Pusat Studi Perancangan, Konstruksi dan Pengembangan Teknologi Informatika

LATAR BELAKANG

Saat ini perkembangan pembangunan di segala bidang telah meningkat dengan tajam, salah satunya pembangunan dalam bidang konstruksi. Pembangunan saat ini tidak hanya mencakup di pusat kota atau Central Business Distric (CBD) saja, tetapi telah juga berkembang ke daerah-daerah pedesaan. Kemampuan pedesaan yang mampu menyokong kehidupan kota juga harus diperhatikan pembangunannya.

Kota merupakan suatu wilayah yang menjadi pusat aktivitas manusia mulai dari permukiman, perkantoran, industri dan jasa. Ciri dari suatu kegiatan perkotaan adalah heterogenitas dari aktivitas yang telah disebutkan diatas. Kemajemukan dan kepadatan jumlah penduduk menjadi salah satu faktor penentu dari hirarki sebuah kota. Semakin tinggi hirarki sebuah kota akan menyebabkan semakin kompleks dan rumit masalah yang dihadapi oleh kota tersebut. Perkotaan akan juga mempengaruhi kehidupan di pedesaan, terutama dalam kemajuan teknologi yang dihasilkan di perkotaan yang dapat diaplikasikan ke kehidupan pedesaan.

Pedesaan merupakan sektor wilayah yang memiliki potensi pendukung utama kehidupan di perkotaan, dimana di pedesaan inilah tumbuh industri-industri yang menghasilkan kebutuhan pokok bagi masyarakat kota.

Keterkaitan kedua wilayah tersebut jika tidak dibangun dengan baik akan menimbulkan hubungan yang tidak harmonis, oleh karena pentingnya hal itu telah mendorong keinginan para dosen  yang berkumpul di naungan Fakultas Teknik Universitas Nusa Nipa Maumere untuk mendirikan Pusat Studi Perencanaan, konstruksi dan pengembangan teknologi informatika sebagai wadah untuk dapat menjadi suatu lembaga penelitian untuk pembangunan di perkotaan dan pedesaan.

 

Visi

  1. Menjadi lembaga penelitian yang berakar dari arsitektur , konstruksi dan pengembangan teknologi informasi.
  2. Menjadi wadah konsultasi bagi masyarakat luas untuk dapat mengetahui arsitektur, konstruksi dan pengembangan teknologi informatika secara baik dan benar.
  3. Menjadi lembaga yang mempertahankan nilai-nilai kehidupan manusia dalam sektor pembangunan baik di perkotaan maupun di pedesaan.

Misi

  1. Menciptakan dan mengembangkan kehidupan pembangunan yang berakar dari fungsi manusia sebagai unsur pokok dalam kehidupan.
  2. Mengembangkan sumberdaya manusia  yang berlandaskan kehidupan pembangunan yang humanisme.
  3. Memajukan pembangunan di perkotaan dan pedesaan yang humanis dan berkelanjutan.
  4. Inventarisasi topik penelitian dan mendistribusikan ke insan dunia pendidikan pada bidang Teknologi Informasi.
  5. Menselaraskan pemanfaatan  Ilmu dan Teknologi Informasi antara institusi pendidikan, bisnis, pemerintah dan masyarakat luas.
  6. Mendistribusikan informasi praktis terkait  Ilmu dan Teknologi Informasi kepada masyarakat luas.
  7. Membantu masyarakat luas dalam mengembangkan sistem informasi dan program apliklasi yang dapat digunakan dalam proses pengolahan data.

 

Arah Pengembangan

Berkaitan dengan masalah-masalah yang terjadi saat ini dalam bidang pembangunan baik di perkotaan dan pedesaan yang saat ini dirasakan kurang ideal untuk dijadikan salah satu tolok ukur kehidupan pembangunan yang humanis, nyaman dan berkelanjutan, maka keberlangsungan

 

Tujuan

Tujuan Pusat Studi Perencanaan, konstruksi dan pengembangan teknologi informasi adalah sebagai berikut :

Pertama         

Meningkatkan kemampuan sumberdaya pelaku-pelaku pembangunan untuk dapat menjadi pencipta kehidupan pembangunan yang humanisme dan berkelanjutan.

