• info@nusanipa.ac.id
  • +62 382 22388
News Photo

UNIPA dan Dies Natalis ke-17, 2 Penyanyi ‘Bale Pulang’ Diundang

MAUMERE, SUARA-FLORES.COM – Moto Universitas Nusa Nipa (UNIPA) adalah Berwawasan Universal dan Berkiprah Nasional dengan semboyan Non Scholae Sed Vitae Discimus, yang artinya “Kita Belajar Bukan Untuk Sekolah, Melainkan Untuk Hidup”. Moto tersebut bermakna bahwa Universitas Nusa Nipa membentuk pendidikan untuk kepentingan universal yang dapat memenuhi kebutuhan regional dengan mempertimbangkan tujuan pendidikan nasional.

Dalam sebuah acara bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Sikka belum lama ini, Rektor Universitas Nusa Nipa, Dr.Ir. Angelinus Vincentius, M.Si menyebut lembaga pendidikan tersebut menyediakan tenaga-tenaga pendidik  yang berkualitas di bidangnya masing-masing. Pada usianya yang ke-17, kampus orange ini  telah melahirkan SDM yang tangguh, handal dan teruji dibidangnya. Tercatat sudah 5.625 orang mahasiswa diwisudan dan masuk dunia kerja. UNIPA sendiri saat ini dengan 8 Fakultas, 19 Program Studi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Flores, khususnya Kabupaten Sikka.

Jumlah dosen sebanyak 245 orang, 5 orang bergelar doktor dan 17 orang akan selesai program doktor tahun ini. UNIPA mempunyai fasilitas yang memadai setara dengan Universitas Nusa Cendana Kupang dengan akreditasi amat sangat baik.

Rektor Angelinus mengatakan, UNIPA kini termasuk dalam 10 Kampus terbaik dari antara 60 PTN dan PTS di Provinsi Nusa Tenggara Timur versi Webometrics Januari 2022.

Webometrics merupakan sistem pemeringkatan berbagai website terhadap Perguruan Tinggi se-dunia. Untuk Universitas Nusa Nipa dapat diakses melalui www.nusanipa.ac.id.

Meskipun saat ini UNIPA telah meraih peringkat Akreditasi Baik Sekali (nilai B) untuk Institusi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), dan untuk akreditasi program studi, pihaknya menyadari bahwa upaya peningkatan mutu harus terus menerus diperjuangkan bersama Badan Penyelenggara (Yayasan Pendidikan Tinggi Nusa Nipa) serta Pihak Mitra eksternal. Hal tersebut untuk memastikan tingkat kepercayaan publik mengalami kenaikan signifikan.

Peningkatan mutu pendidikan memang menjadi fokus perhatian Unipa dari mahasiswa sampai tenaga pendidikan. Semua dosen wajib untuk lulus Pelatihan Ketrampilan Teknis Instruksional (Pekerti) maupun Applied Approach, yaitu kompetensi pedagogik yang ditambahkan terhadap kompetensi professional para dosen UNIPA sebelum diberi kesempatan mengajar, serta pengembangan kompetensi kepribadian. Namun pada Darma penelitian, perlu ditingkatkan lagi.

Dikatakan Angelinus, mulai awal tahun 2022, UNIPA juga melakukan konsolidasi untuk meningkatkan perolehan Hak Paten dan Hak atas Kekayaan Intelektual (HKI) dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI. Dengan pengembangan berbagai mata kuliah Kewirausahaan, Inovasi dan Inkubator Bisnis Startup Digital guna mengembangkan artificial intelligence yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat.

Menyambut Dies Natalia ke-17 tahun, Universitas Nusa Nipa  menyelenggarakan aneka kegiatan hingga puncak perayaan syukuran. Aneka kegiatan ini dipadukan dengan tema “Inovasi Pembelajaran di Era Digital untuk Ketahanan Sosial-Ekologis dan Kemajuan Bersama”.

Adapun aneka kegiatan antara lain pada tanggal 12 September 2022 diadakan pembukaan Learning Talk, Kick Off Beasiswa Tahap II dan Edukasi QRIS & CBP, 13-15 September 2022 Kompetisi terdiri dari Seremoni pembukaan UNIPA Goes to 17th dan Pekan Kompetisi Mahasiswa ( pertandingan Futsal Antar Fakultas dan Lomba Paduan Suara). Tanggal 16 September 2022 berlangsung Unipa CARE berupa kegiatan donor darah, Konsultasi Kesehatan, Konsultasi Psikologi , layanan Bahasa Inggris dan Arsitek Peduli.

Pada tanggal 17 September 2022 akan berlangsung kegiatan Jalan Sehat Unipa dengan rute Jalan El Tari – Jalan Anggrek – Jalan Gajah Mada (Gelora Samador)- Jalan Ahmad Yani – Jalan KS Tubun – Jalan dr. Wahidin menuju garis finish di Jalan Kesehatan lokasi kampus (UNIPA) maumere.

Tidak sampai di sini saja, jedah satu hari dari rangkaian kegiatan, di tanggal 19 September 2022 disebut Puncak Dies Natalis ada yang waow dari persembahan Dies Natalis ke 17 tahun Universitas Nusa Nipa Maumere kali ini. Pada puncak Dies Natalis ada malam hiburan dan pentas seni All Size Accoustic.

Pasca kegiatan ini, Unipa mempersembahkan bagi masyarakat yang masih haus hiburan dengan menghadirkan Justy Aldrin dan Toton Caribo yang merupakan penyanyi asli lagu Bale Pulang 2 yang viral. Mereka akan menghibur rakyat Sikka di Gelora Samador Maumere.

Justy Aldrin dan Toton Caribo yang merupakan penyanyi asal Ambon, Maluku berhasil trending dalam lagu tersebut. Bahkan kini nama Justy Aldrin dan Toton Caribo tengah naik daun dan mencuri perhatian dari penikmat musik Tanah Air. Dan pada tanggal 20 September 2022 diadakan misa syukur pada perayaan Dies Natalis unipa ke 17 tahun.

 Sumber :https://www.suara-flores.com/unipa-dan-dies-natalis-ke-17-2-penyanyi-bale-pulang-diundang/

Bagikan Berita

Bakti Nyata untuk Nian Tana