalan KKN Tahun 2024 Untuk 1046 Mahasiswa

HUMAS UNIPA,MAUMERE-Sebanyak 1046 Mahasiswa Universitas Nusa Nipa di Kabupaten Sikka mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang berlangsung selama 3 hari  yakni Senin 24-26 Juni 2024 yang berlangsung di aula Nawacita Kampus Universitas Nusa Nipa.

Rektor Universitas Nusa Nipa Dr. Jonas K. G. D. Gobang., S.Fil. MA  dalam sambutannya mengungkapkan selamat kepada 1046 Mahasiswa Peserta KKN UNIPA Tahun Akademik 2023/2024 yang akan melaksanakan KKN di Kabupaten Sikka dan Kabupaten Flores Timur.

Kata dia, KKN merupakan bentuk pengabdian  kepada masyarakat dengan tema sentral Inovatif, kreatif, Ekologis dan berkelanjutan.

"Tema yang kita yakini dapat menjadi inspirasi  dan membawa perubahan bagi ekosistem lingkungan hidup, untuk itu lakukan dengan kreatif dan  inovatif di desa atau kelurahan yang menjadi tempat anda KKN," ujarnya 

Ia berharap kepada mahasiswa KKN untuk mengikuti proses itu dengan sunguh-sungguh serta penuh keyakinan dalam melestarikan alam terutama sumber air, hutan, wisata alam, selain itu lakukan hal-hal lain yang bermanfaat sesuai displin ilmu yang anda miliki bagi masyarakat desa setempat.


Kuliah Kerja Nyata atau KKN merupakan kegiatan akademik yang dilakukan dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat oleh para mahasiswa dengan bimbingan dosen pembimbing lapangan, dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu. Kegiatan KKN ini menjawabi Indikator Kinerja Utama.

"Indikator Kinerja Utama yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman diluar kampus, yakni dengan membangun masyarakat desa dan proyek kemanusiaan.

Dikatakannya, manfaat Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk membina mahasiswa untuk menjadi seorang transformer, agent of change, motivator, fasilitator dan problem solving, dan memberikan pengalaman praktis bagi mahasiswa dalam melaksanakan program pemberdayaan masyarakat dengan melahirkan berbagai inovasi sesuai dengan bidang keilmuan. 

Sementara Kepala LP2M Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat Universitas Nusa Nipa  Teresia Elfi. S. Kep., Ns., M.Kep mejelaskan kegiatan KKN Tematik bertujuan agar mahasiswa mampu mengembangkan potensi sesuai bidang keilmuannya, bekerjasama antar disiplin ilmu dan lintas sektor.

Karya inovasi yang dihasilkan dari potensi yang ada di lokasi KKN  Wajib di publikasikan pada Jurnal pengabdian kepada masyarakat minimal terakreditasi sinta 6 dan Juga di publikasikan di media massa lainnya.


<!--[if !supportLineBreakNewLine]-->
<!--[endif]-->

Untuk diketahui,  jumlah Peserta KKN Tahun Akademik 2023/2024 sebanyak 1046 mahasiswa,  dari 7 (tujuh) Fakultas yang didukung oleh 17 (tujuh belas) Program Studi. 

Adapun waktu dan lokasi KKN-Tematik meliputi, KKN  Tahun Akademik 2023/2024 akan berlangsung dari tanggal 28 Juni sampai dengan tanggal 28 Juli 2024, KKN Tematik meliputi 2 Kabupaten, 6 kecamatan, Kebun Praktek dan Tambak perairan.

Empat kecamatan di wilayah Kabupaten Sikka yakni  Kecamatan Waiblama (7 desa), Kecamatan Talibura (20 desa), Kecamatan Alok (Kelurahan kota Uneng), Kecamatan Alok Timur (Kelurahan Beru) dan 2 Kecamatan di Kabupaten Flores Timur yakni Kecamatan Titehena (14 desa) dan Kecamatan Demon Pagong (7 Desa).

Masing-masing desa terdiri dari 20 sampai 21 mahasiswa, kebun praktek dan tambak masing-masing 15 mahasiswa.

Adapun rangkaian menjelang KKN ini meliputi:

Pembekalan, jalan sehat dan Misa perutusan mahasiswa KKN. Sedangkan pembukaan KKN  akan berlangsung pada 28 Juni 2024 di 2 Kabupaten meliputi 6 Kecamatan, kebun praktek dan tambak perairan.

Sedangkan Implementasi KKN Tematik akan berlangsung pada 28 Juni-28 Juli 2024.


Sumber: https://flores.tribunnews.com/2024/06/24/universitas-nusa-nipa-gelar-pembekalan-kkn-tahun-2024-untuk-1046-mahasiswa

Bagikan Berita

Bakti Nyata untuk Nian Tana