News Photo

Selamat Jalan Almarhum Yohanes Bare, S.Pd, M.Si Dosen Universitas Nusa Nipapa Artikel ini telah tayang di Tribunflores.com dengan judul Selamat Jalan Almarhum Yohanes Bare, S.Pd, M.Si Dosen Universitas

HUMAS UNIPA, Maumere - 4 Agustus 2023 Jam 14.35 Wita Jenazah Almarhum Yohanes Bare, S.Pd, M.Si tiba di Bandara Frans Seda bersama Pihak LPDP Kementerian keuangan yang diwakili Oleh Awal Ardiansya.

Jenasah Almarhum Yohanes Bare diterima secara langsung oleh Drs. Sabinus Nabu selaku Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Nusa Nipa dan Rektor Universitas Nusa Nipa, Dr. Ir. Angelinus Vincentius,M.Si serta seluruh Civitas Akademika Universitas Nusa Nipa, kemudian Jenazah Almarhum disemayamkan sejenak di pelataran Gedung Nawacita kemudian diserahkan ke keluarga di Rumah duka Kampung Garam-Kota Uneng dan dimakamkan pada 5 Agustus 2023.

Rektor Universitas Nusa Nipa Dr. Angelinus Vincentius, M.Si Dalam Sambutannya di pelataran Aula Nawacita Universitas Nusa Nipa Menyampaikan Yohanes Bare, S.Pd., M.Si meninggal pada 24 Juli 2023 di Jepang merupakan mahasiswa S3 di University of Tsukuba yang terletak di kota Tsukuba, Jepang, sebuah kota yang merupakan pusat ilmiah dan teknologi yang berkembang pesat.

Terletak sekitar 60 kilometer di sebelah timur Tokyo. Prestasinya sungguh luar biasa, Saudara Yohan berhasil mendapatkan beasiswa LPDP yang tentu saja proses seleksinya sangat ketat. Kami bangga. Bukan hanya tentang raihan beasiswa LPDP, tetapi juga tentang seluruh dedikasi, prestasi dan kinerja almarhum selama mengabdi di Kampus Universitas Nusa Nipa.

Teman-teman Dosen dan Para Mahasiswa UNIPA sering memposisikan almarhum sebagai teladan dan panutan dalam hal akademik.

Pilihan bidang ilmu S3 di Tsukuba menunjukkan betapa Saudara Yohan konsisten untuk mendalami kajian-kajian mengenai biologi molekuler.

Almarhum memilih Programme in Drug Discovery, yaitu kajian Biologi Sel Molekuler dan Imunologi yang mendalami aspek-aspek penting yang diperlukan untuk penemuan obat kontemporer, fokus pada imunologi, mencerminkan pemahaman yang berkembang tentang kontribusi bidang ini terhadap penyakit dan karenanya merupakan peluang baru untuk penemuan obat.

Topik Kontemporer dalam studi untuk penemuan Obat dan Toksikologi memberikan fokus pada perkembangan terkini dalam ilmu keamanan obat, dimana Saudara Yohanes Bare, S.Pd. M.Si telah memenangkan kesempatan untuk menyelesaikan proyek penelitian berbasis laboratorium toksikologi dan farmakologi penemuan obat.

Sebelum berangkat ke Jepang, sudah banyak publikasi ilmiah yang dihasilkan, sehingga Almarhum Yohanes Bare, S.Pd, M.Si menempati posisi ranking 1 di UNIPA dalam capaian publikasi ilmiah tertinggi, dengan SINTA Score 863, Scopus H-Index 2, dan Total Sitasi 753.

Riset-riset yang telah dipublikasikan antara lain penemuan struktur DNA dari bahan-bahan herbal untuk pengobatan diabetes melitus.

Namun betapa menyedihkan ketika saya membaca pesan WA dari Saudara Yohan tanggal 20 Juni 2023, isinya: “Bapa Ketua Yayasan minta saya untuk segera test gula darah, saya sudah test, dan hasilnya saya masuk tahap awal DM”.

Saudara Yohanes Bare, S.Pd., M.Si. juga pernah menjabat sebagai Ketua Program Studi Pendidikan Biologi. Saudara Yohanes Bare telah membantu mendorong Program studi Pendidikan Biologi meraih jumlah sitasi ilmiah dosen tertinggi di UNIPA.

Saudara Yohanes Bare juga telah mendorong capaian akreditasi mutu meningkat menjadi peringkat BAIK SEKALI sesuai hasil penilaian LAM-DIK (Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan).

Dan yang terbaru, prestasi almarhum Yohanes Bare, S.Pd. M.Si telah berhasil mengantarkan Universitas Nusa Nipa untuk pertama kali meraih peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah pada Periode I Tahun 2023, yaitu Jurnal SPIZAETUS – Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi meraih SINTA 4 mulai Volume 2 Nomor 1 Tahun 2021 sampai Volume 6 Nomor 3 Tahun 2025 berdasarkan Keputusan Dirjen Dikti-Ristek nomor 79/E/KPT/2023 tanggal 11 Mei 2023.

Untuk semua dedikasi yang telah diberikan, kami menyampaikan limpah terimakasih kepada Saudara Yohanes Bare, S.Pd. M.Si. Semua keteladanan akan tetap menjadi motivasi yang kuat untuk keluarga besar Universitas Nusa Nipa.

Selamat Jalan Saudara kami terkasih, putra terbaik Universitas Nusa Nipa, asal dari Kecamatan Tanawawo.

Sumber: https://flores.tribunnews.com/2023/08/05/selamat-jalan-almarhum-yohanes-bare-spd-msi-dosen-universitas-nusa-nipa

Bagikan Berita

Bakti Nyata untuk Nian Tana