• info@nusanipa.ac.id
  • +62 382 22388
News Photo

Mahasiswa Unipa Inisiatif Sendiri Pungut Sampah di Pesta Laut Pemana

MAUMERE-LENTERAPOS, Mahasiswa Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Nusa Nipa (Unipa) Maumere melakukan aksi pungut sampah, usai pesta laut yang dirayakan masyarakat Desa Pemana, merupakan atas inisiatif individu.

Demikian ditegaskan oleh Dosen Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Nusa Nipa, Yohanes Don Bosco R.Minggo saat ditemui lenterapos, Kamis 17 Oktober 2019 di Kabupaten Sikka.

“ Kegiatan pungut sampah itu inisiatif individu dari adik-adik mahasiswa kita dalam mendukung kegiatan pesta laut Pemana ,” katanya.

Ia mengatakan, ada sekira 20 mahasiswa yang melakukan aksi pungut sampah tersebut.

“Jumlah sampah plastik yang terkumpul sekitar lima karung plastik yang ukuran 50 kilogram,” ujarnya.

Rikson sapaan akrabnya mengapresiasi langkah yang dilakukan mahasiswa tersebut.

Menurut dia, apa yang dilakukan mahasiswa adalah bagian dari implementasi dari mata kuliah pendidikan karakter yang diampu oleh mahasiswa yang berada di Unipa ini.

Perlu diketahui, pesta laut Pemana merupakan budaya warisan leluhur nenek moyang dari Buton sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena telah banyak memberikan rezeki kepada nelayan dalam kurun waktu tertentu.

Kegiatan pesta laut Pemana ini juga sebagai perekat silaturahmi antara sesama nelayan dan juga kepada pemerintah.

Tema yang diusung tahun ini yaitu “Dengan Pesta Laut,Kita Tingkatkan Rasa Persaudaraan Antar Sesama Nelayan Untuk Menjaga dan Melestarikan Laut” karena para nelayan sadar betul bahwa kehidupan anak cucu mereka masih sangat tergantung dari laut sehingga mereka punya kewajiban untuk menjaga laut.

Selain itu juga sebagai moment untuk berbagi pengetahuan tentang pentingnya menjaga dan melestarikan laut sebagai sumber penghidupan mereka.

Sumber: (http://lenterapos.com/mahasiswa-unipa-inisiatif-sendiri-pungut-sampah-di-pesta-laut-pemana/)

Bagikan Berita

Bakti Nyata untuk Nian Tana