Kedua            

Menjadi pusat penelitian yang hanya berbasiskan dari dan kepada masyarakat dalam bidang pembangunan, sehingga masayarakat yang menggunakannya dapat merasakan pembangunan yang tepat guna.

Ketiga            

Menigkatkan kemampuan manajemen pembangunan bagi seluruh pelaku pembangunan agar dapat merencanakan dan merancangan pembangunan yang dapat memajukan perekonomian setempat

Keempat        

Kemampuan untuk meningkatkan jaringan dengan berbagai institusi baik untuk kepentingan pembangunan, penelitian ataupun juga media informasi

Unit-unit Pelaksana dan Penunjang

Dalam melakaukan kegiatan studi dan penelitian yang dilaksanakan di Pusat Studi perencanaan, konstruksi dan pengembangan teknologi informatik didukung oelh beberapa unit-unit pelaksana dan penunjang, yaitu :

Klinik Konsultasi Arsitektur , Konstruksi dan Pengembangan Teknologi Informatika

Pada unit penunjang ini adalah wadah bagi masyarakat luas untuk melakukan konsultasi dalam bidang arsitektur, baik dalam proses pra-perencanaan maupun sampai dengan proses perencanaan yang ditangani oleh tenaga-tenaga ahli yang sudah berpengalaman dalam bidang perencanaan, konstruksi dan Teknologi Informatika sehingga tidak akan terjadi lagi pembangunan yang tidak tepat.

 

Perencanaan dan Pengawasan

Pada unit pelaksana ini adalah unit yang berorientasikan sebagai badan perencanaan dan pengawasan pada program perencanaan dan program pembangunan yang dilaksanakan oleh instansi-instansi yang terkait, baik pemerintah maupun swasta.

Feasibility Studi

Pada unit pelaksana ini merupakan unit yang melakukan program studi kelayakan terhadap beberapa program pembangunan yang akan dilakukan oleh beberapa instansi yang terkait, sehingga dapat menjadi bahan untuk pertimbangan layak atau tidaknya pembangunan tersebut untuk dapat dilakukan.

Urban Design

Pada unit ini memiliki fungsi sebagai wadah perencanaan dan perancangan pembangunan di perkotaan yang tanpa meninggalkan kehidupan-kehidupan yang telah ada, sehingga perkotaan mampu menjadi pusat tolok ukur berhasilnya pembangunan di suatu wilayah.

Jasa konstuksi

Jasa Konstruksi memberikan pelayanan konsultasi/bantuan dalam dunia konstruksi (pendidikan/ perencanaan/ penelitian/ pengembangan/ problem solver) terhadap dinamika yang terjadi pada masyarakat industri jasa konstruksi baik skala daerah maupun skala nasional. Pusat layanan ini menjadi  pusat studi antara pengguna jasa dan penyedia jasa konstruksi sehingga sumber daya manusia dapat meningkatakan secara bertahap ke arah yang professional. Adapun program strategisnya adalah :

  1. Struktur
  2. Manajemen Konstruksi
  3. Transportasi
  4. Hidro

 

Pengembangan teknologi informatika

 Pengembangan Teknologi Informatika merupakan pusat studi yang memberikan pelayanan konsultasi/bantuan dalam dunia informasi  (pendidikan, pembuatan program, penelitian, problem solver) terhadap dinamika yang terjadi pada dunia informasi. Pusat layanan ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan teknologi yang semakin lama semakin berkembang. Adapun program strategisnya adalah:

  1. Aplikasi Sistem informasi dan Pengolahan Data berbasis IT
  2. Aplikasi berbasis Multimedia
  3. Aplikasi GIS (Geographic Information System)
  4. Pengembangan Jaringan Komputer

 

Struktur Organisasi

TIM PSPKPTI

Tim yang berada di Pusat studi perencanaan, konstruksi dan teknologi informasi adalah semua pelaku  yang bernaung di bawah  Fakultas Teknik  Universitas Nusa Nipa Maumere.

Lokasi PSPKPTI

Lokasi PSPTKPTI berlokasi di lingkungan Universitas Nusa Nipa, jln. Kesehatan no 3 Maumere


Link Terkait

Follow my IG @JhonnyTheBay

 

Follow My IG @JhonnyTheBay