News Photo

UNIPA Dorong Pembangunan Sumber Daya Manusia, Gelar Seminar Pembangunan Manusia di NTT dan Indonesia Emas 2045

Humas UNIPA – Universitas Nusa Nipa  mengadakan seminar nasional dengan tema “Pembangunan Manusia di NTT dan Indonesia Emas 2045” yang dilaksanakan di Auditorium Nawacita Universitas Nusa Nipa pada Jumad, 26 Mei 2023.

Peningkatan kapasitas dan kualitas suatu bangsa melalui pembangunan manusia yang unggul merupakan tugas bersama dalam menciptakan bangsa yang kuat dan negara yang makmur.

Melalui pembangunan manusia yang unggul dan berkualitas baik secara fisik dan mental akan berdampak positif tidak hanya terhadap peningkatan daya saing dan kemandirian bangsa, namun juga dalam mendukung pembangunan nasional.

Untuk mencapai manusia NTT berkualitas maka perlu diperhatikan aspek pendidikan yang unggul dan bermutu. Perlu perbaikan secara menyeluruh, terutama berkaitan dengan kualitas pendidikan, serta relevansinya dengan kebutuhan masyarakat dan dunia kerja.

Penyelenggaraan sistem pendidikan yang efektif dan efisien, berorientasikan pada penguasaan IPTEK serta merata di seluruh pelosok tanah air merupakan pintu masuk menuju bangsa yang kuat dan disegani oleh bangsa lain di dunia.

Rektor Universitas Nusa Nipa Rektor Dr. Ir. Angelinus Vincentius, M.Si., dalam sambutannya menyampaikan persoalan-persoalan sosial di NTT perlu dievaluasi, dibicarakan bersama sebagai bahan refleksi untuk mencapai pembangunan manusia di NTT dan Indonesia Emas 2045.

“Tujuannya agar menciptakan atmosfir akademik yang mendorong warga terpelajar agar dapat memahami bagaimana terciptanya pembangunan manusia di NTT dan Indonesia Emas 2045”, ucap rektor.

Sementara itu pemateri, Prof. Suwarsih Madya, M.A., Ph.D mengatakan bahwa untuk mencapai generasi Indonesia Emas 2045 maka perlunya mengupayakan pembangunan manusia serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Pembangunan manusia, serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi agar tercapai dapat dilakukan dengan pemerataan pendidikan rakyat secara merata, peningkatan peran kebudayaan dalam pembangunan, peningkatan derajat kesehatan dan kualitas hidup rakyat, dan reformasi ketenagakaerjaan sehingga dapat terciptanya pembangunan manusia di NTT dan Indonesia Emas 2045”, ungkap Suwarsih.

Lebih lanjut ia menambahkan, dalam menyambut era Industri 4.0 dan transformasi digital, perlu membekali generasi muda dengan pengembangan talenta digital melalui berbagai program diantaranya Gerakan Nasional Literasi Digital.

Upaya tersebut tentu saja membutuhkan kerjasama dari semua pihak khususnya keluarga dalam hal pemberian pendidikan dan keahlian sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh pemerintah.

Kesadaran serta semangat untuk terus meningkatkan kualitas diri dan daya saing juga diperlukan dari generasi muda yang merupakan agen pembangunan bagi bangsa ini.

Selain itu, diperlukan pengawasan dan evaluasi untuk memastikan program-program yang ada berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan memberikan dampak yang signifikan dalam meningkatkan produktivitas tenaga kerja khususnya generasi muda. Dengan pembangunan manusia yang berkualitas, target dalam pembangunan menuju Indonesia Emas, 2045 akan lebih mudah tercapai.

Turut hadir dalam seminar tersebut para Narasumber Guru Besar Pasca Sarjana Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta Prof. Suwarsih Madia, M.A., P.h, Co-Founder Policy Institute Dr. Amin Subekti, Dosen Filsafat IFTK Ledalero, P. Dr. Felix Baghi, SVD, Wakil Rektor 1 Universitas Nusa Nipa, Dr. Jonas K.G.D. Gobang, S.Fil., M.A.

Sumber: https://bulir.id/unipa-dorong-pembangunan-sumber-daya-manusia-gelar-seminar-pembangunan-manusia-di-ntt-dan-indonesia-emas-2045/

Bagikan Berita

Bakti Nyata untuk Nian Tana