News Photo

Smansa Nubatukan Raih Juara 1 Nusa Nipa English Debate Championship

HUMAS UNIPA - Tim SMA Negeri 1 (Smansa) Nubatukan Kabupaten Lembata berhasil meraih juara 1 Lomba Debat Bahasa Inggris dalam ajang Nusa Nipa English Debate Championship (NEDC).

Juara dua hingga empat diraih SMAK Frateran Ndao Ende,  SMAK Frateran Maumere, dan SMAS Katolik Regina Pacis Bajawa.

Tim juri juga menetapkan John Paul Musa Thommbe peserta didik SMAK Frateran Ndao sebagai best speaker.

Lomba debat yang diselenggarakan oleh Prodi Bahasa Inggris Universitas Nusa Nipa (Unipa) Maumere melibatkan 19 SMA/SMK sedaratan Pulau Flores, Adonara, Solor dan Lembata. Lomba berlangsung di Aula Nawa Cita Unipa Maumere dari tanggal 17-20 Januari 2024.

Ketua Panitia Stefanus Igolois G. Uran kepada Ekora NTT mengakui, debat menjadi arena positif bagi peserta didik untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam berpikir kritis dan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris.

“Ajang debat juga untuk meningkatkan kepercayaan diri dan mengembangkan jejaring antar-sekolah dan Kampus Unipa dan juga memupuk rasa kebanggaan sebagai generasi bangsa,” ujar Igolois.

Ia berharap ajang debat mendorong peserta didik untuk terus bangkit dan memupuk semangat berprestasi tiada henti.

Lebih dari itu, Rektor Unipa Angelinus Vincentius, mengatakan lomba debat menjadi salah satu upaya untuk menjawab tuntutan global penguasaan Bahasa Inggris.

“Perguruan tinggi yang memiliki peran sentral dalam pengembangan SDM harus menyiapkan peserta didik untuk memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang memadai untuk menjawab tuntutan zaman,” kata Angelinus.

Dengan berdebat dalam Bahasa Inggris, tambah Rektor Angelinus, peserta didik dapat mengungkapkan ide, mengkaji persoalan, dan mampu memberikan solusi.

“Kemampuan Bahasa Inggris yang baik akan meningkatkan kemampuan komunikasi peserta didik dalam berinteraksi dengan masyarakat global. Sedangkan kemahiran dalam berargumentasi akan membentuk kemampuan peserta didik dalam memahami tantangan lingkungan secara objektif dan mengambil keputusan secara cerdas,” pungkasnya.

Sumber :https://ekorantt.com/2024/01/22/smansa-nubatukan-raih-juara-1-nusa-nipa-english-debate-championship/

Bagikan Berita

Bakti Nyata untuk Nian Tana