News Photo

Rektor Unipa: KKN Tematik TA 2022/2023 Mahasiswa Kampanyekan Kesadaran Ekologis dan Pelestarian Alam

HUMAS UNIPA, MAUMERE — Rektor Universitas Nusa Nipa Dr. Angelinus Vincentius, M.Si., dalam sambutannya menyampaikan pembekalan KKN Tematik UNIPA Tahun 2023 yang mengambil tema besar; “Selamatkan Bumi Kita dengan Green Lifestyle,”.

Terkait tema ini berangkat dari pemikiran sederhana bahwa manusia sebagai penghuni planet bumi, telah menerima anugerah ciptaan dari Tuhan yang Maha Kuasa, dimana manusia hidup dengan mengelola semua yang tersedia di bumi, namun sudah melampau batas daya dukung (carrying capacity), bumi mengalami deteriorasi atau kemunduran dan penurunan mutu, terancam rusak kerena kontaminasi fisik, kimia hingga radioaktif.

Bumi semakin hari semakin menurun kualitasnya, baik air, udara, tanah, hutan, laut, sungai, kebun, ladang, sawah, pekarangan, bukan kerena faktor alamiah tetapi terutama kerena pengaruh perilaku manusia.

Melalui gaya hidup ramah lingkungan yang harus dimulai dari sekarang, “Kalau tidak sekarang kapan lagi, dan harus mulai dari diri sendiri, kalau bukan kita siapa lagi,” kata Rektor Unipa dalam pidato pelepasan KKN, Senin (26/6/2023) di kampus UNIPA.

Mahasiswa akan turun ke lokasi KKN di 11 kecamatan dan 34 desa dan 6 kelurahan diberikan pembekalan, agar bisa menerima pemahaman mengenai KKN, termasuk dalam ranah pengabdian kepada masyarakat, melalui implementasi ilmu pengetahuan yang telah diperoleh.

“Keberagaman ilmu pengetahuan itu sendiri terlalu luas. Kita memfokuskan arah kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada tema khusus, yaitu kampanye kesadaran ekologis serta edukasi, demonstrasi, contoh, kaji terap serta keteladanan. Melalui KKN Tematik tahun ini, Unipa mau meningkatkan karya-karya yang menunjukan bagaimana tanggung jawab sosial yang diberikan kepada masyarakat yang berkekurangan, Unipa menawarkan solusi atas persoalan-persoalan dasar yang berkaitan dengan kesadaran ekologis, agar bisa keluar dari pola pikir (mindset) lama yang kurang peduli akan kelestarian alam,” terang Rektor Unipa.

Selain itu pada hari terakhir pembekalan ini, semua peserta pembekalan akan turun mengikuti acara jalan sehat sambil memungut sampah plastik yang bertebaran di jalan-jalan kota Maumere.

Adapun rangkaian acara pembekalan ini berlangsung selama 3 hari, dan pada hari terakhir semua akan turun mengikuti acara jalan sehat sambil memungut semua sampah plastik yang bertebaran di jalan-jalan di kota Maumere, tujuannya untuk memberikan contoh bagi warga masyarakat. Hal itu semacam teguran buat siapa saja yang belum tahu cara membuang sampah secara benar, dan terlebih untuk menanamkan, menumbuhkan sikap ekologis bagi civitas akademika Unipa.

“Selamat mengikuti acara pembekalan KKN ini. Moment ini tentu saja istimewa, karena biasanya mengikuti KKN adalah hanya terjadi satu kali dalam hidup. Persiapkan diri, berikan perhatian, jadikan acara ini prioritas,” pesan Rektor.

“Saat ini Anda semuanya sedang ditunggu oleh Pak Camat, juga Pak Kepala Desa dan Lurah. Yang pasti, Anda juga ingin tampil maksimal di hadapan warga masyarakat desa. Kami akan mengantar Anda ke desa pada hari Senin, 3 Juli 2023, dan kami akan menjemput kembali pada hari Selasa, 1 Agustus 2023. Jadikanlah bulan Juli ini sebagai bulan penuh kenangan di desa-desa, semoga Anda semua sukses,” tutup Rektor Angelinus.

Pembekalan KKN Tematik UNIPA tahun 2023 berlangsung di aula Nawacita Unipa, Jalan Kesehatan Maumere. Dihadiri Bupati Sikka  Fransiskus Roberto Diogo, S. Sos., M. Si.; Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Nusa Nipa, Drs. Sabinus Nabu; Wakil Rektor 1, Dr. Jonas KGD Gobang, S.Fil., MA.; Kepala LP2M, Theresia Elfi, S.Kep., Ns., M.Kep.; para Dekan; Wakil Dekan; Ketua Program Studi;  Kepala Lembaga; Kepala Biro; Kepala Bagian; Sekretaris Program Studi; para Dosen; Tenaga Kependidikan; Nara sumber tamu, Ir. Stephanus Agus Hartanto dari PDKK MKK Jakarta; para Dosen Koordinator Kecamatan (7 orang) dan Dosen Pendamping Lapangan (53 orang); para Mahasiswa peserta KKN Tematik UNIPA tahun 2023 sebanyak 850 orang.

Sumber : https://nusantarapedia.net/rektor-unipa-kkn-tematik-ta-2022-23-mahasiswa-kampanyekan-kesadaran-ekologis-dan-pelestarian-alam/2/

Bagikan Berita

Bakti Nyata untuk Nian Tana