Sambutan Rektor

Kampus Universitas Nusa Nipa (UNIPA) Maumere terletak cukup strategis di jantung Kota Maumere, Kabupaten Sikka, Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Secara geografis, geoekonomi, geopolitik dan geospasial,Unipa Maumere merupakan “Kampus Rakyat”yang berada di Bumi Sikka/Nian Sikka. Memasuki usianya yang ke-9, UNIPA Maumere telah mengukir berbagai prestasi baik dalam menyiapkan SDM yang berkualitas maupun dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni. Sejak tahun 2007,UNIPA Maumere telah mendapatkan kepercayaan dari Ditjen Dikti Kemendikbud untuk mengelola dana Hibah Kompetisi Pengembangan Kapasitas dan Daya Saing Perguruan Tinggi.

            UNIPA Maumere berdiri sejak tahun 2005 dengan SK Menteri Pendidikan Nasional Nomor 69/D/0/2005 Tanggal 26 Mei 2005 bertekad ikut serta bersama komponen bangsa lainnya untuk berpartisipasi membangun komunitas intelektual yang mampu menguasai dan terampil memanfaatkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk mendukung terwujudnya warga masyarakat serta bangsa,yang adil dan makmur berlandaskan moralitas yang baik melalui 7 Fakultas yaitu Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial, Fakultas Kelautan dan Ilmu Perikanan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan 18 Program Studi (Prodi), yakni : Prodi S1 Keperawatan, Prodi D3 Keperawatan, Prodi Profesi Ners, Prodi Agribisnis, Prodi Agro Teknologi, Prodi Informatika, Prodi Teknik Sipil, Prodi Teknik Arsitektur, Prodi Ilmu Komunikasi, Prodi Psikologi, Prodi Manajemen Sumber Daya Air, Prodi Managemen, Prodi Akuntansi, Prodi PGSD, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Prodi Pendidikan Kimia, Prodi Pendidikan Biologi, Prodi Pendidikan Fisika.

            Unipa Maumere kini sedang berada di jalur transisi menuju ke perubahan status dari PTS menjadi PTN. Proses ini sudah dimulai sejak awal digagas oleh para pendiri agar Unipa Maumere menjadi sebuah Universitas Negeri di Pulau Flores. Gagasan itu kembali menguat pada Tahun 2011, yaitu dengan adanya audiensi Bupati Sikka, Drs. Sosimus Mitang, Ketua DPRD Sikka, Rafael Raga, SP, Ketua Pembina Yayasan, Drs. Alexander Longginus, Ketua Pengurus Yayasan, Drs. Sabinus Nabu, yang difasilitasi oleh anggota DPR RI asal Sikka, Melchias Markus Mekeng bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhammad Nuh pada tanggal 14 Desember 2011 di Jakarta. Selanjutnya pada tanggal 27 Agustus 2014 Ketua Pengurus Yayasan, Drs. Sabinus Nabu bersama dengan Bupati Sikka, Drs. Yoseph Ansar Rera dan Ketua DPRD Sikka, Rafael Raga, SP bertemu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI yang diwakili oleh Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Ditjen Dikti, Prof. Ir. Hermawan Kresno Dipojono, MSEE.,Ph.D di Jakarta. Pada kesempatan itu diserahkan Naskah Akademik atau Studi Kelayakan mengenai penegerian Universitas Nusa Nipa dan secara umum berkas diterima dan dinyatakan cukup lengkap untuk selanjutnya dievaluasi guna diambil langkah-langkah strategis selanjutnya di dalam proses perubahan status Unipa Maumere menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN).  

Audiensi Penegerian Unipa Maumere. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI yang diwakili oleh Direktur Kelembagaan dan Kerja Sama Ditjen Dikti Prof. Ir. Hermawan Kresno Dipojono, MSEE.,Ph.D dan Kasubdit Bidang Pengembangan Kelembagaan Ditjen Dikti,  Tato Setyarto bertemu Bupati Sikka, Drs. Yoseph Ansar Rera dan Ketua DPRD Sikka, Rafael Raga, SP serta Ketua Pengurus Yayasan, Drs. Sabinus Nabu di Jakarta pada Rabu, 27 Agustus 2014.

VISI UNIVERSITAS NUSA NIPA ADALAH : UNIVERSITAS NUSA NIPA MENJADI UNIVERSITAS UNGGUL DALAM PENGEMBANGAN KAWASAN, MANDIRI, INOVATIF, BERKARAKTER DAN BERKUALITAS DALAM PROSES PENDIDIKAN, PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT.

  • Menjadi Universitas unggul dalam pengembangan kawasan sebagaimana tertera dalam Visi di atas bermakna bahwa Universitas Nusa Nipa sedang menuju terwujudnya sebuah Universitas yang unggul, terdepan dan mampu berperan aktif dalam pembangunan bangsa, dengan memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan Sumber Daya Manusia dan SDA  kawasan Regional Nusa Tenggara dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Visi dan target tersebut di atas,  sejalan dengan semangat yang diusung Universitas Nusa Nipa berdasarkan RENSTRA Universitas Nusa Nipa Tahun 2014 – 2018, yaitu : dengan adanya Otonomi Daerah, Universitas Nusa Nipa memiliki peluang untuk berperan aktif dalam “PEMBANGUNAN DAERAH” melalui perluasan akses pendidikan.

MISI UNIVERSITAS NUSA NIPA adalah :

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkarakter dan berkualitas, mampu berperan aktif secara mandiri dan inovatif sebagai pusat keunggulan (Center Of Excellent) dalam pengembangan kawasan Regional Nusa Tenggara dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berwawasan Global, untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing;
  2. Menyelenggarakan penelitian yang berkualitas
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat
  4. Menyelenggarakan administrasi dan ketata-usahaan yang taat azas, modern dan profesional, serta memiliki tata kelola perguruan tinggi yang baik (Good University Governance)
  5. Mengupayakan peningkatan secara nyata manfaat kerjasama baik Lokal, Nasional maupun Internasional untuk meningkatkan kualitas Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

            Universitas Nusa Nipa Maumere juga memperhatikan faktor-faktor penunjang seperti ketenagaan Dosen dan tenaga kependidikan yang berkualitas, sarana dan prasarana penunjang belajar yang secara bertahap mulai dilengkapi seperti Laboratorium dan peralatannya pada semua Program Studi yang ada, fasilitas Ruang kuliah dan Auditorium yang layak untuk aktivitas Akademis para Mahasiswa, sebab dasar pemikirannya adalah “Public Goods hendaklah menjadi Public Good dan Public Utility mestilah menjadi “Public Utilized. Semuanya ini menghantar Unipa Maumere pada posisi penting sebagai institusi pendidikan tinggi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat di Kepulauan Flores dan sekitarnya. Selamat datang di “Kampus Oranye”, Universitas Nusa Nipa. Di tempat inilah kita dapat belajar untuk hidup. ***

 

Rektor Universitas Nusa Nipa,

Ir. Angelinus Vincentius, M.Si.

Rektor Unipa Maumere (Ir. Angelinus Vincentius, M.Si) bersama Isteri (Yuliana Onang, STP) dan kedua Anaknya (Ray dan Joe)


Link Terkait

Follow my IG @JhonnyTheBay

 

Follow My IG @JhonnyTheBay