News Photo

Lima Mahasiswa Unipa Magang di Redaksi Bisnis Indonesia

HUMAS UNIPA, Maumere  –  Lima  orang mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Nusa Nipa  menjalankan Program Magang  Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)  selama 4 bulan di Kantor Redaksi Media Bisnis Indonesia yang beralamat di Jl. K.H. Mas Mansyur No.12a, Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Kelima mahasiswa Unipa itu masing-masing, Maria Elfika Simplisia, Yulita Theresia Maghi, Andi Kristian Repi, Firdaus Yacob Bapang dan  Ernestina Jesica Toji.

Wakil rektor 1 Unipa, Dr. Jonas K.G.D. Gobang yang akrab di sapa Dr. Geri Gobang  yang mewakili rektor Unipa berkesempatan bertemu Pimpinan Redaksi Bisnis Indonesia, Maria Leli Benyamin di Kantor Redaksi Bisnis Indonesia.

Dalam pertemuan itu pihak Bisnis Indonesia menyambut baik program magang MBKM tersebut.

Sebelumnya Rektor Unipa, Dr. Ir. Angelinus Vincentius pernah datang mengunjungi kantor redaksi Bisnis Indonesia untuk menjalin kerjasama antara pihak Kampus Unipa dan pihak media atau pers dalam hal ini Bisnis Indonesia sebagai salah satu media nasional yang memiliki reputasi dan kredibel.

Hal ini didasar pada kemitraan dalam konteks pentahelix yang harus diupayakan adanya kolaborasi di antara lima unsur yakni pihak perguruan tinggi dengan  pemerintah, dunia usaha dan industri, komunitas masyarakat, dan media.

Konsep pentahelix ini lanjut Dr. Geri, menjadi penting untuk memajukan mutu lulusan dan kualitas pembelajaran mahasiswa. Selain di Bisnis Indonesia, sejumlah mahasiswa Unipa juga mengikuti program magang di Redaksi Pos Kupang di Kupang, ABF TV di Kupang, Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Provinsi NTT di Kupang, Tribun Flores di Maumere dan Ekora NTT di Maumere.

Dr. Geri menambahkan,  Selain Program Studi Agroteknologi,  Unipa juga mengirim mahasiswa magang ke kelompok-kelompok tani yang sukses di wilayah Kabupaten Sikka serta mengikutsertakan mahasiswa dan dosen dalam berbagai pelatihan dan lokakarya di berbagai tempat di tanah air.

Ternyata  program magang, Unipa juga mengirimkan sejumlah mahasiswa di Semester 5 dan 7 mengikuti program Pertukaran Mahasiswa di sejumlah perguruan tinggi ternama seperti Universitas Airlangga dan Unuversitas Pelita Harapan serta beberapa kampus di Aceh, Lampung, Kalimantan Timur dan Sulawesi.

Dr. Geri menjelaskan, bahwa sebagian mahasiswa dan Dosen Unipa lainnya mengambil program Kampus Mengajar,  baik sebagai peserta maupun sebagai dosen pembimbing lapangan. 

Menurutnya, Unipa Indonesia terus meningkatkan mutu pembelajarannya agar lulusannya berkompeten di bidangnya, memiliki daya saing dan terserap di dunia kerja bahkan mampu menciptakan lapangan kerja baru atau berwirausaha.

Dikatakannya, saat ini Unipa juga sedang dalam proses perubahan dari PTS menjadi PTN BH yang saat ini sedang berproses di Ditjen Dikti Kemendikbudristek RI.


Sumber : https://globalflores.com/2023/08/15/lima-mahasiswa-unipa-magang-di-redaksi-bisnis-indonesia/

Bagikan Berita

Bakti Nyata untuk Nian Tana