News Photo

UNIPA Rayakan Hari Sumpah Pemuda di Taman Wisata Religi Patung Bunda Maria Segala Bangsa

Humas UNIPA - Maumere, Jumat 28 Oktober 2022 bertempat di taman Wisata Religi Patung Bunda Maria Segala Bangsa-Nilo,  Universitas Nusa Nipa Menyelenggarakan Ikrar Sumpah Pemuda mengenang kembali sembilan puluh empat tahun lalu, 28 oktober 1928, Doa dan Kidung Kemanusian Bagi Persatuan NKRI maupun Perdamaian Dunia. 

    Rektor Universitas Nusa Nipa Dr. Ir. Angelinus Vincentius, M.,Si menyampaikan Pesan Kebanggsaan Selamat Hari Sumpah Pemuda sembari mengajak Putra dan Putri Nusa Nipa untuk menghayati Sumpah Pemuda dengan merawat tanah tumpah darah kita. “Mari kita berkampanye untuk kesadaran ekologis semua orang, tentang mengolah lahan-lahan tidur menjadi produktif, memperbaiki ekosistem yang rusak dengan cara sederhana, yaitu menanam, melestarikan kesuburan lahan pertanian, tidak merusak hutan, merawat mata air, menjaga laut dan pulau-pulau kita bebas dari sampah plastik, dimulai dari lingkungan tempat kita masing-masing.” Lebih lanjut Rektor menyampaikan “dalam era digital ini, mari kita hindari berita-berita hoax dengan gerakan literasi. kita juga wajib hukumnya menjauhkan diri dari pengaruh ideologi asing yang sesat, radikalisme, tidak terbawa arus sampai lupa diri. kita wajib mengcounter berita-berita sesat yang merongrong ideologi pancasila selain itu mari kita mengupayakan perdamaian dunia, paling kurang dengan cara sederhana tetapi punya nilai tinggi yaitu berdoa bagi perdamaian dunia seperti yang kita lakukan saat ini, di Nilo, tempat arca Maria Bunda Segala Bangsa ditahtakan. Selain itu pada momentum hari sumpah pemuda ini  Saya dan segenap Civitas akademika juga  mendukung Perjuangan panitia  pada tingkat nasional yang saat ini sedang memperjuangkan Almarhum Frans Seda menjadi Pahlawan Nasional.” 

    Sementara Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Nusa Nipa Drs. Sabinus Nabu Menyampaikan “Pada Momentum Sumpah pemuda ini kita berdoa di Taman Wisata Religi Bunda Maria Segala Bangsa ini,   hal ini mengingatkan saya pada 17 tahun silam saya  berdoa memohon agar izin Pendirian Universitas Nusa Nipa diterbitkan oleh Pemerintah Pusat dan dalam  perjalanan dari kampung guru  pada tanggal 26 Mei 2005 saya mendapatkan informasi bahwa Izin Pendirian UNIPA telah diterbitkan oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pendidikan, ditempat ini juga saya memberikan kesaksian kepada civitas akamika Universitas Nusa Nipa, bahwa siapapun mau melakukan devosi secara sungguh-sungguh kepada Bunda Maria maka segalah harapan-harapannya akan terwujud. semoga dimomentum sumpah pemuda ini kita bisa menaru harapan terbaik untuk mengikrarkan  satu tanah air, Satu bangsa dan menjunjung tinggi Satu bahasa persatuan Indonesia.” 

    Turut Hadir Ketua Umum Panitia Dr. Jonas KGD Gobang, S.Fil, M.A, Para Wakil Rektor, Para Dekan, Para Kaprodi, Para Dosen, Para Tendik dan Mahasiswa/i Universitas Nusa Nipa

 Sumber : HUMAS UNIPA

Bagikan Berita

Bakti Nyata untuk Nian Tana