News Photo

Unipa di Sikka Gelar Kuliah Tamu Teknologi Tepat Guna dan Manajemen Budidaya Akuakultur

HUMAS UNIPA, MAUMERE - Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Universitas Nusa Nipa menggelar kuliah tamu dengan menghadirkan narasumber Dosen Akuakultur, Universitas Gadjah Mada, Dr. Ir. Ign Hardaningsih.

Kegiatan kuliah tamu dengan topik Teknologi Tepat Guna dan Manajemen Budidaya Akuakultur ini berlangsung di aula Nawacita Kampus Unipa, Kamis 2 November 2023. 

Pada kesempatan tersebut, Dosen Akuakultur, Universitas Gadjah Mada, Dr. Ir. Ign Hardaningsih, mengatakan perikanan budidaya saat ini memiliki tantangan yang sangat besar dimana tantangan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor yang terdiri dari tingkat budidaya, Wadah budidaya, Kuantitas dan kualitas air, Benih, Pakan, Panen dan Pemasaran.

Menurutnya, Untuk menyelesaikan tantangan tersebut maka perlu dipersiapkannya sumberdaya manusia (SDM) yang berkompeten dan memiliki keahlian di bidang akuakultur.

Ia mengharapkan kepada para dosen serta para mahasiswa untuk terus melakukan kajian kajian yang bersumber pada persoalan yang dihadapi oleh masyarakat, khususnya budidaya ikan, dimana kajian kajian yang dibuat akan sangat membantu masyarakat pembudidaya dalam meningkatkan kualitas hidup mereka.

Rektor Unipa, Dr. Ir. Angelinus Vincentius, M.Si, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kehadiran narasumber Dosen Akuakultur, Universitas Gadjah Mada, Dr. Ir. Ign Hardaningsih di kampus Unipa.

Angelinus mengatakan, kehadiran dosen dari UGM ini sebagai bentuk implementasi dari kerjasama antara UGM dan UNIPA di bidang Tridharma perguruan tinggi.

"Bentuk komitmen dalam kerjasama sebelumnya telah ditunjukan dengan UNIPA mengirim beberapa Dosen untuk melaksanakan studi S3 di kampus UGM," ujarnya Jumat 3 November 2023.

Sementara itu, Ketua program studi manajemen sumberdaya perairan Unipa, Yohanes Don Bosco Ricardson Minggo, S.P.i M.Si, menjelaskan kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan tambahan wawasan pengetahuan dalam mendukung proses belajar mengajar di lingkungan program studi manajemen sumberdaya perairan. 

Dkatakannya, Kuliah Tamu atau guest lecturer menjadi salah satu alternatif dalam menambah wawasan pengetahuan sumber Daya Manusia (SDM) baik dosen maupun mahasiswa. 

Kegiatan kuliah tamu ini dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan FTP3, Bapak/Ibu Dosen, serta seluruh mahasiswa program studi MSP dan Program studi Peternakan UNIPA.


Bagikan Berita

Bakti Nyata untuk Nian Tana