News Photo

UNIPA di Maumere Wisudakan 546 Mahasiswa, Rektor: Terus Belajar Ibarat Obor

HUMAS UNIPA,MAUMERE - Universitas Nusa Nipa (UNIPA)di Kota Maumere, Kabupaten Sikka, NTT kembali menggelar wisuda bagi 546 sarjana angkatan ke-22 tahun akademik 2022/2023 yang berlangsung di Auditorium Nawacita Kampus Unipa, Selasa 10 Oktober 2023 pagi.

Rektor Unipa Indonesia, Dr. Ir. Angelinus Vincentius, M.Si dalam sambutannya mengatakan, Universitas Nusa Nipa hingga usianya yang ke-18 telah menghasilkan 7.794 orang lulusan meliputi jenjang Sarjana, Profesi maupun Diploma.

Hal ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab UNIPA kepada bangsa dan negara Indonesia, khususnya dalam penyiapan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan berdaya saing.

Ia mengharapkan kepada wisudawan untuk jangan berhenti belajar, justru harus terus belajar agar Ilmu yang sudah Anda dapatkan di kampus akan tetap terasah, ibarat Obor yang terus dijaga agar tetap bernyala.

"Wisuda bukanlah purna tugas untuk berhenti belajar, justru Anda harus terus belajar agar Ilmu yang sudah Anda dapatkan di kampus ini akan tetap terasah, ibarat Obor yang terus dijaga agar tetap bernyala," jelas Rektor Unipa.

Ia mengatakan, sebagai generasi millineal berkarakter diharapkan mampu memanfaatkan peluang dan akses pekerjaan baru yang tidak dikenal sebelumnya dengan berbagai teknologi digital.

" sebagai alumni dan representasi UNIPA di masyarakat. Perilaku Saudara di masyarakat akan menjadi cerminan kampus ini. Hendaknya Anda selalu menjunjung tinggi nama baik almamater UNIPA dengan penuh integritas, berkomitmen, serta dapat memberikan feedback yang positif kepada almamater," ujarnya

Dijelaskannya, saat ini Universitas Nusa Nipa mengelola 22 program studi, yang terdiri dari 21 program sarjana dan 1 program pendidikan profesi.

Ia menuturkan dalam menghadapi persaingan yang sangat kompetitif dewasa ini, maka Universitas Nusa Nipa terus berkomitmen untuk mendukung kebijakan pemerintah, melalui Kemendikbud-ristek RI dan LLDIKTI Wilayah XV yaitu tentang peningkatan daya saing bangsa dan peningkatan mutu lulusan.

Dikatakannya, tahun ini dalam nuansa Dies Natalis ke-18 UNIPA dengan mengusung tema besar “Terus Melaju Kita Maju”, sebagaimana tema yang digunakan dalam perayaan HUT RI ke-78.

" Maknanya adalah semangat Universitas Nusa Nipa untuk terus melanjutkan perjuangan dan pembangunan SDM, tanpa kenal menyerah di hadapan segala rintangan yang dihadapi," ujarnya

Menurutnya tema ini mencerminkan semangat pantang menyerah dan tekad untuk turut serta memajukan bangsa dan negara.

Sementara itu, Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Tinggi Nusa Nipa, Drs. Sabinus Nabu, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak. Senat, Rektor dan jajarannya, para dosen, staf, dan karyawan Universitas Nusa Nipa yang telah berdedikasi untuk membantu lulusan Angkatan ke-22 ini mencapai prestasi akademik yang mumpuni, sehingga mereka dapat melangsungkan wisuda ini.

Ia pun menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Pusat, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI. Terima kasih kepada Bapak Kepala Lembaga Layanan DIKTI Wilayah XV, Prof. Adrianus Amheka.

Dan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi NTT dan Pemerintah Kabupaten Sikka. Tak lupa pula terima kasih kepada semua mitra UNIPA baik di dalam maupun di luar negeri, baik di level lokal, nasional maupun Internasional.

"Anda semua telah mengambil bagian secara nyata dan memberikan kontribusi bagi perkembangan Kampus UNIPA ini melalui berbagai aktivitas, teristimewa melalui Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)," ujarnya

Tak lupa, ia juga ingin mengucapkan terima kasih kepada para orang tua dan keluarga lulusan yang telah memberikan dukungan moral dan finansial selama perjalanan pendidikan putra-putri terbaik Anda di kampus ini.

Ia pun mengingatkan kepada lulusan bahwa kesuksesan tidak selalu datang dengan mudah. Ini adalah hasil dari kerja keras, ketekunan, dan komitmen yang tak pernah surut.

Dalam momen yang penuh harapan ini, mari kita juga menyadari betapa pentingnya menjaga bumi kita yang indah ini. Alam adalah warisan kita bersama, dan kita memiliki kewajiban untuk melindunginya.

Ia pun berharap lulusan ini akan terus mempraktikkan nilai-nilai yang telah mereka pelajari selama pendidikan mereka di sini, seperti integritas, kerja tim, dan etika kerja yang tinggi.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Rektor Universitas Nusa Nipa, Ketua Pengurus Universitas Nusa Nipa, Pejabat Bupati Sikka,Dandim 1603/ Sikka/, Polres Sikka , Kepala lembaga layanan pendidikan tinggi wilayah XV, wisudawan serta orang tua wisudawan

Sumber: https://flores.tribunnews.com/2023/10/10/unipa-indonesia-di-maumere-wisudakan-546-mahasiswa-rektor-terus-belajar-ibarat-obor

Bagikan Berita

Bakti Nyata untuk Nian Tana