News Photo

850 Mahasiswa Universitas Nusa Nipa ikuti Pembekalan KKN- Tematik

HUMAS UNIPA - Maumere, Senin 26 Juni 2023 bertempat di auditorium Nawacita Universitas Nusa Nipa diadakan kegiatan Pembekalan bagi 850 Peserta Kuliah Kerja Nyata ( KKN)  tahun akademik 2022/2023 selama 3 hari dimulai pada 26-28 Juni 2023 dengan mengusung Tema   “selamatkan Bumi kita dengan Green Lifestyle”. Adapun Pelaksanaan KKN Tahun akademik  2022/2023 dimulai pada 3 Juli hingga 1 Agustus 2023 di 11 Kecamatan dan 34 desa sert 6 kelurahan se Kabupaten Sikka.

Kegiatan KKN Tematik ini bertujuan agar Mahasiswa mampu mengembangkan potensi sesuai bidang ilmunya, bekerjasama antar disiplin ilmu yaitu ikut membantu program pemerintah dalam upaya menyelamatkan bumi selain itu penanganan stunting melalui pemberdayaan masyarakat dalam pemberian PMT balita stanting, edukasi kesehatan tentang penyakit rabies dll. Karya Inovasi yang dihasilkan mahasiswa KKN UNIPA  akan dipulikasikan pada jurnal pengabdian kepada masyarakat, media massa, HAKI serta dipublikasikan juga pada jurnal PKM BANITA Universitas Nusa Nipa. 

Turut hadir dalam Pembekalan KKN ini Bupati Sikka Fransiskusi Roberto Diogo, M.Si sekaligus memberikan materi berkaitan dengan pemenuhan hak-hak dasar oleh Pemerintah Kabupaten Sikka bagi masyarakat kabupaten Sikka  terutama dalam peningkatan kualitas di bidang pendidikan dengan peluang untuk dapat mengakses bantuan beasiswa bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga yang kurang mampu sejak tahun 2019 sampai dengan tahun 2023 dengan jumlah 2.284 Mahasiswa, bantuan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi sejak tahun 2020 hingga 2022 dengan jumlah 9.102 Mahasiswa, pemberian beasiswa bagi mahasiswa kedokteran dan calon dokter ahli. Bupati sikka juga menegaskan untuk memajukan kabupaten sikka yang memiliki banyak potensi sumber daya alam  ini membutukan sumber daya manusia yang unggul  sembari berharap peserta KKN UNIPA agar dapat  menjadi agen perubahan serta dalam mengikuti proses KKN tematik dengan aman dan lancar. 

Selain itu hadir pula Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Nusa Nipa Drs. Sabinus Nabu yang memberikan materi berkaitan Sustainable development goals atau (SDGs)tujuan pembangunan berkelanjutan yang merupakan kesepakatan pembangunan berkelanjutan berdasarkan hak asasi manusia dan kesetaraan untuk mendorong pembangunan sosial ekonomi dan lingkungan hidup. Selain itu Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Nusa Nipa juga memberikan motivasi kepada peserta KKN UNIPA supaya dapat mengembangkan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh supaya dapat memberikan dampak manfaat yang berkelanjutan  bagi masyarakat dengan bertindak sebagai transformer, agent of change, motivator, fasilitator dan problem solving  serta menjaga nama baik Universitas Nusa Nipa.  

Sementara Rektor Universitas Nusa Nipa  Dr. Angelinus Vincentius, M.Si dalam sambutannya menyampaikan  selamat datang untuk kita semua dalam acara Pembekalan KKN Tematik UNIPA tahun 2023 yang mengambil tema besar ‘Selamatkan Bumi kita dengan Green Lifestyle, terkait tema ini berangkat dari pemikiran sederhana bahwa manusia sebagai penghuni planet bumi telah menerima anugerah ciptaan dari Tuhan yang Maha Kuasa, dimana manusia hidup dengan mengelola semua tersedia dibumi namun sudah melampau batas daya dukung (carrying capacity), bumi mengalami deteriorasi atau kemunduran dan penurunan mutu terancam rusak kerena kontaminasi fisik, kimia hingga radioaktif, bumi semakin hari semakin menurun kualitasnya baik air, udara, tanah, hutan, laut, sungai kebun, lading, sawah, pekarangan bukan kerena faktor alamiah tetapi terutama kerena pengaruh perilaku manusia. Melalui gaya hidup ramah lingkungan yang harus dimulai dari sekarang, kalau tidak sekarang kapan lagi dan harus mulai dari diri sendiri, kalau bukan kita siapa lagi. Mahasiswa akan turun ke lokasi KKN di 11 Kecamatan dan 34 desa dan 6 kelurahan diberikan pembekalan, agar bisa menerima pemahaman mengenai KKN termasuk dalam rana pengabdian kepada masyarakat, melalui implementasi ilmu pengetahuan yang telah diperoleh. Keberagaman ilmu pengetahuan itu sendiri terlalu luas. Kita memfokuskan arah kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada temah khusus yaitu kampanye kesadaran ekologis serta edukasi, demonstrasi, conth, kaji terap serta keteladanan. Melalui KKN Tematik tahun ini, UNIPA mau meningkatkan karya-karya yang menunjukan bagaimana tanggungjawab sosial yang diberikan kepada masyarakat yang berkekurangan, UNIPA menawarkan solusi atas persoalan-persoalan dasar yang berkaitan dengan kesadaran ekologis, agar bisa keluar dari pola pikir (Mindset) lama yang kurang peduli akan kelestarian alam. Selain itu Pada hari terakhir pembekalan  ini semua peserta Pembekalan akan turun mengikuti acara jalan sehat sambil memungut sampah plastik yang bertebaran dijalan-jalan kota Maumere.  Diakhir sambutan Rektor UNIPA menutupnya dengan pantun : Nong Ganteng tidur pake kelambu, Lihat dari jauh kayak buaya kena pukat, paling keren Anak KKN UNIPA, terjun ke desa mengabdi untuk masyarakat.

Dalam pembekalan ini hadir juga Para Wakil Rektor, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNIPA, Para Dosen Pembimbing Lapangan, Tamu undangan dan Peserta KKN Tematik tahun akademik 2022/ 2023.

Sumber: HUMAS UNIPA

Bagikan Berita

Bakti Nyata untuk Nian Tana