News Photo

Kuliah Umum Prof. Akhsanul In’am, Ph.D Tentang Belajar merdeka dikampus merdeka di Universitas Nusa Nipa

HUMAS UNIPA, Maumere - Pada Rabu 17 Mei 2023  bertempat diaula Nawacita Universitas Nusa Nipa telah berlangsung Kuliah Umum  yang diselenggarakan oleh Fakultas  Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Nusa Nipa dengan materi  Belajar Merdeka dikampus Merdeka bersama Prof. Akhsanul In'am, Ph.D adapun Moderator oleh Hermus Hero, S.Ag.M.Pd. diikuti oleh para Dosen, Para Mahasiswa/wi.  Usai Kuliah Umum Prof. Akshanul In’am, Ph.D kemudian bertemu Rektor Universitas Nusa Nipa Dr. Ir. Angelinus Vincentius, M.Si. 

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIPA Marianus Yufrinalis  S. Fil.,MA dalam sambutan   nya menyampaikan bahwa Kedatangan Prof In'am ke  kampus Universitas Nusa Nipa ini adalah sebuah anugerah.  Untuk kesekian waktu, para dosen Prodi PGSD  hanya berkomunikasi dengan Prof  In'am menjelang penilaian Beban Kerja Dosen, tanpa ada interaksi langsung dengan  para dosen yang dinilai. tema  Kuliah Umum  ini, Belajar Merdeka dari Kampus Merdeka, mengisyaratkan bahwa semua insan civitas academika di FKIP Universitas Nusa Nipa, ingin menyelami lebih jauh bersama Prof In’am, seberapa besar dan seperti apa kemerdekaan belajar yang semestinya digaungkan (atau disemarakkan) oleh kaum intelektual di kampus ini ke seantero nusa bangsa bahkan dunia.

Untuk diketahui , kelima prodi di FKIP UNIPA saat ini sudah terakreditasi dengan peringkat BAIK SEKALI, suatu bukti bahwa negara memberi perhatian dan apresiasi kepada kesetiaan dan keseriusan  FKIP UNIPA untuk mendidik anak bangsa yang dititipkan selama ini. FKIP Universitas Nusa Nipa sesuai dengan spirit visi yang dijunjung, yakni Menjadi FKIP yang berkualitas, berkarakter, unggul dalam pengembangan IPTEKS dan budaya, melalui pelaksanaan Tri Darma PT serta mampu berkiprah di tingkat nasional, telah mengimplementasikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka sejak Tahun 2020/2021, sebagai wujud keikutsertaan dalam aktualisasi merdeka belajar secara nasional. Seiring perjalanannya pula, beberapa prodi di FKIP UNIPA mendapatkan hibah untuk pendampingan penyusunan dokumen kurikulum MBKM, yang mana kesempatan ini diperoleh Prodi PGSD pada tahun 2020 dan Prodi Pendidikan Kimia pada tahun 2021.Tidak hanya itu, keikusertaan mahasiswa  dalam program kampus mengajar dan Pertukaran Mahasiswa Merdeka semakin meningkat dari tahun ke tahun. Juga implementasi MBKM dalam kegiatan Asistensi Mengajar sebagai kesempatan berharga bagi mahasiswa untuk mengasah profesionalitasnya sebagai calon guru masa depan.

Sementara Prof. Akhsanul Ina'am, Ph.D mengawali materinya dengan berbagai kalimat  motivasi-motivasi bagi peserta kuliah umum yang  berkaitan dengan belajar Merdeka  dikampus merdeka. Pada kesempatan itu ia berharap untuk semua berpikir diluar out  the box selain itu diera digital kita wajib memiliki berbagai aspek yaitu Computation(kemampuan menyelesaikan masalah), Collaboration( kemampuan bekerja sama), compassion(rasa peduli), Critical thinking( berpikir lebih rasional), creativity and innovation(kemampuan menciptakan hal baru) dan communication(kemampuan berkomunikasi). Berkaitan dengan konsep kampus merdeka juga mencakup  pendidikan yaitu perkuliahan berbasis luaran,prosiding, dapat dilaksanakan lintas prodi/PT, Blended 40 %, luring 60%, cibergogy, Heutagogy.   penelitan mencakup skripsi dapat dimulai pada semester 5, berbasis artikel dan dapat ujian semester 6, karya ilmiah dosen kolaborasi dengan mahasiswa kemudian mengajar sekaligus meneliti dan pengabdian kepada masyarakat yang kita kenal KKN Dapat dilaksanakan mulai semester 3, berbasis luaran non fisik, kolaborasi dengan akivitas dosen, dapat dilaksanakan mandiri serta berkelompok. 

Selain itu juga   Ketua Panitia Kuliah Umum Yohanes Ehe Lawotan, S.IP,M.Pd, menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartipasi dalam menyukseskan kegiatan kuliah umum ini dengan menghadirkan Prof. Akhsanul Ina'am, Ph.D Direktur Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang.


Sumber: Humas UNIPA

Bagikan Berita

Bakti Nyata untuk Nian Tana