News Photo

Unipa Pamerkan Mie Coconut dalam LLDIKTI Fair 2023

Humas UNIPA – Universitas Nusa Nipa memamerkan inovasi terbarunya dalam bidang kuliner dan kewirausahaan berupa mie coconut atau mie kelapa.

Mie coconut atau mie kelapa bisa ditemui di stan Unipa Maumere dalam kegiatan LLDIKTI Fair yang digelar di halaman Universitas Muhammadiyah Kupang mulai Selasa 17 Oktober 2023 lalu.

Dosen prodi kewirausahaan, Dimas Realino, S.E., M.M., mengungkapkan, mie coconut terbuat dari kelapa. Inovasi ini dilakukan mengingat di Provinsi NTT kelapa menjadi komoditi yang memiliki potensi.

"Kami harus melakukan inovasi, karena di NTT sendiri potensi paling besar itu adalah kelapa. Dalam research, Kabupaten Sikka mampu menghasilkan berton-ton kelapa," ujar Dimas ketika ditemui POS-KUPANG.COM, Selasa 17 Oktober 2023 lalu.

Dimas menuturkan, dalam memproduksi mie coconut, pihaknya mengubah ampas kelapa menjadi tepung kelapa. Proses tersebut dilakukan secara manual dan tidak menggunakan mesin apapun sehingga membutuhkan waktu yang sangat lama.

Untuk pameran di LLDIKTI Fair ini, pihaknya membutuhkan waktu yang lama saat membuat ampas kelapa menjadi tepung kelapa, karena apabila prosesnya salah berarti teksturnya akan menjadi kasar.

Mie coconut ini telah diproduksi sejak bulan Februari dan telah dipamerkan dan dijual di kampus atau event-event UMKM lainnya. Harga jual mie coconut dibandrol dengan harga Rp 25 ribu per porsi.

Rektor Unipa, Dr. Ir. Angelinus Vincentius, M.Si., mengatakan selain menampilkan hasil karya kewirausahaan, dalam stand Unipa Maumere juga mengusung tema tentang digitalisasi dan kearifan lokal, memamerkan hasil-hasil dari kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari para mahasiswa. 

“Kami juga menampilkan hasil karya mahasiswa kami, ada sketsa wajah dari fakultas teknik, ada dari tes psikologi gratis, dan juga menampilkan desain karya-karya UMKM dari Universitas Nusa Nipa,” ujarnya.


Sumber: https://kupang.tribunnews.com/2023/10/19/unipa-maumere-pamerkan-mie-coconut-dalam-lldikti-fair-2023


Bagikan Berita

Bakti Nyata untuk Nian Tana