PENGARUH PENERAPAN MODEL PROJECT BASSED LEARNING (PjBL) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS IV SDK WAIRPELIT

Aloysius Gonzaga Baho, Desi Maria El Puang, Frederiksen Novenrius Sini Timba

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Project Bassed Learing terhadap keterampilan proses sains materi hubungan gaya dan gerak pada siswa kelas IV SDK Wairpelit. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan  desain one group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDK Wairpelityang berjumlah 23 siswa  dengan sampelnya berjumlah 9 siswa yang terdiri dari 6 perempuan dan 3 laki-laki. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes,  observasi dan dokumentasi dengan instrumen penelitian yang digunakan adalahsoal tes hasil belajar, lembar observasi dan lembar dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai  thitung> tTabel    (4,730>1,746) dengan taraf Sig.(0,05)maka dinyatakan Haditerima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Project Bassed Learing terhadap keterampilan proses sains materi hubungan gaya dan gerak pada siswa kelas IV SDK Wairpelit.

 

Kata kunci : pengaruh, model Project Bassed Learing, keterampilan proses sains


Full Text:

PDF

References


Wahab, A., Jufri. 2017. Belajar dan Pembelajaran SAINS. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Anggara, M. 2019. Pengaruh Model Project Bassed Learning (PjBL) Terhadap Keampuan Berpikir Kritis dan Kerjasama Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 3(2), 456-462.

Faturrohman. 2015. Desain Sistem Pembelajaran. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Hosnan, M. 2013. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Universitas Pakuan. http:/lib.unj.ac.id/buku/index.php?p=show_detail&id=39354&keywords=.

Isjoni. 2013. Mengembangkan Kemampuan Belajar Kelompok. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Kindy, N. 2015. Perbandingan Model Pembelajaran Jigsaw dengan Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Sub Konsep Sistem Indera. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. http://opac.ut.ac.id/detail-opac?id=30786.

Maaghfiroh. 2016. Pengaruh Project Bassed Learning terhadap keterampilan proses sains siswa kelas X SMA negeri sidorajo. Jurnal Pendidkan Teori Dan Pengembangan,1(8),1588-1593. . http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6673/2882

Priansa. 2015. Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surya, R. & Hardini. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Project Bassed Learning (PjBl) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa Kelas III SD Negeri Siduarjo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6 (1),41-54.

Tawil,M., Sari, L. 2014. Keterampilan-keterampilan Sains dan Implementasinya Dalam Pembelajaran IPA. Makasar: Universitas Negeri Makasar.

Wahyudi, A. 2015. Pengaruh Problem Bassed Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri Jumapolo. Jurnal Bio Pedagogi, 4 (1), 5-11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.
div style="display:none">