• info@nusanipa.ac.id
  • +62 382 22388
News Photo

Pemkab Sikka dan Unipa Indonesia Jalin Kerja Sama Bangun Daerah

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE - Pemerintah Kabupaten Sikka meluncurkan buku sekaligus menandatangani perjanjian kerja sama (MoU) dengan Universitas Nusa Nipa Indonesia di Auditoriun Unipa Maumere, Senin 22 Agustus 2022.

Peluncuran buku tentang profil daerah Kabupaten Sikka itu diprakarsai oleh Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Sikka sejak bulan Februari 2022.

Kepala Bappelitbangda Sikka, Femmy Bapa mengatakan upaya pembangunan daerah perlu adanya kerja sama para pihak, termasuk melibatkan civitas akademika."Pemerintah Kabupaten Sikka tidak bisa berdiri sendiri. Kami punya kewajiban menjalin kerja sama dengan berbagai pihak khususnya perguruan tinggi," kata Femmy setelah penandatanganan MoU.

Selain untuk kepentingan pemerintah, kata dia, buku tersebut menjadi sarana keterbukaan informasi publik yang memuat tentang semua potensi dan perjalanan pembangunan daerah beberapa tahun terakhir. "Setiap tahun kami berkewajiban mentransfer informasi terkait dengan semua potensi, mulai dari wisata alam, budaya, produk pangan lokal, dan masih banyak lagi," ucapnya.

Rektor Unipa Indonesia, Angelinus Vincentius, menyambut baik itikad pemerintah menggandeng civitas akademika untuk bersinergi membangun Nian Tana Sikka. "Ini merupakan momentum yang istimewa antara Pemkab Sikka dan Unipa," ujarnya saat memberikan sambutan.

Menurut dia, kampus Unipa sudah meluluskan ribuan sarjana dan akan terus menerapkan metode perguruan tinggi sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Nian Tana Sikka dan NTT. "Selama 17 tahun perjalanan, Unipa telah meluluskan 5.625 orang alumni. Saat ini Unipa mempunyai 8 fakultas, 19 program studi dan semuanya sesuai dengan kebutuhan masyarakat di kawasan Pulau Flores dan NTT, khususnya di Kabupaten Sikka," jelasnya.

Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, menilai kerja sama ini untuk mendukung proses perumusan kebijakan pembangunan daerah yang lebih maju.

Bupati Roberto juga mengucapkan apresiasi kepada kampus Unipa yang berada pada peringkat 10 terbaik dari 55 kampus negeri dan swasta di NTT. "Universitas Nusa Nipa menduduki peringkat 10 kampus terbaik di NTT, ini tentu hebat," sanjungnya.

Sumber :https://flores.tribunnews.com/2022/08/22/pemkab-sikka-dan-unipa-indonesia-jalin-kerja-sama-bangun-daerah?page=2

Bagikan Berita

Bakti Nyata untuk Nian Tana