Pusat Studi Komunikasi dan Kebijakan Publik

Paradigma baru kebijakan publik adalah kembalinya peran dasar pemerintah sebagai public service, jadi baik penerimaan maupun pengeluaran berorientasi kepada pelayanan publik. Paradigma baru tidak bisa diterjemahkan sebagai penambahan beban bagi masyarakat.” Sebagai keputusan yang mengikat publik maka kebijakan publik haruslah dibuat oleh otoritas politik, yakni mereka yang menerima mandat dari publik atau orang banyak, umumnya melalui suatu proses pemilihan untuk bertindak atas nama rakyat banyak.

Fokus utama kebijakan publik dalam negara modern adalah pelayanan publik, yang merupakan segala sesuatu yang bisa dilakukan oleh negara untuk mempertahankan atau meningkatkan kualitas kehidupan orang banyak. Menyeimbangkan peran negara yang mempunyai kewajiban menyediakan pelayan publik dengan hak untuk menarik pajak dan restribusi; dan pada sisi lain menyeimbangkan berbagai kelompok dalam masyarakat dengan berbagai kepentingan serta mencapai amanat konstitusi

Pusat studi komunikasi dan kebijakan publik merupakan wadah penyalur segala informasi terkait dengan penelitian faktor-faktor persoalan di daerah. Penelitian ini dibagi menjadi dua, yaitu penelitian di bidang komunikasi dan penelitian yang berorientasi pada kebijakan. Penelitian di bidang komunikasi meliputi  kajian media, komunikasi politik, dan komunikasi budaya. Penelitian kebijakan adalah penelitian-penelitian yang berorientasi pada kebijakan publik yang meliputi masalah-masalah utama dalam komunikasi tentang pelayanan publik, kebijakan otonomi daerah (desentralisasi), lingkungan dan energi, pengelola aparatur pemerintah, manajemen badan usaha milik pemerintah daerah, dan swasta .

Visi

Pusat Studi Komunikasi dan Kebijakan Publik  Universitas Nusa Nipa adalah menjadi lembaga penelitian bidang komunikasi dan kebijakan publik yang menghasilkan produk-produk penelitian, pelatihan dan konsultasi dengan muatan lokal wilayah Nusa Tenggara Timur.

Misi

PSKKP UNIPA adalah menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga baik sebagai sponsor, penyandang dana maupun partner dalam menyelenggarakan penelitian, pelatihan maupun konsultasi untuk mendorong PSKKP menjadi lembaga penelitian handal di NTT.

Maksud dan Tujuan

Maksud didirikannya Pusat Studi komunikasi dan Kebijakan Publik (PSKKP UNIPA) ini adalah sebagai wadah komunikasi dan Penelitian mengenai Pembanguana Sumber daya Manusia guna melaksanakan kontrol yang bersifat konstruktif antar para Akademisi, Intelektual, Tokoh-tokoh masyarakat dalam kehidupan politik yang demokratis menuju terciptanya pemerintahan yang bersih (Good Governance), PSKKP UNIPA adalah mengaplikasikan dan mengembangkan bidang keilmuan komunikasi melalui kegiatan-kegiatan penelitian, lokakarya dan pelatihan menuju lembaga penelitian handal di NTT.

Untuk mencapai maksud tersebut di atas, maka Pusat Studi komunikasi dan Kebijakan publik mempunyai tujuan sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan  sumber daya manusia bidang pemerintahan daerah,media, komunikasi dan kebijakan publik.
  2. Menjadi mitra Pemerintah daerah, DPRD, Partai Politik, LSM dan ormas serta instansi lainnya sebagai wadah komunikasi, sosialisasi dan informasi tentang masaah-masalah pemerintah dan dalam upaya pemecahan masalah di daerah.
  3. Mendorong lahirnya kebijakan pembangunan daerah yang partisifatif dan pro rakyat dan berkeadilan
  4. Menjembatani peranan akademisi perguruan tinggi dengan para pengambil kebijkan dan pratiksi Memberikan konstribusi pemikiran yang holistik dan komprehensif dalam merumuskan kebijakan pembangunan bagi stakholder baik tingkat pusat maupun daerah di NKRI
  5. Mendorong terwujudnya masyarakat madani yang mandiri dan bertanggung jawab

Program Strategis

Program eksternal :

  • Penelitian dalam Pemberdayaan manajemen publik sektor parlemen dan pemerintahan.
  • Penelitian dalam Pemberdayaan manajemen publik sektor kemasyarakatan.
  • Mendorong dan memfasilitasi mediasi antara sektor pemerintahan, bisnis, lembaga akademisi dan masyarakat.

Program Internal :

  • Pengembangan kompetensi sumber daya manusia internal organisasi daerah.
  • Inovasi dan pengembangan metode penerapan manajemen publik.
  • Optimalisasi sumber daya organisasi sebagai unsur penunjang misi organisasi di daerah.

Penelitian dan Pengembangan

  • Pengembangan Manajemen Kebijakan Partisipatif dan Aspiratif
  • Pengembangan Manajemen Good Governance (Tata Kelola Pemerintahan yang Baik)
  • Penelitian Penerapan manajemen publik
  • Pengembangan penerapan / aplikasi manajemen publik

Stuktur

  1. Mayelus D.Bastian,S.Sos.,M.A (Kepala PSKKP Unipa)
  2. Christian Retu, S.Ikom.,M.A.P (Sekretaris PSKKP Unipa)
  3. Maria Yosephine Desire, S.Ikom (Bendahara 1)
  4. Rini Kartini, S.Sos. (Bendahara 2)
  5. Hubertyn Maria Yosephina. SE (Administrator)

Anggota Peneliti

  1. Jonas K.G.D.Gobang, S.Fil.,M.A.,DR.Can.
  2. Markus Christian Retu, S.Ikom.,M.A.P
  3. Mayelus D.Bastian,S.Sos.,M.A
  4. Simon Pati Weking, S.Sos.
  5. Rini Kartini, S.Sos.
  6. Lodowyk N.Kedoh, S.Ikom
  7. Intan Mustafa, S.Ikom
  8. Maria Yosephine Desire, S.Ikom

Penutup

Demikian gambaran singkat profil dan Pusat Studi komunikasi dan kebijakan Publik (PSKKP) , kiranya dapat menjadi pertimbangan Bapak/Ibu untuk bekerjasama dengan pusat studi penelitian kami.


Link Terkait

Follow my IG @JhonnyTheBay

 

Follow My IG @JhonnyTheBay