• info@nusanipa.ac.id
  • +62 382 22388
News Photo

UNIPA Lakukan Restrukturisasi Fakultas

Humas UNIPA - Maumere, Rabu 8 Desember 2022. Telah dilakukan restrukturisasi dengan penggabungan (merger) antar fakultas dan perubahan nama fakultas  melalui keputusan Rektor Universitas Nusa Nipa  yang disetujui oleh  Badan Penyelenggara Yayasan Pendidikan Tinggi Nusa Nipa.  Bersamaan dengan peristiwa tersebut dilantik 11 orang Pejabat Struktural UNIPA di Aula Nawacita Universitas Nusa Nipa pada hari Kamis 8 Desember 2022. 


Adapun restrukturisasi atau merger itu meliputi Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan yang dimerger dengan Fakultas Pertanian menjadi fakultas baru dengan nama Fakultas Teknologi Pangan, Pertanian dan Perikanan  yang membawahi  3 program studi yaitu (1) Program Studi Agroteknologi, (2) Program Studi Agribisnis, (3) Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan.


Sementara itu, Fakultas Ekonomi dikembangkan dengan perubahan nama menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)  dengan membawahi 3 program studi yaitu : (1) Program Studi Akuntansi, (2) Program Studi Manajemen, (3) Program Studi Kewirausahaan.


Fakultas berperan sebagai Unit Pengelola Program Studi, karena itu penggabungan fakultas dimaksudkan untuk efisiensi pengelolaan program studi yang  keilmuannya serumpun atau ada irisan bidang kajian yang sama. Hal tersebut juga searah dengan rencana pengembangan fakultas ke depan, dimana sedang diproses usulan untuk membuka Program Studi Teknologi Pangan, dimana selama ini memang sudah berjalan dalam bentuk Program Peminatan dari Prodi Agroteknologi mulai semester V, serta telah dikembangkannya jenis-jenis produk olahan perikanan dengan nama brand NIPA FISH dari Laboratorium Perikanan Terpadu. Program Studi Teknologi Pangan nantinya mempunyai bidang kajian tentang pangan dari hasil pertanian, hasil perikanan maupun hasil peternakan. Menjadi pertimbangan juga ada kedekatan dengan metode pembelajaran dalam kurikulum Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. 

Pelantikan Pejabat Struktural dilaksanakan pada hari yang sama, atas nama : Julianus Jeksen, SP.,MP. sebagai Dekan Fakultas Teknologi Pangan, Pertanian dan Perikanan; Andreas Rengga, SE., MM. sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Selain Itu Rektor Universitas Nusa Nipa  juga melantik Pejabat Struktural lainya sebagai berikut : 


1. Henderikus Darwin Beja, SP., M.Si. sebagai Wakil Dekan 1 Fakultas Teknologi Pangan, Pertanian dan Perikanan

2. Sarlina Noni, S.Pt., M.Agb. sebagai Wakil Dekan II Fakultas Teknologi Pangan, Pertanian dan Perikanan

3. Barnabas P. Puente Wini Bhokaleba, S.Pi., M.Si. sebagai Wakil Dekan III Fakultas Teknologi Pangan, Pertanian dan Perikanan

4. Erfin, S.Pi., M.Si sebagai Sekretaris Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan

5. Konstantinus Pati Sangga, SE.,MSA.,Ak. sebagai Wakil Dekan 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis

6. Pipiet Niken Aurelia, A.Md, S.Akun., M.Si. sebagai Wakil Dekan II  Fakultas Ekonomi dan Bisnis

7. Antonius Philipus Kurniawan, SE.,MM sebagai Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi dan Bisnis

8. Maria Yohanista, S.Pt.,M.P. sebagai Kepala Bagian Sistem Informasi (Pangkalan Data dan Feeder)

9. Selfianus, SP. sebagai Kepala Tata Usaha Fakultas Teknologi Pangan, Pertanian dan Perikanan.

Bagikan Berita

Bakti Nyata untuk Nian Tana