News Photo

Kapolda NTT Kunjungi UNIPA dan Berikan Kuliah Umum bagi Mahasiswa Universitas Nusa Nipa

Humas UNIPA – Maumere, Rabu 16 November 2022, Kapolda NTT, Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum  berkunjung di Universitas Nusa Nipa disambut secara langsung oleh  Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Nusa Nipa  Drs. Sabinus Nabu dan Rektor Universitas Nusa Nipa Dr. Ir. Angelinus Vincentius, M.Si di ruang Rektorat selanjutnya  Kapolda memberikan kuliah umum  di Auditorium Nawacita Universitas Nusa Nipa.

Dalam Sambutan Rektor Universitas Nusa Nipa Dr. Ir. Angelinus Vincentius, M.Si menyampaikan Mengapresiasi kehadiran  Kapolda NTT untuk generasi milenial Universitas Nusa Nipa,  Kampus kami berdiri 17 tahun yang lalu, nama  nusa nipa dalam bahasa pra melayu yang berarti pulau naga sehingga mahasiswa kami adalah generasi naga yang mempunyai semangat berapi-api dalam membangun bangsa dan negara. Mahasiswa kami saat ini  berjumlah  6.050 orang yang tersebar dalam 19 program studi.  Universitas Nusa Nipa sering bekerja sama dalam  pemeliharan  kamtibmas diantaranya Pihak kepolisian  membantu memberikan  pelatihan-pelatihan bagi tenaga  Security Kampus,  Sering kali kami juga meminta bantuan pengamanan pada event-event tertentu,  selain itu dalam pengabdian kepada masyarakat  pada masa pendemi covid-19, kami bekerja sama dengan Kepolisian untuk  memberikan vaksin Covid-19 secara gratis,   kampus ini juga diminati oleh anggota kepolisian yang saat ini sedang menimba ilmu dan pengetahuan dengan menjadi mahasiswa yang tersebar di beberapa Fakultas. Kita semua sama-sama mengetahui dalam mendidik generasi Muda membutuhkan teladan serta figur panutan, sebagai sesama orang NTT kami merasa bangga atas karir Bapak Kapolda NTT  serta Prestasi Olahraga yang diraih oleh sebab itu melalui Kuliah Umum yang akan disampaikan kapolda NTT dapat memberikan inspirasi bagi segenap civitas akademika terutama mahasiswa/wi, seperti kita ketahui Kapolda NTT saat ini juga berpretasi dibidang olahraga pernah menjadi atlet Tinju, Pelatih nasional, Penyelenggara Event  Internasional, wasit internasional  kemudian menjadi ketua umum pada cabang olahraga tinju. Cukup banyak mahasiwa/wi  kami terlibat aktif dan berprestasi dalam berbagai  event/turnamen olahraga , pada hari selasa 15 November 2022 kami mendapat informasi   ada Mahasiswa kami meraih  2 medali emas dan satu pedali perunggu pada bidang tenis lantai pada pekan olahraga Nasional Tingkat provinsi NTT. Tentu olahraga menjadi sangat penting dalam dunia akademik bahkan mendapat  kredit poin  khusus yang selalu ditanyakan  para assesor dalam proses penilaian keunggulan kampus.  Untuk  itu Mari kita fokuskan pikiran kita dalam menimba ilmu serta pengetahuan  dari salah satu putra terbaik NTT Irjen. Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum

Sementara itu Kapolda NTT  Irjen. Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum  menyampaikan Terima kasih kepada Pihak Universitas Nusa  Nipa  yang telah menerima saya untuk memberikan kuliah umum dan kampanye kamtibmas.  Adapun beberapa Point penting terkait peran-peran Kepolisian dalam menjaga kamtibmas. Tugas Pokok POLRI  yang tertuang dalam pasal 30 ayat 4 UUD 1945 Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai alat negara yang menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat bertugas melindungi, mengayomi, melayani masyarakat, serta menegakkan hukum selain itu juga pada  pasal 13 UU RI No. 2 tahun 2022 Tentang  Kepolisian Negara Republik Indonesia dimana ada  tugas pokok kepolisian Negara Republik Indonesia adalah :

1. Memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.

2. Menegakkan hukum dan

3. Memberikan  Perlindungan, Pengayom, dan pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu  Kapolda NTT juga menyampaikan Pihak Kepolisian senantiasa mendukung  Penuh Visi-Misi Presiden dengan beberapa Peran kepolisian dalam mendukung pembangunan nasional :

1. Menciptakan keamanan & ketertiban.

2. Pemulihan ekonomi Nasional.

3. Mengawal & memastikan investasi baik PMDN & PMA berjalan tanpa gangguan.

4. Penganggulangan Covid - 19.

5. Menjaga Stabilitas Politik.

6 Mendukung  dan Mengamankan program- program kerja Pemerintah Daerah.

7. Menjamin dan Mendukung persatuan dan Kesatuan bangsa dengan membangun Sinergitas dengan TNI dan seluruh Komponen bangsa.

 Beliau Juga menyampaikan beberapa  Program Kapolda NTT :

1. Membangun kerjasama.

2. Menerapkan Metode Restorative Justice dalam penegakan hukum.

3. Membuka Komunikasi terbuka antara polisi dan masyarakat. Kapolres dan kapolsek harus menerima masyarakat yang datang untuk menyampaikan keluhan- keluhannya.

 Pada Kuliah Umum Ini Kapolda NTT  memberikan pertanyaan-pertanyaan mengelitik disertai dengan berbagai hadiah yang menarik bagi mahasiwa/wi yang mampu menjawab pertanyaan maupun membuat ringkasan baik dalam bahasa indonesia maupun bahasa Inggris.

Sumber : HUMAS UNIPA

Bagikan Berita

Bakti Nyata untuk Nian Tana