News Photo

Lepas 314 Wisudawan, Rektor Unipa: Knowledge, Skills, dan Psikomotorik Sebagai Capaian dari Proses Belajar

HUMAS UNIPA  - Universitas Nusa Nipa kembali menggelar rapat senat luar biasa terbuka dengan melepaskan 314 Wisudawan angkatan ke - XVII periode 1 Tahun Akademik 2022/2023 yang berlangsung di Auditorium Nawacita Universitas Nusa Nipa, Sabtu, 15/4/2023 Sore.

Dalam arahannya, Rektor Universitas Nusa Nipa, Dr. Ir. Angelinus Vincentius, M.Si mengatakan nilai Indek Prestasi Kumulatif bukanlah menjadi sebuah patokan dalam pembelajaran di Perguruan Tinggi melainkan belajar untuk hidup.

" Mahasiswa belajar bukan hanya untuk meraih nilai IPK yang menjadi standar umum Perguruan Tinggi, melainkan terutama untuk hidup (Non scholae sed vitae discimus)," katanya

Dijelaskan Rektor bahwa seorang mahasiswa tidak hanya mengandalkan ijasah yang diperolehnya untuk bersaing di era globalisasi seperti saat ini tapi bagaimana dia harus menerapkan ilmu pengetahuan yang diperolehnya di bangku kuliah untuk ditindaklanjuti di lapangan.

" Bahwa yang lebih penting adalah bagaimana ilmu-ilmu yang diperoleh mahasiswadijadikan modal paling utama untuk kehidupannya kelak; Ilmu tersebut menjadi sandaran utama dalam mengembangkan entrepreneurship," jelasnya

" Banyak orang sukses sebagai pekerja atau pengusaha, tidak hanya karena memiliki nilai IPK yang tinggi, melainkan juga karena memiliki knowledge, skills, dan psikomotorik sebagai capaian dari proses belajar, disertai karakter ulet, daya juang, komitmen yang teguh dan fokus untuk terus maju," tambahnya lagi.

Kesempatan yang sama Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Tinggi Nusa Nipa, Bpk. Drs. Sabinus Nabu menegaskan bahwa pihaknya terus mendorong agar Unipa  terus berlari lebih cepat untuk meraih prestasi dan capaian yang belum diwujudkan.

" UNIPA mampu berdaya saing dan menghasilkan lulusan yang berkualitas dan peka merawat dan menyelamatkan kehidupan di muka bumi ini," tegasnya


" Yayasan selaku Badan Penyelenggara selalu melakukan langkah strategis untuk menggerakkan pihak Universitas Nusa Nipa dalam menghasilkan lulusan yang berkompeten dan berdaya saing serta memiliki kepekaan terhadap upaya menyelamatkan bumi dari berbagai macam krisis, baik krisis pangan dan energi maupun krisis moral dan etika," tambahnya lagi

 

Sementara itu, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XV Kupang, Prof. Dr. Adrianus Amheka, ST., M.Eng mengatakan Saat ini Pendidikan Tinggi memegang peranan penting sebagai nadi pembetuk SDM unggul tahun 2045. Pendidikan Tinggi yang mencetak produk-produk unggulan bukan hanya dari sisi Tridarma namun produk unggulan yang terpenting adalah output mahasiswa yang diwisuda dan siap berkontribusi bagi Nusa dan Bangsa.

" Suatu dilematis yang terjadi manakala Perguruan Tinggi tindak memberikan kontribusi positif bagi kebutuhan Nusa dan Bangsa (masyarakat). Namun hari Unipa telah mendukung dan memberikan arti penting bagi pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sikka pada umumnya dan Kota Maumere secara khusus," tandasnya.


Untuk diketahui ke - 314 orang Sarjana yang diwisuda kali ini berasal dari 17 program studi, dengan perincian : S1 Keperawatan 12 orang, Teknik Informatika 24 orang, Teknik Sipil 15 orang, Arsitektur 3 orang, Manajemen Sumberdaya Perairan 24 orang, Agribisnis 7 orang, Agroteknologi 10 orang, Psikologi 9 orang, Ilmu Komunikasi 19 orang, Akuntansi 57 orang, Manajemen 34 orang, Pendidikan Guru Sekolah Dasar 45 orang, Pendidikan Fisika 3 orang, Pendidikan  Kimia 5 orang, Pendidikan Biologi 25 orang, Pendidikan Bahasa Inggris 13 orang, Hukum 9 orang.


Turut Hadir pada kesempatan ini Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XV Kupang, Prof. Dr. Adrianus Amheka, ST., M.Eng, Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, S.Sos., M.Si, Ketua DPRD Kabupaten Sikka, Donatus David, SH, Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Tinggi Nusa Nipa, Drs. Alexander Longginus dan Bpk Drs. Yoseph Ansar Rera.

Sumber: https://www.suaraburuh.com/pendidikan/5358478290/lepas-314-wisudawan-rektor-unipa-knowledge-skills-dan-psikomotorik-sebagai-capaian-dari-proses-belajar?page=2

Bagikan Berita

Bakti Nyata untuk Nian Tana