News Photo

314 Mahasiswa Unipa Ikut Wisuda Angkatan XVII Periode I Tahun Akademik 2022/2023

HUMAS UNIPA - Universitas Nusa Nipa (UNIPA) di Kabupaten Sikka Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar rapat senat terbuka wisuda Angkatan XVII Periode I Tahun Akademik 2022/2023.

Wisuda angkatan ke-17 periode ke-1 ini mengusung tema “Merdeka Belajar, Daya Saing dan Ikhtiar Selamatkan Bumi” berlangsung di Auditorium Nawa Cita Maumere, Sabtu 15 April 2023. Sebanyak 314 orang Sarjana yang mengikuti?acara tersebut dari 18 program studi.

Rektor UNIPA, Dr. Ir. Angelinus Vincentius, M.Si, dalam sambutannya mengatakan, Universitas Nusa Nipa dalam usia lebih dari 17 tahun telah menghasilkan 6.848 orang lulusan sarjana, diploma, dan profesi, yang kini telah menekuni berbagai bidang pekerjaan termasuk berwirausaha.

"Kami ucapkan Selamat kepada para wisudawan, semoga ilmu yang telah diperoleh dapat dikembangkan dan bermanfaat untuk kebaikan bersama, semoga mendapatkan berkat dari Tuhan Yang Maha Kuasa dan segenap keluarga wisudawan, karena segala dukungan, perjuangan, kerja-keras dan doa Bapak–Ibu sekalian telah berhasil menghantarkan putra-putrinya meraih kesuksesan," ujarnya Ia mengatakan tema Merdeka Belajar menjelaskan tentang program persiapan karier masa depan di Universitas Nusa Nipa, dimana mahasiswa diberi kemerdekaan untuk memilih jenis mata kuliah sesuai passion-nya.

Hal ini selaras dengan kebijakan Kemendikbud-Ristek tentang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), dimana Universitas Nusa Nipa menggaris-bawahi, Mahasiswa belajar bukan hanya untuk meraih nilai IPK yang menjadi standar umum Perguruan Tinggi, melainkan terutama untuk hidup (Non scholae sed vitae discimus).

Dikatakannya yang lebih penting adalah bagaimana ilmu-ilmu yang diperoleh mahasiswa dijadikan modal paling utama untuk kehidupannya kelak; Ilmu tersebut menjadi sandaran utama dalam mengembangkan entrepreneurship.

Universitas Nusa Nipa termasuk dalam kelompok Perguruan Tinggi terdepan di NTT dalam mengimplementasikan MBKM, antara lain UNIPA memenangkan hibah bersaing program Kampus Mengajar secara Nasional tahun 2021-2023 sebanyak 128 mahasiswa dan 81 dosen, Program Pertukaran Mahasiswa diraih oleh 7 mahasiswa dan dosen, Program Kewirausahaan diraih oleh 19 mahasiswa dan dosen.

Ia berharap wisudawan menjadi Insan pembelajar sepanjang hayat, mampu mengembangkan daya pikir kritis, kreatif, kolaboratif, komunikatif tanpa menanggalkan nilai-nilai karakter nusa nipa.

"Setelah momentum wisuda, anda akan diuji di dunia kehidupan nyata meliputi aspek kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial, sikap dan tata nilai. Karena itu, Anda harus terus belajar, untuk menemukan solusi atas tantangan kompleksitas kehidupan yang kian beragam dan disruptif," katanya.


Sumber:  https://flores.tribunnews.com/2023/04/15/314-mahasiswa-unipa-indonesia-ikut-wisuda-angkatan-xvii-periode-i-tahun-akademik-20222023

Bagikan Berita

Bakti Nyata untuk Nian Tana