News Photo

Universitas Nusa Nipa Pamerkan Sejumlah Produk Unggulan Mahasiswa di Ajang UNIPA EXPO 2023

HUMAS UNIPA – Universitas Nusa Nipa menggelar ajang UNIPA EXPO 2023 dengan memamerkan berbagai produk kreativitas mahasiswa yang berlangsung di Monumen Tsunami Maumere, Sabtu 03 Juni 2023.

Kegiatan tersebut juga dimeriahkan dengan beragam hiburan menarik, di antaranya tarian dan live musik yang dipersembahkan oleh mahasiswa/i Universitas Nusa Nipa.

UNIPA EXPO 2023 kali ini sekaligus dipadukan dengan pembukaan pendaftaran bagi calon mahasiswa/i baru secara gratis. Sejatinya kegiatan ini juga bertujuan menarik minat pelajar di Maumere untuk bergabung bersama civitas akademka UNIPA. Sehingga diharapkan hasil ide-ide kreatif mahasiswa tersebut menjadi daya tarik bagi calon mahasiswa baru.

Sekda Sikka Adrianus Firminus Parera, S. E, M.Si dalam sambutanya memberikan apresiasi. Ia berharap agar kegiatan UNIPA EXPO 2023 sejalan dengan rencana pengembangan ekonomi lokal Kabupaten Sikka untuk 20 tahun kedepan.

“Produk kita boleh harga kaki lima tetapi rasanya bintang lima, produknya biasa tetapi kemasannya luar biasa. Hal yang paling penting adalah promosi sehingga produk kita bisa dikenal kemudian dapat dibeli,” kata Adrianus.

Menurutnya, saat ini pemerintah terus mendorong bagaimana produk-produk UMKM terus berkembang. Dengan demikian ia berharap kepada mahasiswa untuk perlu membuat produk unggulan yang dapat menembus pasar.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa Maumere butuh keramaian yang dipenuhi dengan kegiatan produktif sehingga produk lokal dapat dinformasikan secara luas kepada masyarakat.

Ini menjadi dorongan yang luar biasa agar berkembangnya ekonomi Maumere. Kepada mahasiswa, kembangkan terus apa yang sudah diperoleh, dihasilkan dan terus kembangkan kreativitasnya sehingga produk-produk yang selama ini masih belum terealisasi bisa terus dikembangkan untuk mendorong ekonomi lokal maupun nasional,” tutup Adrianus.

Sekda juga menitipkan masa depan Maumere pada generasi muda khususnya mahasiswa UNIPA sebagai agen perubahan.

Sementara Wakil Rektor I Universitas Nusa Dr. Jonas K.G.D Gobang, S.Fil, M.A mengucapkan terimakasih kepada pemerintah kabupaten Sikka yang telah memberikan dukungan dan harapan atas pelaksanaan UNIPA EXPO pada tahun 2023.

Dr. Gery Gobang mengungkapkan bahwa UNIPA EXPO akan terus berbenah sehingga dapat menghasilkan produk unggulan sebagamana harapan pemda Kabupaten Sikka.

Ia menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi penting bagi civitas akademik untuk ikut serta dalam membangun dan menciptakan kemajuan Nian Tanah. Sehingga ia sangat mendukung mahasiswa untuk terus mengembangkan potensi dirinya, berinovasi dan kreativitasnya dalam berwirausaha.

“Kita dukung dengan memberikan fasilitas belajar, fasilitas pengalaman, dan fasilitas berkompetisi. Mengingat kewirausahaan itu sendiri perlu dilakukan dukungan dengan membangun sinergi, menciptakan iklim kewirausahaan, menumbuh kembangkan kewirausahaan,” ucap Warek I.

Dr. Gery Gobang dalam kesempatan itu juga meminta dukungan semua pihak agar upaya yang saat ini dilakukan Yayasan Pendidikan Tinggi Nusa Nipa dan Rektor UNIPA dapat menjadi Universitas Negeri berbadan hukum (PTN-BH) dapat diwujudkan dan menjadi Perguruan Tinggi Negeri berbadan hukum pertama sedaratan Flores.

Selanjutnya Fransiska, salah satu pengunjung yang menyempatkan diri hadir dalam UNIPA EXPO 2023 memberikan tanggapan yang positif. Menurutnya kegiatan ini tak hanya menghibur tetapi sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat betapa pentingnya menggunakan produk lokal.

Baginya UNIPA merupakan universitas yang mampu menciptakan insan-insan muda yang kreatif sebab berani menciptakan perubahan dengan menciptakan produk lokal yang berdaya saing.

Sumber: https://bulir.id/universitas-nusa-nipa-pamerkan-sejumlah-produk-unggulan-mahasiswa-di-ajang-unipa-expo-2023/

Bagikan Berita

Bakti Nyata untuk Nian Tana