Sejarah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Sejarah Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) di dirikan bersamaan dengan berdirinya Universitas Nusa Nipa pada tahun 2005 dengan nama Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat (PUSLITABMAS). Pada saat itu semua kegiatan penelitian, pengabdian, pelatihan dan seminar-seminar terintegrasi dalam agenda Puslitabmas.

Kemudian tahun 2014  terjadi reorganisasi dimana Puslitabmas berubah menjadi LPPM yang membawahi 9 (sembilan) pusat studi yang berbadan Hukum dengan Akta Pendirian No.09 tanggal 20 November 2014.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) adalah payung institusi bagi Pusat Penelitian (Puslit) dan Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPM). Sebagai lembaga yang menaungi Puslit dan PPM maka LPPM mengemban tugas mengkoordinasi serta mengorganisasi pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi di Universitas Nusa Nipa, khususnya darma penelitian dan darma pengabdian masyarakat. Disamping itu LPPM juga bergerak dalam lingkup pengembangan manajemen data dan informasi bagi pimpinan Universitas dalam membuat keputusan-keputusan kelembagaan.

Bingkai kerja Pusat Penelitian (Puslit) dan Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) dalam institusi LPPM adalah sebagai berikut :

  • Pusat Penelitian (Puslit) memiliki program-program yang berorientasi pada peningkatan suasana ilmiah dan iklim penelitian di lingkup Universitas Nusa Nipa. Setiap program Puslit menunjang peningkatan kemampuan dosen dan mahasiswa agar dapat memenuhi tuntutan akselerasi kebutuhan masyarakat. Puslit didukung oleh dosen-dosen yang berkualifikasi peneliti, menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga (khususnya dalam lingkup industri) untuk melakukan berbagai penelitian terapan. Puslit juga mengkoordinasi penerbitan majalah ilmiah disetiap Prodi yang mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan karya-karya ilmiah segenap civitas akademika Universitas Nusa Nipa.
  • Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) adalah media praksis (aksi dan refleksi) bagi segenap civitas akademika Universitas Nusa Nipa didalam menjalankan darma Pengabdian Masyarakat. Keseluruhan program-program PPM diorientasikan untuk menerjemahkan kepedulian segenap civitas akademika Universitas Nusa Nipa terhadap problem-problem sosial kemasyarakatan. PPM memiliki dua rancangan program pokok, yakni program untuk pengembangan masyarakat (community development) dan pemberdayaan masyarakat (community empowerment). Kedua rancangan program tersebut dikerjakan dengan memanfaatkan segenap potensi yang dimiliki civitas akademika Universitas Nusa Nipa. Dalam menjalankan program-program, PPM juga menjalin kerjasama dengan institusi-institusi diluar Universitas Nusa Nipa.

Link Terkait

Follow my IG @JhonnyTheBay

 

Follow My IG @JhonnyTheBay