• info@nusanipa.ac.id
  • +62 382 22388
News Photo

UNIVERSITAS NUSA NIPA LAKUKAN BIMTEK IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR - KAMPUS MERDEKA ( MBKM )

Universitas Nusa Nipa (UNIPA) Indonesia menyelenggarakan Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum Kampus Merdeka - Merdeka Belajar pada Senin, 12 Oktober 2020 di ruang meeting gedung Sapientia Unipa Maumere. Kegiatan tersebut merupakan hibah kemendikbud Republik Indonesia yang diberikan kepada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Program Studi PGSD. Tujuan dari kegiatan ini adalah, memberikan bantuan konsultasi, permodelan dan pelatihan personal dan spesifik (Coaching) untuk hal-hal spesifik dalam pelaksanaan  kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) secara online.

Narasumber dalam kegiatan Bimbingan Teknis secara virtual ini  adalah Prof. Dr. Ir. Hendrawan Soetanto, M.Rur, Sc  dan dimoderatori oleh Wakil Rektor I Dr. Jonas K.G.D.Gobang, S.Fil.,M.A. Peserta yang hadir dalam kegiatan ini berjumlah 67 orang, yang terdiri  Kaprodi dan Sekretaris prodi PGSD, juga semua Kaprodi dan Sekretaris prodi di kampus Unipa.

Kegiatan Implementasi Teknis Implementasi Kurikulum Kampus Merdeka-Merdeka Belajar ini, didanai oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang mana tentunya memiliki target dan sasaran yang ingin dicapai pada akhir program pendampingan, yaitu; Meningkatkan  pemahaman civitas akademika terhadap MBKM mulai dari rasio, elemen perubahaan kurikulum, pendekatan dan strategi pelaksanaan.  Terlaksananya kurikulum MBKM sesuai dengan prinsip, kaidah, konsep, dan prosedur yang berlaku. Terlaksananya budaya pembelajaran dengan pendekatan dan strategi sebagaimana dituntut oleh kurikulum MBKM.

Ketua Yayasan Drs. Sabinus Nabu dalam sambutannya mengungkapkan  Unipa mengadakan kegiatan yang sangat fundamental dan strategis dalam penyusunan kurikulum kampus merdeka, sebagai lembaga tinggi dimana menyambut baik setiap gagasan, inovasi dalam meningkatkan program studi dalam  masa pandemi global. “ Kepada Rektor dan segenap jajarannya, kami harapkan dapat menggunakan setiap peluang agar dapat menyelesaikan setiap tuntutan dan kebijakan dalam regulasi perguruan tinggi. Kita perlu adanya inovasi baru dalam melakukan perubahan kearah yang  lebih baik” ujarnya.

Dalam kegiatan ini juga hadir Rektor Universitas Nusa Nipa Dr. Ir. Angelinus Vincentius, M.Si  yang dalam sambutan pembukaannya berharap walaupun di tengah pandemi Covid-19, berbagai upaya dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan tinggi perlu terus dibenahi, termasuk bagaimana mendesain sebuah kurikulum yang fleksibel serta mampu mengadaptasi situasi normal baru, dalam implementasi Kampus Merdeka. Dan berharap agar kegiatan Bimtek ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, sesuai tujuan dan target yang telah direncanakan.( #humasunipa. editor: Diny )

Bagikan Berita

Bakti Nyata untuk Nian Tana