News Photo

Unipa Telah Layak Menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum

Humas UNIPA - Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Nusa Nipa, Drs. Sabinus Nabu mengatakan Unipa telah layak menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH).

Dikatakannya, Unipa  sedang memasuki  babak baru perubahan status menjadi PTN BH. Hal ini sesuai dengan hasil audiensi dengan sejumlah tokoh dan pejabat tinggi negara.


Mulai dari audiensi dengan Direktur Kelembagaan, Dr. Lukman pada Selasa, 28 Maret 2023 di Gedung D Lantai 6.

Dalam audiens tersebut, Dr. Lukman menegaskan bahwa jika mendapat instruksi dari Bapak Presiden RI maka secepatnya hal-hal teknis perubahan status Unipa menjadi PTN dapat ia kerjakan.


Selanjutnya Pada Rabu, 29 Maret 2023, Bupati dan Wakil Bupati Sikka, Ketua Badan Penyelenggara, Rektor Unipa dan Senat Unipa beraudiensi dengan Ketua Komisi X DPR RI, Bapak Syaiful Huda didampingi anggota DPR RI asal NTT, Dr. Andreas Hugo Parera (AHP).

Dalam pertemuan itu, Ketua Komisi X DPR RI  apresiasinya yang tinggi serta penghargaan atas upaya yang dilakukan oleh Yayasan dan Pemerintah Kabupaten Sikka untuk memperjuangan penegerian Unipa.

"Ketua Komisi X DPR RI berinisiatif mempertemukan kami dengan Dirjen Dikti, Prof. Nizam yang sedang mengikuti sidang dengan Komisi X di Gedung Nusantara I. Di tengah kesibukan itu, Prof. Nizam bertemu dengan kami dan dari mulut Dirjen Dikti lah disampaikan bahwa Unipa dapat menjadi PTN BH. Bahkan Dirjen Dikti lantas meminta nomor HP kami selaku Ketua Badan Penyelenggara agar memudahkan komunikasi dalam persiapan penegerian Unipa," kata Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Nusa Nipa, Drs. Sabinus Nabu, dalam sambutannya dalam rapat senat terbuka di Auditorium Nawa Cita Unipa Maumere, Sabtu 15 April 2023.


Selanjutnya Pada hari Jumat, 31 Maret 2023, pukul 11.30 WIB kami bersama Bupati Sikka dan ibu serta Ketua Pembina Yayasan, Rektor dan Senat Unipa berkesempatan untuk bertemu langsung Menteri Sekretaris Kabinet Indonesia Maju di ruang kerjanya.


 Bapak Dr. Pramono Anung sangat antusias menerima dan langsung mengambil langkah dengan memanggil Dirjen Dikti yang dijadwalkan pada Senin, 3 April 2023. Hasil dari pertemuan antara Menteri Sekretaris Kabinet dan Dirjen Dikti adalah Unipa segera diproses menjadi PTN BH.


 Bapak Dr. Pramono Anung sangat antusias menerima dan langsung mengambil langkah dengan memanggil Dirjen Dikti yang dijadwalkan pada Senin, 3 April 2023. Hasil dari pertemuan antara Menteri Sekretaris Kabinet dan Dirjen Dikti adalah Unipa segera diproses menjadi PTN BH.

Terdapat 13 dari 19 Program Studi telah meraih peringkat Akreditasi BAIK SEKALI oleh BAN PT maupun oleh LAM PT.

" Itu berarti 9 kriteria seperti yang disyaratkan telah mencapai Indikator Kinerja Utama dan bahkan telah melampaui standar DIKTI dengan tercapainya Indikator Kinerja Tambahan," ujarnya

UNIPA juga telah memiliki relevansi antara Visi, Misi, dan Tujuan yang berlandaskan standart SN DIKTI dan Standar Pendidikan Tinggi yang ditetapkan oleh perguruan tinggi dengan persetujuan Yayasan sebagai badan penyelenggara.

" saya ingin menyampaikan hasil studi kelayakan sehingga UNIPA dapat bermetamorfosis menjadi PTN BH. Kekuatan yang dimiliki oleh UNIPA adalah komitmennya yang tinggi untuk menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, taat asas dan terus berakselerasi dalam peningkatan kapasitas dan kapabilitas dosen," katanya

Jumlah Dosen Tetap UNIPA saat ini 327 orang. 300 dosen bergelar S2, memiliki NIDN dan jabatan fungsional mulai dari Asisten Ahli dan Lektor. Terdapat 27 orang Dosen berjenjang S3 dengan jabatan fungsional Lektor dan Lektor Kepala.


Dua tahun lagi dan tahun-tahun yang akan datang dari Rahim UNIPA akan lahir guru-guru besar. Kekuatan ini tentu dapat kita maksimalkan untuk meningkatkan klaster perguruan tinggi melalui hasil-hasil publikasi ke berbagai jurnal nasional dan internasional.

Hasil-hasil riset dosen dan mahasiswa yang dipublikasikan di jurnal nasional dan internasional baik yang terindex Sinta maupun Scopus secara signifikan terus meningkat dari waktu ke waktu. Demikian juga prestasi mahasiswa UNIPA yang diraih di berbagai kompetisi di tingkat nasional maupun internasional terus meningkat. Demikian pun kerja sama dengan dunia usaha dan industri serta lembaga mitra lainnya.Bahkan Dekan Fakultas Teknik UNIPA terpilih menjadi Ketua Kamar Dagang dan Industri Kabupaten Sikka.

Syarat lainnya terkait tata kelola intitusi terbilang baik dengan prinsip akuntabilitas, transparansi, efektivitas, efisiensi, nirlaba dan taat pada peraturan perundang-undangan dalam pengelolaan perguruan tinggi, periodisasi, akurasi dan kepatuhan waktu dalam penyusunan dan penyampaian laporan akademik dan nonakademik.


Sumber: https://flores.tribunnews.com/2023/04/15/unipa-indonesia-telah-layak-menjadi-perguruan-tinggi-negeri-berbadan-hukum?page=2

Bagikan Berita

Bakti Nyata untuk Nian Tana