• info@nusanipa.ac.id
  • +62 382 22388
News Photo

Workshop Teknik Menyanyi Indah dan Mudah

Humas Unipa -  Maumere, Sabtu 3 September 2022 ratusan orang mengikuti workshop Teknik menyanyi indah dan mudah di Auditorium Nawacita Universitas Nusa Nipa Indonesia. Workshop ini merupakan kerjasama antara UNIPA dan Bung Tommyanto Kandisaputra yang merupakan seorang guru dan Pelatih Choir dan pengembang paduan suara untuk penyanyi dan konduktor asal Bandung yang merupakan pendiri Bandung Choral Society yang telah berkiprah di dunia Internasional.

Dalam sambutanya Rektor Universitas Nusa Nipa Dr.Ir. Angelinus Vincentius, M.Si menyambut baik kegiatan ini. “Pak Tommyanto Kandisaputra seorang yang profesional dan mempunyai banyak pengalaman Internasional, kami sangat senang dan merasa berterima kasih atas kehadiran Pak Tommyanto di kampus UNIPA, karena ini merupakan kesempatan yang berharga untuk menerima edukasi tentang ilmu bernyanyi. Pak Tommyanto seorang guru menyanyi dan memiliki banyak program pengembangan paduan suara untuk penyanyi dan conductor yang datang untuk mengajarkan teknik bernyanyi secara baik dan benar, menggali bakat dan potensi SDM lokal, untuk bisa lebih maju lagi. NTT khususnya orang Flores mempunyai musikalitas tinggi, bernyanyi merupakan kegiatan yang mewarnai setiap peristiwa di Flores mulai dari kelahiran dalam pekerjaan seperti bertani sampai dengan kematian. Dalam adat sikka sendiri dikenal SOKA SORA merupakan tarian adat Sikka, dimana orang menari diiringi musik gendang dan lantunan Sora yaitu dendang syair dan pantun adat yang berisi nasihat, petuah, atau nilai nilai kehidupan, atau cerita yang dituturkan dari seseorang / orang tua kepada anak-anak atau khalayak umum. Dari sini diambil nama Sora, dipadankan dengan nama Nipa menjadi Sora Nipa, nama paduan suara Universitas Nusa. Paduan suara kami Sora Nipa masih membutuhkan banyak masukan, edukasi dan tambahan ilmu bernyanyi yang lebih baik lagi, kami ingin Sora Nipa menjadi duta/ ambasador dari nusa nipa dari tingkat lokal sampai internasional.  Selamat mengikuti kegiatan ini semoga event ini membawa manfaat bagi musik di NTT ini.

Dalam sambutanya, Pak Tommyanto Kandisaputra mengucapkan terima kasih kepada Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Nusa Nipa dan Rektor Universitas Nusa Nipa yang memiliki Visi untuk memajukan NTT khususnya FLORES.  Lebih lanjut, beliau mengatakan “Bernyanyi merupakan kebudayaan  Indonesia dan mendarah daging  dalam kegiatan sehari hari. Dalam bernyanyi berkelompok atau paduan suara kita belajar bukan  hanya menghasilkan suara yang indah tapi juga melatih konsentrasi dan dalam paduan suara kita belajar ketaatan pada pemimpin. Begitu banyak pelajaran baik yang dihasilkan dari paduan suara”

Acara ini dibagi menjadi dua kegiatan yaitu Workshop dimana dan Choir Clinic. Dalam workshop peserta dijelaskan dan langsung mempraktikan teknik bernyanyi yang baik dan benar dilanjutkan dengan choir clinic dimana paduan suara yang hadir diberikan waktu untuk membawakan lagu dan diberikan masukan perbaikan. Kegiatan ini dihadiri bukan hanya oleh mahasiswa dan mahasiswi UNIPA tapi juga pelajar SMA/ SMK se- Kabupaten Sikka bahkan sampai dengan Kabupaten Ende serta masyarakat umum.

Menurut Frumensia Katensia, mahasiswa Fakultas Ekonomi UNIPA,”Kegiatan yang bagus terutama untuk kami yang sangat suka bernyanyi, karena selama ini kami tidak pernah diajarkan teknik menyanyi langsung dari profesional, tapi hari ini ilmu itu dibagikan secara gratis kepada kami”.

Sumber: HUMAS UNIPA 

Bagikan Berita

Bakti Nyata untuk Nian Tana