Pusat Studi Pengembangan Perikanan Berkelanjutan

1. Latar Belakang

Pembangunan berbasis sumber daya kelautan dan perikanan perlu dijadikan arus utama (mainstream) pembangunan nasional baik secara ekonomi, politik, sosial, maupun budaya. Hal ini dikarenakan beberapa alasan, yaitu: (1) melimpahnya sumber daya kelautan dan perikanan yang kita miliki, dengan sejumlah keunggulan komparatif sekaligus kompetitif yang sangat tinggi; (2) keterkaitan yang kuat (backward dan forward linkages) antara industri berbasis kelautan dan perikanan dengan industri dan aktivitas ekonomi lainnya; (3) merupakan sumber daya yang senantiasa dapat diperbaharui sehingga keunggulan komparatif dan kompetitif ini dapat bertahan lama asal diikuti dengan pengelolaan yang arif; (4) dari aspek politik, stabilitas politik dalam dan luar negeri dapat dicapai jika kita memiliki jaminan keamanan dan pertahanan dalam menjaga kedaulatan perairan; dan (5) dari sisi sosial dan budaya, merupakan penemuan kembali (reinventing) aspek kehidupan yang pernah dominan dalam budaya dan tradisi kita sebagai bangsa maritim

Perikanan merupakan sumber daya alam yang bersifat dapat diperbaharui sehingga dapat memberikan kontribusi yang besar dalam pembangunan secara berkelanjutan apabila dikelola dengan bijaksana. Kondisi sumber daya perikanan tersebut didukung oleh keadaan wilayah dengan karakter pesisir dan pulau-pulau kecil, yang menjadi habitat bagi kehidupan berbagai komoditas perikanan. Dukungan sumber daya manusia, sarana dan prasarana perikanan (sumber daya buatan), serta sumber daya sosial menjadikan sektor perikanan memiliki keunggulan komparatif dan kompetitif dalam perekonomian berkelanjutan.

2. Visi

Visi dari pusat penelitian Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan : "Menjadi pusat penelitian yang unggul di bidang Perikanan dan Kelautan dalam pengembangan kawasan mandiri, inovatif dan berkualitas dalam proses pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat menuju terwujudnya pengembangan perikanan berkelanjutan".

3. Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkarakter dan berkualitas, mampu berperan aktif secara mandiri dan inovatif  sebagai pusat keunggulan dengan menyelenggarakan  penelitian yang berkualitas di bidang perikanan dan kelautan.
  2. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat di bidang perikanan dan kelautan secara berkelanjutan
  3. Mengupayakan peningkatan secara nyata manfaat kerjasama, baik lokal, nasional maupun internasional untuk meningkatan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

4. Tujuan

Tujuan yang ingin dicapai dalam penyelenggaraan misi tersebut adalah:

  1. Mempunyai kemampuan dalam menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian yang andal dengan berfokus pada pengembangan kawasan yang berdaya saing dan berkelanjutan, berwawasan global dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Menghasilkan lulusan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkarakter dan berkualitas, berjiwa dan berkemampuan enterpreuner, cerdas dan terampil memajukan ilmu pengetahuan, teknologi bidang perikanan dan kelautan secara berkelanjutan.

Link Terkait

Follow my IG @JhonnyTheBay

 

Follow My IG @JhonnyTheBay