• info@nusanipa.ac.id
  • +62 382 22388
News Photo

Gelar PKKMB, UNIPA Indonesia Usung Tema Ketahanan Sosial Ekologi

KembarogiNews.com, Sikka –  Bertempat di pelataran Gedung Nawacita Universitas Nusa Nipa Indonesia berlangsung Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun akademik 2022/2023 yang berjumlah 1.404 Orang dengan Tema “Generasi Milenial Bangkitlah Bersama Wujudkan Ketahanan Sosial Ekologi Untuk Indonesia Yang Lebih Kuat dan Maju”.

Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Nusa Nipa, Drs. Sabinus Nabu mengatakan, dirinya mengapresiasi kepada calon mahasiswa yang telah memutuskan memilih menimba ilmu di Universitas Nusa Nipa. Selamat datang generasi milenial Kampus ini memiliki rambu-rambu yang harus ditaati mulai dari nilai-nilai, Sembonyan, Mars, Himne, Visi maupun Misi mesti dihanyati dan diimplentasikan oleh segenap civitas akademika; kampus Unipa merupakan kampus merah putih yang mengedepankan nilai-nilai kebangsaan.
“Anda adalah orang-orang yang beruntung karena tidak semua lulusan SMA bisa melanjutkan ke ienjang perguruan tinggi,” ujarnya.

Dikatakannya, hari ini Rektor dan jajaran rektorat menerima 1.404 orang mahasiswa baru. Sebagai mahasiswa haruslah memiliki motivasi untuk berprestasi, mencapai sesuatu yang lebih dari orang lain.
“Kunci utama dari meraih prestasi di perguruan tinggi adalah motivasi berprestasi. Kekuatan ini harus dimulai dengan satu niat yang kuat belajar dengan sungguh-sungguh, tidak menyia-nyiakan kesempatan,” tegasnya.

Sementara Rektor Universitas Nusa Nipa Dr. Ir. Angelinus Vincentius, M.Si menyampaikan pesan kepada Mahasiswa Baru, “Mulai hari ini, anda disebut sebagai seorang Mahasiswa. Menjadi seorang mahasiswa itu harus dinikmati dengan penuh kegembiraan, penuh semangat dan mempunyai motivasi untuk belajar. Kampus adalah tempat kita belajar bersama, dalam suasana yang damai, nyaman, kekeluargaan. Dengan menyandang status Mahasiswa, saudara kini memulai sebuah perjalanan akademik di kampus Universitas Nusa Nipa. Tujuan dari sebuah perjalanan akademik tentunya bukan sebatas didapatkannya gelar akademik.”

Semboyan UNIPA, Non Scholae Sed Vitae Discimus, “Kita Belajar Bukan Hanya untuk Sekolah melainkan juga untuk Hidup.” Berarti yang tidak kalah pentingnya adalah dicapainya kompetensi akademik, yang mencakup aspek pengetahuan kognitif, ketrampilan, sikap serta karakter dan kepribadian.

“Semakin tinggi gelar akademik yang saudara raih, diharapkan semakin tinggi pula kualitas, sikap dan kepribadian yang terbentuk. Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan & Kebudayaan, Riset & Teknologi, telah mencanangkan kebijakan yang dikenal sebagai ‘Merdeka Belajar – Kampus Merdeka’ atau MBKM. Kebijakan ini menekankan pentingnya ‘perluasan kebebasan’ bagi mahasiswa selama menempuh proses pembelajaran di kampus. Perluasan kebebasan ini mencakup : i) perluasan pembelajaran dengan cara mengambil sejumlah mata kuliah di luar bidang studi utama, dan ii) perluasan interaksi dengan berbagai pihak baik di dalam maupun di luar kampus. Dengan adanya perluasan kebebasan tersebut di atas, diharapkan kompetensi akademik yang saudara capai di kampus akan semakin relevan dengan permasalahan dan tantangan di ‘dunia nyata’. Dan dengan demikian, ketika telah menyelesaikan studi kelak, saudara akan memiliki kemampuan beradaptasi yang tinggi di berbagai bidang pekerjaan yang menjadi pilihan Saudara. MBKM juga memungkinkan saudara dapat menempuh pendidikan sarjana di UNIPA dalam waktu 3.5 tahun, skripsi tidak perlu dikerjakan, diganti dengan laporan,” ungkapnya.

Kampus UNIPA juga menerapkan kurikulum Kewirausahaan, Inovasi dan Start Up Digital. Kampus UNIPA memperkuat pendidikan karakter, meningkatkan riset dan publikasi ilmiah, seraya mengedukasi 10 nilai utama di lingkungan kampus. Mahasiswa juga diberi ruang untuk aktif dalam kegiatan UKM-UKM kampus, dan organisasi kemahasiswaan extra kampus. Hal ini demi pencapaian Visi UNIPA tahun 2025 yaitu menjadi universitas yang berkualitas, berkarakter, unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya dan mampu berkiprah di tingkat Nasional.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Wakil Rektor I, Dr. Jonas KGD. Gobang, S.Fil, M.A, Wakil Rektor II, Sonny Ranhard Antou, ST.,M.Art, Wakil Rektor III, Dr. Andria Dekrita, SE, MM, Ketua Panitia PKKMB, Andreas Rengga, S.E,M.M, Para Dekan dan Wakil Dekan, Ketua Program Studi, para dosen, serta panitia PKKMB 2022.

Sumber : https://kembaroginews.com/2022/08/18/gelar-ppkmb-unipa-indonesia-usung-tema-ketahanan-sosial-ekologi/

Bagikan Berita

Bakti Nyata untuk Nian Tana