News Photo

UNIVERSITAS NUSA NIPA MENGADAKAN PEMUTAKHIRAN REPOSITORY DENGAN NAMA NUSA NIPA PYX

HUMAS UNIPA - Maumere, Dalam sambutanya Rektor Universitas Nusa Nipa, Dr. Ir. Angelinus Vincentius, M.Si mengatakan Universitas Nusa Nipa yang berdiri sejak tahun 2005 selalu berupaya untuk mengikuti perkembangan teknologi salah satuya dalam bidang sistem informasi sebagai media penyimpanan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat.

Menurutnya, Sejak tahun 2014 Universitas Nusa Nipa menggunakan fitur yang disediakan oleh e-campuz dengan nama e-library yang kegunaanya menyimpan dokumen digital seperti hasil penelitian dosen namun karena keterbatasan dalam mengunggah dan mengakses dokumen digital pada layanan tersebut dibutuhkan sebuah sistem yang lebih unggul untuk mengelola kompleksitas dokumen digital yang semakin tinggi dan mendesak yang dikenal dengan nama repository.

" Repository merupakan suatu tempat dimana, dipelihara dan digunakan dengan mengaksesnya secara online. Repository adalah tempat dimana penyimpanan data, informasi atau dokumen digital berupa karya tulis yang dihasilkan oleh civitas akademik disimpan dan dipublikasi secara online," katanya

Lanjutnya, Repository ini bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas dan visibilitas karya tulis tersebut sehingga dapat diakses oleh masyarakat luas.

Pada tahun 2023, Biro Teknologi, Informasi dan Komunikasi melakukan riset dan pengembangan terkait website sistem informasi repository open source (e-prints).

"Sistem ini mampu mengelola dokumen digital yang kompleks dengan berbagai fitur dan keamanan yang ditawarkan sehingga memudahkan karena dapat diakses secara online oleh seluruh civitas akademika Universitas Nusa Nipa dengan hak akses pengguna yang telah ditentukan dan disepakati," jelasnya.

Dikatakannya, Secara Etimologis NUSA NIPA PYX terdiri dari kata Nusa Nipa dan Pyx. Nusa Nipa berarti pulau ular atau naga yang menjadi lokasi berdiri dan bertumbuhnya Universitas Nusa Nipa. Sedangkan PYX berasal dari bahasa latin yang merujuk pada kotak penyimpanan benda suci atau dianggap baik sehingga Nusa Nipa Pyx diartikan sebagai tempat baik untuk menyimpan seluruh dokumen hasil penelitian civitas akademika Universitas Nusa Nipa.

Lanjutnya, Untuk mengakses Repository Universitas Nusa Nipa dapat mengunjungi link www.repository.nusanipa.ac.id.

Sementara itu Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Tinggi Nusa Nipa Drs. Sabinus Nabu berharap Universitas Nusa Nipa terus berbenah diri dalam pencapaian agar terwujudnya visi Universitas dan UNIPA menjadi salah satu perguruan tinggi yang patut diandalkan di kawasan Indonesia Timur khusunya Provinsi Nusa Tenggara Timur dan dengan adanya repository semua penelitian, karya ilmiah terdata dengan baik dalam bentuk digital sehingga kita semua dapat mengaksesnya.

Turut hadir Wakil Rektor I Dr. Jonas K.G.D. Gobang, S.Fil.,MA, Wakil Rektor II Ranhard Sonny Tommy Antou S.T., M.Ars, Wakil Rektor III Dr. Andia Dekrita, SE.,MM, Para Dekan , Kaprodi, Sekprodi, Kepala Lembaga, Kepala Badan, Para Dosen dan Tendik Universitas Nusa Nipa.

Sumber: HUMAS UNIPA


Bagikan Berita

Bakti Nyata untuk Nian Tana