News Photo

UNIPA dan LLDIKTI XV Kupang Gelar Diskusi bersama Pelaku UMKM

Humas UNIPA – Maumere, Menjelang Wisuda,  Jumat 14 April 2023 bertempat di Hotel Go dilakukan dialog Peran Perguruan Tinggi dalam pengembangan usaha antara Kepala LLDIKTI Wilayah XV  Prof. Dr. Adrianus Amheka, S.T, M.Eng, bersama Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo, M.Si, bersama Ketua Team Penggerak PKK Kabupaten Sikka, Ibu Maria Cahyani Idong, S.Ikom., Ketua  Yayasan Pendidikan Tinggi Nusa Nipa Drs. Sabinus Nabu, Rektor Universitas Nusa Nipa (UNIPA) Dr. Ir Angelinus Vincentius, M.Si., Wakil Rektor, Dekan, Ketua KADIN Kabupaten Sikka Harry Janto Jepira, S.T., M.Eng. yang juga adalah Dekan Fakultas Teknik UNIPA, DUDI, Koperasi, Perbankan, dan Pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Kabupaten Sikka.

Diskusi lintas akademisi maupun pelaku usaha ini  dipandu oleh Rektor Universitas Nusa Nipa Dr. Ir. Angelinus Vincentius, M.Si kemudian dilanjutkan dengan berbagai pendapat/pandangan dari berbagai pihak baik dari Kepala LLDIKTI XV, Bupati Sikka, Yayasan PendidikanTinggi Nusa Nipa, Koperasi, Perbankan dan Pelaku UMKM serta DUDI.

Pada Pembukaan dialog Rektor UNIPA Dr. Ir. Angelinus Vincentius, M.Si memaparkan Program Pemerintah dalam model kurikulum pendidikan tinggi yaitu Merdeka Belajar Kampus Merdeka sebagai program pembelajaran yang bersentuhan dengan praktek lapangan, dalam pelaksanaanya mahasiswa dapat mengambil kuliah di luar program studinya bahkan di luar kampus untuk belajar dan menambah ilmunya sehingga perlunya. Dengan demikian perlunya kerjasama dengan berbagai pihak dalam hal ini dunia perbankan, koperasi, dunia industri maupun Pelaku UKM. UNIPA sudah ada Program Studi  Kewirausahaan yang selalu berkolaborasi bersama pelaku usaha lainnya untuk dapat mewujudkan jiwa entrepreneurship mahasiswa sehinga ke depan tidak mencari lapangan kerja tetapi dapat menciptakan lapangan kerja.

Dalam kesempatan itu Kepala LLDIKTI Wilayah XV Kupang Prof Dr. Adrianus Amheka, S.T, M.Eng menyampaikan bahwa kehadiran Perguruan Tinggi seperti UNIPA mendapat perhatian serius dari berbagai elemen baik Itu Pemerintah Daerah, Dunia Usaha/Dunia Industri, Kelompok masyarakat, LSM, organisasi keagamaan bahkan Filantropi yang perlu bahu-membahu untuk memajukan Pendidikan Tinggi karena Pendidikan Tinggi dirasakan sebagai satu-satunya cara formal dan paling revelan dalam memotong mata rantai kemiskinan terutama kemiskinan ekstrim, dan menciptakan masyarakat unggul berdaya saing.

UNIPA sebagai pusat kendali pengetahuan, inovasi, global engangement, transformasi pembelajaran, organisasi pembelajar dan berbagai hal yang melekat di UNIPA dan sekaligus menjadi branding penting budaya pendidikan di Kabupaten Sikka - Kota Maumere, tamdasnya

Dalam rangka menjaga koloborasi Pentahelix ini untuk berdaya guna tinggi sembari menjaga keberlanjutannya, maka penguatan peran Kemendikbudristek melalui kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) wajib mendapat perhatian melalui berbagai program yang ditawarkan antara lain Kampus Mengajar, Magang dan Studi Independent Bersertifikat (MSIB), Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Wira usaha Merdeka, Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), Praktisi Mengajar, dsb.

Tentunya berbagai skema program yang ditawarkan tersebut diharapkan UNIPA mengambil bagian dan bekontribusi kepada masyarakat Sikka dan Flores NTT melalui program/kegiatan yang ditawarkan di atas sembari menjaga kualitas pendidikan dan relevansinya terhadap pemasalahan bangsa. Selain itu untuk keberlanjutannya, kami dari Kemendikbudristek juga berharap berbagai pihak eksternal UNIPA yang adalah pemangku kepentingan sekaligus penerima manfaat untuk terus bahu-membahu memberikan dukungan terhadap UNIPA dalam menjaga ekosistem Pendidikan Tinggi untuk SDM Unggul melalui program/kegiatan inisiatif Kampus Merdeka Mandiri antara lain, Magang/Praktek kerja di DUDIKA, Proyek di Desa, Pertukaran Pelajar, Penelitian/Riset, Kegiatan Wirausaha, Studi atau Proyek Independent, Proyek Kemanusiaan, serta inisiatif lainnya dalam menjaga keberlanjutan ekosistem dimaksud.

Selanjutnya Bupati Sikka Fransiskusi Roberto Diogo, M.Si  menyampaikan Pemerintah Kabupaten Sikka menyampaikan apresiasi atas kehadiran Universitas Nusa Nipa (UNIPA) yang turut berperan dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia terutama Pengembangan sumber daya mahasiswa yang dapat  membuka lapangan kerja dengan menjadi Pelaku Usaha dan lain-lain. Sementara ini kita juga  terus menyiapkan berbagai beasiswa yang dapat diakses oleh Mahasiswa/wi  Universitas Nusa Nipa.

 Sementara Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Nusa Nipa Drs. Sabinus Nabu menyampaikan kehadiran UNIPA senantiasa memberikan efek positif buat kemajuan daerah. Kita juga akan mengembangkan berbagai usaha dalam bidang pertanian dengan budidaya bawang, jagung dan lain-lain yang dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa, bukan hanya belajar teori tetapi juga mengaplikasikan teori itu ketika berada di tengah masyarakat

Sumber : HUMAS UNIPA

Berita ini juga dimuat pada halaman LLDIKTI  :https://lldikti15.kemdikbud.go.id/berita-pt/kepala-lldikti-wilayah-xv-hadiri-diskusi-kolaborasi-pentahelix/

 

Bagikan Berita

Bakti Nyata untuk Nian Tana